Ramai Tagar #JusticeForAudrey, Begini Kondisi Terkini Korban Kekerasan

Sudah mengikuti tagar #JusticeForAudrey yang sedang viral ini belum nih, Ma?

10 April 2019

Ramai Tagar JusticeForAudrey, Begini Kondisi Terkini Korban Kekerasan
Twitter.com/syarifahmelinda

Baru-baru ini media sosial sedang diramaikan dengan tagar #JusticeForAudrey. Ramainya tagar ini dibuat untuk menceritakan mengenai siswi SMP di Pontianak berinisial AU (14) yang mengalami penganiayaan.  

Kejadian yang dialami oleh anak di bawah umur ini hingga sekarang menyebar dan viral ke seluruh media sosial. 

Ramainya tagar #JusticeForAudrey juga dipakai oleh warganet untuk mencari sebuah keadilan mengenai musibah yang terjadi pada AU. Melalui foto atau video yang beredar di media sosial memperlihatkan kalau AU masih terbaring di rumah sakit. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui perkembangan dari AU pasca kejadian yang menimpanya, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya. 

1. Kronologi penganiayaan yang dialami oleh AU

1. Kronologi penganiayaan dialami oleh AU
Instagram.com/tanayahmad

Ma, sudah mendengar kasus penganiayaan yang terjadi pada AU? 

Melalui thread Twitter dari @syarifahmelinda, kasus yang menimpa AU pertama kali ramai dan menjadi konsumsi publik. Menurut pemaparannya, masalah ini dipicu saling sindir di WhatsApp bermula pada 29 Maret 2019 terkait hubungan asmara salah satu pelaku bernisial DA (siswi SMAN 4 Pontianak) yang juga mantan pacar dari kakak korban bernisial Po (siswi SMAN 2 Pontianak). 

Semua pelaku penganiayaan AU adalah teman-teman dari kakaknya, mereka seolah menggiring korban untuk memancing kakaknya keluar dari rumah dengan cara menjemput AU dari rumah sang Nenek di Jln. Cendrawasi sekitar pukul 14.00 WITA. 

Usai dikompori oleh salah satu provokator, SF (siswi SMAN 7 Pontianak), maka terjadilah penganiayaan. Para pelaku membenturkan kepala korban dengan aspal, lalu menendang perut korban berkali-kali serta dilakukan pencekikan dan penyiraman dengan air secara bergantian. Saat berlangsung ada 12 perempuan lain yang melihat kejadian penganiayaan tersebut.  

Tak hanya itu, wajah korban ditendang dengan sendal gunung hingga terjadi pendarahan dalam hidung. Korban AU pun juga dicolok bagian kemaluannya menggunakan jari, diduga ini untuk membuat korban tidak lagi perawan. Hingga sekarang korban mengalami pembengkakan di area kewanitaannya. 

Melin yang menceritakan kronologi di akun Twitter pribadinya juga menjelaskan bahwa AU tidak mengenal para pelaku sama sekali dan tidak mengetahui pokok permasalahan yang terjadi. 

Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah Kalbar juga membenarkan bahwa penganiayaan terhadap AU dipicu oleh aksi saling berbalas komentar perihal masalah asmara.

"Permasalahan awal karena masalah cowok. Menurut info, kakak sepupu korban merupakan mantan pacar dari pelaku penganiayaan ini," kata Wakil Ketua KPPAD, Tumbur Manalu.

Editors' Picks

2. Banyak cinta untuk AU tetap tersenyum

2. Banyak cinta AU tetap tersenyum
Instagram.com/beiscaa

#JusticeForAudrey: 

Tadi, AU menyampaikan salam dan ucapan terima kasih atas doa dan support dari teman-teman semua.

Alhamdullilah atas doa dan support teman-teman semua kita dapat mengembalikan senyuman manis dari AU kembali.

Begitulah pemaparan dari Beisca yang merupakan Miss Indonesia Kalimantan Barat 2019. Dirinya berusaha menyempatkan waktu untuk menjenguk Audrey yang masih berada di rumah sakit. Selain itu, Beisca seolah ingin membagi pelajaran dari kejadian yang menimpa AU seperti: 

  • Bullying isn’t cool

"Apapun alasannya yang namanya bully. Apalagi dibarengi dengan kekerasan atau penganiayaan tidak keren sama sekali," kata Beisca di unggahannya di Instagram.

  • Speak up

Beisca pun mengingatkan bahwa kekuatan dari speak up memang nyata adanya. Melaui speak up apalagi sudah menjadi korban secara tidak langsung dapat memutuskan mata rantai bullying, kekerasan bahkan tindak pidana lainnya.

Selain Beisca yang berusaha menjenguk AU secara langsung, Rachel Vennya juga menaruh perhatian terhadap kejadian ini. Bahkan Rachel Vennya berusaha membagikan sebuah link berisi petisi untuk ditandatangani semua orang yang meminta keadilan untuk AU. 

Mama dari Xabiru ini bahkan sempat menghubungi AU melalui telepon, dirinya berusaha memberikan dukungan serta semangat agar AU tetap bisa tersenyum.

Baca juga: 

3. Kondisi terkini dari AU yang masih mengalami trauma 

Teman-teman, emosi AU masih belum stabil. Jadi untuk teman-teman yang menjenguk diharapkan untuk menahan kesedihan karena AU kalau lihat orang nangis, dia juga ikut nangis. So, our role as her friends is to make her happy again. Bantu dia untuk tersenyum manis kembali. 

Begitulah pernyataan dari Beisca di InstStory pribadinya. Beisca seolah memberikan penjelasan mengenai kondisi terkini dari AU yang masih mengalami trauma pasca permasalahan. 

Semoga kejadian yang sempat menimpa AU ini bisa menjadi akhir dari segala tindak kekerasan pada anak ya, Ma. 

Tetap semangat juga untuk AU karena masih banyak cinta yang diberikan semua orang untukmu! 

Baca juga: Ini Lho, Nasihat yang Bisa Mama Beri untuk Anak Korban Bullying

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!