Masih Harus ke Kantor, Begini 3 Tips Mencegah Penularan Corona ke Anak

dr. Reisa Broto Asmoro ungkap beberapa tipsnya nih, Ma!

19 Maret 2020

Masih Harus ke Kantor, Begini 3 Tips Mencegah Penularan Corona ke Anak
Freepik

Setelah banyak memberikan informasi mengenai alasan kenapa harus 14 hari #DiRumahAja terkait mengurangi penyebaran virus corona atau Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro kembali memberikan informasi serta pengetahuan baru yang bermanfaat. 

Melalui Instagram pribadinya, dokter Reisa memberikan edukasi yang positif kepada banyak orang sebagai pengguna media sosial. 

Sebagai dokter, dirinya masih melihat dan cukup prihatin karena masih banyak yang belum bisa meninggalkan kesehariannya di luar rumah. Padahal sudah ada banyak himbauan melalui beberapa hashtag di media sosial, mulai dari #DiRumahAja #KerjaDiRumah #BelajarDiRumah sudah tak henti-hentinya disuarakan. 

"Please do stay at home, sebisa mungkin. Ini akan sangat membantu agar sistem kesehatan kita tidak kolaps atau lumpuh karena ketidaksanggupan untuk menangani pasien yang tiba-tiba membludak. Jadi keluar rumah sebaiknya bukan untuk berhura-hura atau jalan-jalan, tetapi hanya untuk emergency saja," ucap dokter Reisa. 

Selain itu, dokter Reisa tetap memberikan semangat kepada orang-orang yang masih tetap bekerja di luar rumah. 

Perlu diingat bahwa ada beberapa pekerjaan yang tetap harus siap sedia untuk bekerja di luar rumah tanpa mengenal waktu, walau penyebaran Covid-19 kian meluas.

Tidak ada kata bekerja di rumah untuk beberapa profesi, mulai dari petugas kesehatan, petugas keamanan, pengendara ojek online, petugas kebersihan kota hingga petugas transportasi umum. 

"Please be safe, tetap optimis dan lakukan beberapa tips berikut dalam video ini," katanya. 

Jika Mama ingin mengetahui penjelasan serta informasi yang sempat dibagikan oleh dr. Reisa Broto Asmoro, kali ini Popmama.com telah merangkumnya berdasarkan video unggahan dari mama dua anak tersebut. 

Informasi penting ini perlu disimak untuk kesehatan anak dan keluarga ya, Ma!

Editors' Picks

1. Tetaplah optimis dalam menjaga daya tahan tubuh 

1. Tetaplah optimis dalam menjaga daya tahan tubuh 
Popmama.com/Bima Bintoro
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Dalam sebuah video berdurasi 4 menit 10 detik, dokter Reisa mengingatkan bahwa orangtua yang harus bekerja di luar rumah perlu memerhatikan kesehatannya. Kesehatan diri sendiri saat bekerja menjadi nomor satu agar ketika kembali ke rumah tidak membawa virus ke keluarga, termasuk anak-anak.  

"Tetaplah optimis dan menjaga daya dahan tubuh. Kalau berpergian harus ingat kebersihan, termasuk cara cuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun antiseptik serta air mengalir," ucap dokter Reisa. 

Demi terhindar dari penyebaran Covid-19, pastikan kalau seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih. Perhatikan kebersihan punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari dan kuku. 

Selain itu, bila daya tahan tubuh sedang lemah dan merasa sedang sakit sebaiknya istirahat di rumah. Usahakan tunda pekerjaan dan tidak ke luar rumah karena akan membahayakan. 

"Jangan memaksakan diri untuk tetap beraktivitas," tambahnya.  

2. Pilihlah makanan yang matang dan dimasak dengan tepat

2. Pilihlah makanan matang dimasak tepat
Freepik/foodiesfeed

Langkah antisipasi terkait kesehatan juga diperlukan dengan membawa peralatan makan sendiri. Hal ini tentu akan membantu dalam mengurangi risiko penyebaran virus lebih meluas. 

"Pastikan kalau makan di luar, bawalah peralatan sendiri. Usahakan untuk pilih makanan yang pasti matang dan dimasak dengan benar," ucap dokter Reisa. 

Jika Mama kehabisan hand sanitizer, dokter Reisa menyarankan untuk tidak perlu panik secara berlebihan. Mama dua anak ini menyarankan untuk bisa tetap membawa sabun sendiri selama sedang beraktivitas di luar rumah. 

Mencuci tangan dengan benar memang menjadi cara paling sederhana, namun efektif untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya minimal selama 20 detik.

Baca juga:

Kini Bayi juga Rentan Tertular Virus Corona. Ini Pencegahannya

3. Berusaha untuk selalu memerhatikan barang yang disentuh selama bekerja

3. Berusaha selalu memerhatikan barang disentuh selama bekerja
Freepik

Tetap harus ke kantor untuk bekerja tentu menjadi kebijakan dari masing-masing perusahaan. 

Dalam mencegah penyebaran Covid-19, dokter Reisa juga mengatakan untuk selalu memerhatikan apa saja yang disentuh selama beraktivitas di kantor. Mulai dari hal-hal terkecil perlu diperhatikan, seperti gagang pintu, handle pegangan pada bus serta peralatan kantor yang digunakan secara bersama-sama. 

"Usahakan untuk selalu mencuci tangan setelah menyentuh barang-barang tersebut. Sebelum kita menyentuh bagian seperti wajah, rambut serta area tubuh lainnya," ucap dokter Reisa. 

Ketika sudah pulang ke rumah, dokter Reisa mengingatkan bahwa orangtua perlu cuci tangan, mandi dan keramas hingga bersih terlebih dahulu. 

Setelah pulang dari kantor, usahakan untuk tidak memeluk atau mencium si Kecil. 

"Setelah ganti baju bersih, baru bisa bertemu dengan anggota keluarga lain. Pastikan kalau baju yang dipakai di luar rumah dapat ditaruh ke tempat khusus yang tertutup dan langsung bisa dicuci," tambahnya.
 
Dokter Reisa pun mendoakan untuk para pejuang medis yang setiap hari menjadi pahlawan di ujung tombak. 

"Saya mengajak semua untuk selalu mendoakan mereka. Semoga Tuhan mengampuni dan memberkati kita semua, menjauhkan kita semua dari pandemi ini. Amin," kata dokter Reisa.

Diharapkan cara-cara sederhana dapat menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh sebaik mungkin. Jika rutin dilakukan, maka langkah seperti ini dapat menjadi salah satu penurunan terkait penyebaran Covid-19 yang semakin meluas.

Tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga yuk, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.