IDI: New Normal di Depan Mata, Ini Panduan Hidup Sehat saat Aktivitas

Kesehatan tetap menjadi prioritas utama ya, Ma!

2 Juni 2020

IDI New Normal Depan Mata, Ini Panduan Hidup Sehat saat Aktivitas
Freepik/User17113462

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M Faqih mengimbau kepada seluruh masyarakat harus sudah mulai mempersiapkan diri untuk menyambut fase new normal di tengah pandemi Covid-19. Walau penerapannya akan bertahap, namun persiapan sudah harus dijalani agar lebih maksimal.  

Perlu diingat bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir, sehingga kesehatan dan kebersihan tetap harus dijaga. Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memprediksi bahwa pandemi Covid-19 belum bisa dipastikan sampai kapan. 

"Tidak mungkin sendi kehidupan kita dikunci sekian lama. Kalau dikunci sekian lama seluruh aspek kehidupan kita, sosial dan lain-lain, berat bagi bangsa kita. Tidak ada tawar menawar lagi siap atau tidak siap, tetapi kita harus sudah mulai mempersiapkan diri," kata Daeng dalam sebuah diskusi virtual di Jakarta, Minggu (31/5/2020). 

Jika Mama ingin lebih banyak mengetahui terkait informasi fase new normal serta pemberitahuan dari IDI, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Editors' Picks

1. New normal bukan berarti sudah bebas dari bahaya penyebaran Covid-19

1. New normal bukan berarti sudah bebas dari bahaya penyebaran Covid-19
ctvnews.ca

Daeng mengatakan bahwa masyarakat dari seluruh aspek kehidupan sudah harus beradaptasi untuk menghadapi fase new normal. Pemerintah dan masyarakat harus bisa saling bekerja sama dalam menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan. 

Ketika sama-sama konsisten menjalani protokol kesehatan, maka penularan virus bisa semakin menurun. 

"Kalau tidak patuh atau disiplin, maka pasti akan beresiko tertular. Sebelum vaksin keluar, disiplin protokol itu perlu diterapkan," kata Daeng.

Perlu diingat bahwa new normal bukan berarti sudah bebas dari bahaya penyebaran virus ya, Ma.

2. Komitmen untuk hidup sehat dan bersih perlu konsisten diterapkan

2. Komitmen hidup sehat bersih perlu konsisten diterapkan
Pixabay/slavoljubovski

Di masa pandemi ini membuat masyarakat menjadi lebih sadar terkait pentingnya perilaku hidup bersih, termasuk ketika menjalani fase new normal. 

Dalam diskusi virtual "Agar Normal Baru Tak Jadi Gelombang Baru", Daeng mengatakan bahwa komitmen dari diri sendiri benar-benar perlu ditanamkan. 

"Kita harus punya komitmen dan siap. Karena konsekuensinya kalau new normal diterapkan, masyarakat itu bukan hidup bebas sebenarnya, namun hidup di tengah ancaman Covid-19," kata Daeng. 

Daeng pun mengatakan bahwa penerapan new normal di Indonesia tidak bisa dilaksanakan serentak secara nasional, sehingga perlu diterapkan secara bertahap di mulai dari wilayah dengan status zona hijau. 

3. Solusi dari Popmama.com ketika sudah mulai kembali beraktivitas di luar rumah 

3. Solusi dari Popmama.com ketika sudah mulai kembali beraktivitas luar rumah 
Freepik

Ketika kembali beraktivitas di luar rumah, tentunya masih ada perasaan khawatir terhadap keamanan yang terjadi selama perjalanan pergi dan pulang kerja. Mengingat penyebaran virus bisa terjadi di mana saja, termasuk di transportasi umum atau bahkan lingkungan kerja sendiri.

Popmama.com pun ingin membagikan beberapa tips yang tetap perlu diingat kembali, meskipun sudah mulai menjalani aktivitas di luar rumah. Berikut tips aman di fase new normal, antara lain: 

  1. Tetap menggunakan masker berbahan kain. Pastikan bagian mulut dan hidup tertutup tanpa ada celah di setiap sisinya. 
  2. Selalu disiplikan diri sendiri untuk konsisten menerapkan pola hidup bersih dan sehat selama beraktivitas. 
  3. Jika menggunakan kendaraan umum pastikan tetap waspada menjaga jarak dan hindari kerumunan massa.  
  4. Rutin cuci tangan dengan sabun dalam air mengalir. Jika tidak ada wastafel atau toilet, gunakan hand-sanitizer berbahan dasar alkohol untuk membersihkan tangan dengan menuangkan cairan hingga memenuhi telapak tangan, gosok dan tunggu sampai mengering. 
  5. Siapkan selalu hand sanitizer di dalam tas karena dibutuhkan untuk menjaga kebersihan. 

Itulah informasi terkait new normal yang sudah harus dihadapi oleh semua orang. 

Ingatlah bahwa perilaku hidup bersih dan sehat tetap perlu ditingkatkan dari hari ke hari agar terhindar dari penyebaran virus. 

Usahakan jangan sampai lengah ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.