Resep Membuat Dorayaki yang Mudah untuk Inspirasi Sarapan Anak

Nggak perlu ribet, begini cara membuat dorayaki yang enak!

27 November 2020

Resep Membuat Dorayaki Mudah Inspirasi Sarapan Anak
Pixabay/qiye

Anak-anak mama yang suka menonton Doraemon tentu sudah tidak lagi asing dengan Dorayaki. Makanan yang satu ini memang dikenal sebagai camilan favorit Doraemon. 

Jika diperhatikan bentuk dari Dorayaki mirip dengan pancake, bahkan sama-sama bisa dibuat sebagai alternatif menu sarapan di rumah. Isi dorayaki pun bisa disesuaikan sesuai dengan selera, mulai dari cokelat, keju atau kacang merah. 

Jika Mama ingin mencoba membuat dorayaki sendiri di rumah sebagai menu sarapan, kali ini Popmama.com telah merangkum resepnya. 

Disimak dan dicatat agar bisa diterapkan sendiri yuk, Ma!

Waktu memasak: 

50 menit

Porsi: 

2-4 orang

Bahan-bahan: 

  • 100 gram tepung terigu 
  • 2 butir kuning telur 
  • 2 butir putih telur
  • 100 gram gula halus
  • 100 gram cream cheese
  • 250 ml susu cair 
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdt perasa vanila 

Bahan cokelat: 

  • 150 gram cokelat batang
  • 150 ml whipping cream
  • 1 sdt ekstrak rum

Cara membuat: 

  1. Campurkan tepung terigu, gula, baking powder dan perasa vanila dalam satu wadah. Setelah itu, aduk dengan menggunakan whisk hingga tercampur rata. Tunggu sebentar, lalu angkat dan sisihkan. 
  2. Campurkan cream cheese, susu cair dan kuning telur dalam satu wadah. Setelah itu, aduk dengan menggunakan spatula hingga lembut dan halus.
  3. Setelah itu, campurkan campuran tepung dengan cream cheese, lalu aduk kembali hingga lembut. Saring agar lebih halus, lalu sisihkan. 
  4. Kocok putih telur dengan menggunakan mixer hingga mengembang. Setelah mengembang, campurkan perlahan ke dalam campuran adonan tepung hingga selesai. 
  5. Siapkan teflon kecil yang telah diolesi mentega, lalu panaskan di atas kompor dengan api kecil. Setelah itu, tuangkan ke atas teflon lalu balik ke sisi yang satunya hingga benar-benar matang. Angkat, lalu sisihkan.
  6. Siapkan satu buah dorayaki, lalu oles cokelat di atasnya. Kemudian tumpuk kembali dengan dorayaki yang lain. 

Itulah penjelasan terkait resep dan cara membuat dorayaki yang bisa diterapkan sendiri di rumah dengan mudah. Dorayaki ini bisa dibuat sebagai menu baru untuk sarapan anak-anak, sehingga lebih bervariasi dan tidak membosankan.  

Jika Mama ingin mencoba berbagai masakan lain sebagai sajian baru untuk keluarga, sebaiknya bisa download aplikasi memasak dari Yummy untuk mencoba berbagai resep lain. 

Aplikasi Yummy dapat mempermudah setiap orang yang masih belajar memasak, sehingga mampu menciptakan cita rasa yang lezat. Apalagi banyaknya video tutorial resep yang mudah diterapkan sendiri di rumah. 

Unduh saja aplikasi Yummy di iOS App Store atau Google PlayStore sekarang juga. 

Selamat memasak di rumah ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.