Rayakan Hari Anak Nasional, Popmama Hadirkan 'Sehari Bersama Idolaku'

Seru-seruan bersama si Kecil yuk, Ma!

23 Juli 2020

Rayakan Hari Anak Nasional, Popmama Hadirkan 'Sehari Bersama Idolaku'
Freepik/freepik

Setiap tanggal 23 Juli, seluruh anak-anak dan orangtua di Indonesia akan memperingati Hari Anak Nasional (HAN). Berbeda dengan tahun sebelum, Hari Anak Nasional tahun ini harus diperingati di tengah pandemi Covid-19. 

Walau dalam situasi yang berbeda, namun anak-anak tidak boleh larut dalam rasa sedih, khawatir, kecewa atau bahkan marah. 

Demi menghibur anak-anak di hari yang spesial, Popmama menghadirkan rangkaian siaran langsung yang seru di Instagram.

Jika Mama ingin mengetahui harapan dan keseruan di Hari Anak Nasional ini, berikut Popmama.com telah merangkumnya. 

Editors' Picks

1. Apa arti Hari Anak Nasional khususnya tahun ini untuk Popmama.com?

1. Apa arti Hari Anak Nasional khusus tahun ini Popmama.com
Freepik

Menurut Sandra Ratnasari sebagai Editor In Chief dari Popmama.com, Hari Anak Nasional setiap tahun diperingati sebagai pengingat para orangtua untuk selalu memerhatikan hak anak. 

"Orangtua pun perlu menjalankan peran untuk senantiasa melindungi anak dari kekerasan fisik, mental dan sosial. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, orangtua harus memahami bahwa anak adalah korban teraniaya," kata Sandra. 

Sandra menjelaskan bahwa korban teraniaya ini artinya pendidikan dan kesehatan anak-anak sedang terancam. 

"Pendidikan anak terancam, kesehatan anak juga dibayang-bayangi ketidakpastian dan kekerasan kepada anak semakin meningkat," jelasnya. 

Hari Anak Nasional dari tahun ke tahun bisa menjadi pengingat bahwa mereka generasi penerus bangsa yang perlu sekali didukung.  

"Tumbuh kembang anak perlu dijaga dengan sebaik-baiknya demi masa depan yang lebih cerah dan bahagia," ucap Sandra. 

2. "Sehari Bersama Idolaku" menjadi rangkaian seru dari Popmama.com

2. "Sehari Bersama Idolaku" menjadi rangkaian seru dari Popmama.com
Dok. Popmama.com

Di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA)  mengusung tema Anak Terlindungi Indonesia Maju untuk Hari Anak Nasional 2020. 

Tema ini menunjukkan betapa pentingnya perlindungan bagi anak yang bukan hanya secara fisik, melainkan juga secara mental. Popmama pun ingin menjadi bagian dari perkembangan anak Indonesia dengan menghadirkan sosok inspiratif bagi keluarga. 

Senada dengan tema utama tersebut, Popmama memiliki rangkaian siaran langsung di Instagram berjudul "Sehari Bersama Idolaku". 

Rangkaian seru ini menghadirkan idola cilik yang pernah tumbuh di tahun 90-an dan juga idola baru di masa sekarang. Sehari penuh pada Kamis (23/7/2020), Popmama akan seru-seruan bersama Geofanny Tambunan, Mima Shafa, Chikita Meidy, Cut Ayesha, Kila Putri Alam, Deven Christiandi Putra dan Ciccio Manassero. 

Mama dan si Kecil bisa seru-seruan bersama rangkaian siaran langsung bersama Popmama.com di Instagram. 

3. Harapan dari Popmama.com untuk anak-anak Indonesia di tengah pandemi

3. Harapan dari Popmama.com anak-anak Indonesia tengah pandemi
royaltots.sch.id

Tak hanya membuat hiburan untuk anak dengan rangkaian siaran langsung bertema "Sehari Bersama Idolaku" saja, namun Popmama memiliki harapan tersendiri untuk semua anak-anak Indonesia di tengah pandemi Covid-19. 

"Meski situasi sedang sulit, kesehatan terancam, pendidikan berubah, ekonomi mungkin memburuk, namun anak Indonesia tetap harus menjadi generasi unggul di masa depan," ucap Sandra.  

Menurut Sandra sendiri, orangtua harus memastikan anak-anak memiliki perkembangan karakter yang baik. Jika terlalu diabaikan, maka pertumbuhan dan perkembangan anak-anak bisa menjadi kurang maksimal.

"Demi menciptakan tumbuh kembang anak yang maksimal, orangtua harus tetap memastikan anak  sehat. Ini perlu dimulai dari memberikan makanan bergizi, rutin imunisasi dan selalu menciptakan lingkungan rumah harus sehat juga," tutur Sandra. 

Terkait dengan masa depan anak-anak, Sandra mengingatkan bahwa pendidikan anak juga perlu diutamakan. Tetaplah mendampingi anak ketika melakukan proses pembelajaran jarak jauh.

"Dengan menyediakan cukup banyak waktu, maka anak-anak akan semakin mengenal dirinya dan belajar memahami dunia lewat bonding yang dibangun bersama orangtuanya," tutupnya. 

Sekali lagi selamat Hari Anak Nasional untuk semuanya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.