Resep Banana Pancake Sebagai Alternatif Sarapan yang Mudah dan Enak

Banana pancake bisa menjadi salah satu menu andalan saat sarapan di rumah

26 Oktober 2020

Resep Banana Pancake Sebagai Alternatif Sarapan Mudah Enak
Pixabay/TheoCrazzolara

Pancake memang termasuk kudapan yang menggoda ketika sedang makan di luar rumah, seperti kafe atau restoran. Pancake yang memiliki beragam topping pun bisa dibuat sendiri di rumah, bahkan sebagai alternatif menu sarapan keluarga. 

Kalau memiliki persediaan pisang cukup banyak, maka banana pancake bisa dibuat dengan mudah dan praktis. Mama hanya perlu memastikan takaran setiap bahan-bahan yang digunakan sesuai porsinya. 

Jika Mama ingin mengetahui resep dan cara membuat banana pancake sebagai menu sarapan keluarga, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Catat tahapannya agar mudah diterapkan di rumah yuk, Ma!

Waktu memasak:

60 menit

Porsi: 

2-3 orang

Bahan-bahan:

  • 3 buah pisang kepok
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram gula halus
  • 1 sdt vanila ekstrak 
  • 150 ml susu cair 
  • 2 butir putih telur
  • 1 sdt cream of tar-tar
  • Saus cokelat secukupnya

Cara membuat: 

  1. Kupas dan iris pisang berbentuk bulat pipih, lalu sisihkan. 
  2. Campurkan tepung terigu, gula halus, ekstrak vanila dan susu cair dalam satu wadah. Kemudian, aduk hingga tercampur rata. 
  3. Taungkan kuning telur dan cream of tar-tar dalam mangkuk mixer, lalu mixer hingga mengembang. Setelah mengembang, campurkan ke dalam adonan tepung. 
  4. Siapkan adonan pancake dalam wadah pipih, lalu celupkan irisan pisang. Panggang irisan pisang yang telah terbalur dengan adonan tepung di atas pan hingga matang. 
  5. Angkat setelah matang, lalu sajikan dengan saus cokelat di atasnya. 

Itulah resep dan cara membuat banana pancake sebagai alternatif menu sarapan yang mudah untuk di rumah. Menu ini bisa dibuat ketika sudah mulai bosan dengan menu-menu, seperti nasi goreng, roti bakar atau sereal.  

Jika Mama ingin mencoba berbagai masakan lain sebagai sajian baru untuk keluarga, sebaiknya bisa download aplikasi memasak dari Yummy untuk mencoba berbagai resep lain. 

Aplikasi Yummy dapat mempermudah setiap orang yang masih belajar memasak, sehingga mampu menciptakan cita rasa yang lezat. Apalagi banyaknya video tutorial resep yang mudah diterapkan sendiri di rumah. 

Unduh saja aplikasi Yummy di iOS App Store atau Google PlayStore sekarang juga. 

Selamat memasak ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.