hanco

Rp11 Juta Raib di Aplikasi Ojek Online, Aura Kasih Mulai Buka Suara

Aura Kasih berharap sindikat kasus seperti ini segera tertangkap

18 November 2019

Rp11 Juta Raib Aplikasi Ojek Online, Aura Kasih Mulai Buka Suara
Instagram.com/aurakasih

Aura Kasih baru-baru ini buka suara di Instagram atas kemarahannya ketika kehilangan uang sebanyak Rp 11 juta yang tersimpan di dalam aplikasi ojek online. Seperti yang Mama ketahui bahwa aplikasi tersebut merupakan dompet online yang bisa menyimpan saldo layaknya menabung di bank. 

Melalui InstaStory, Mama satu anak ini mengungkapkan kejadian saat uangnya tiba-tiba raib begitu saja. 

"Sh*t! G***** diretas! I lost my money almost 11 juta! Wtf," tulis Aura Kasih melalui salah satu unggahanya. 

Sebagai seorang pengguna layanan aplikasi ojek online, Aura Kasih pun menyampaikan keinginan pribadinya agar pelayananan yang diberikan penyedia jasa kepada pengguna bisa segera diperbaiki. 

"Kayaknya perlu sosialasi deh ke costumer maupun ke driver karena lihat driver jinjing makanan dan lemes. Dia bilang akunnya hilang plus duitnya. Harus diberantas nih, sindikat-sindikatnya!" kata Aura Kasih.

"Ini @g****ind*****a kayaknya diretas. 2 account gue hilang isi gopay (1,9jt) dan tetiba masuk ke mbanking - virtual account -top up gopay 9,7juta kok bisa? Nah lho!" ucapnya lagi. 

Sebelum kondisi yang terjadi pada Aura Kasih dialami banyak orang serta kembali memicu korban-korban baru, kali ini Popmama.com akan membagikan beberapa tips menyimpan uang di aplikasi online (dompet digital). 

Sebagai sebuah pembelajaran dan antisipasi terhadap tindak kejahatan yang semakin canggih perlu disimak nih, Ma. 

1. Berusahalah untuk membatasi saldo dompet online agar tidak terlalu berlebihan

1. Berusahalah membatasi saldo dompet online agar tidak terlalu berlebihan
Seattlerefined.com

Salah satu langkah aman dalam menyimpan uang melalui dompet online, maka Mama perlu berusaha bijak setiap kali sedang mengisi saldo dengan nominal tertentu. 

Terkadang top-up memang dilakukan hanya sekali dalam sebulan dengan nominal yang cukup besar demi memenuhi berbagai keperluan. Padahal membatasi saldo dompet online menjadi sebuah langkah yang aman agar terhindar dari tindak kejahatan. 

Perlu Mama ketahui bahwa saldo dompet online seharusnya memang perlu dibatasi dengan nominal tertentu. Menyimpan saldo yang terlalu banyak jumlahnya di dalam dompet online cukup rentan bila sewaktu-waktu nominalnya berkurang atau justru berkurang menjadi nol rupiah. 

Mengingat ada banyak kejadian akan saldo dompet online yang raib dan menghilang begitu saja, maka sebaiknya perlu berhati-hati untuk menaruh nominal yang terlalu besar. 

Selain membatasi saldo dompet online bisa terhindar dari berbagai sindikat kejahatan yang muncul sewaktu-waktu, cara ini dapat membantu hidup lebih hemat serta menyelamatkan berbagai keinginan konsumtif. 

Editors' Picks

2. Pahami segala kebutuhan selama menggunakan dompet online

2. Pahami segala kebutuhan selama menggunakan dompet online
Freepik/tirachardz

Kehadiran dompet online memang bisa memudahkan para penggunanya dalam bertransaksi, sehingga memberikan kenyamanan. Namun, banyaknya aplikasi dompet digital sebagai sebuah teknologi harus membuat konsumen lebih bijak dalam memilih. 

Sebelum menaruh pilihan terhadap satu atau beberapa jenis dari dompet digital yang ingin digunakan, maka carilah beberapa review terpercaya agar tidak salah menentukan pilihan. 

Selain itu, dengan memahami kebutuhan pribadi dan keluarga setidaknya Mama dapat lebih bijak dalam menggunakan transaksi dengan dompet online. Penggunaan yang bijak secara cermat dalam penggunaan dompet online, setidaknya membantu Mama terhindar dari berbagai tindak kejahatan yang merugikan. 

3. Selalu tetap memonitor saldo di dompet online dengan baik 

3. Selalu tetap memonitor saldo dompet online baik 
Freepik/yanalya

Transaksi pembayaran secara online tentu menjadi kemudahan tersendiri apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini, sehingga perlu sekali memonitor saldo agar terkendali dengan baik. 

Jika ada waktu luang, Mama tidak ada salahnya untuk berusaha untuk selalu cek riwayat transaksi di dompet online. Selain bisa memantau transaksi yang terjadi satu minggu atau selama sebulan, memonitor saldo dompet online juga bisa menghindari berbagai kejahatan yang dapat terjadi sewaktu-waktu. 

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar uang di aplikasi onlline atau dompet digital aman. Ketika menggunakan mobike banking pun Mama perlu memperhatikan keamanannya agar terhindar dari tindak kejahatan. 

Usahakan tidak menggunakan koneksi Wi-Fi umum ketika mengakses aplikasi perbankan. Perlu disadari bahwa koneksi Wi-Fi yang didapatkan ponsel secara gratis belum tentu terjamin keamanannya. Bisa saja tanpa disadari, data-data pribadi di dalam ponsel atau saat menggunakan mobike banking diretas oleh hacker. 

Lalu tak hanya koneksi Wi-Fi umum saja, namun aplikasi VPN secara gratis pun bisa beresiko pada transaksi perbankan sehingga perlu hati-hati. 

Semoga informasi kali ini bisa berguna ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!