Sebelum Masuk Sekolah, Ini Film Anak yang Masih Tayang di Bioskop

Usahakan tidak sampai terlewat ya, Ma!

7 Juli 2019

Sebelum Masuk Sekolah, Ini Film Anak Masih Tayang Bioskop
Pixabay/annca

Menghabiskan sisa-sisa liburan sekolah bersama si Kecil memang dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, salah satunya menonton bioskop. 

Jika Mama dan Papa memiliki waktu luang di akhir pekan, tidak ada salahnya menghabiskan waktu bersama melalui tayangan film anak-anak. 

Di akhir bulan Juni lalu, ada beberapa film anak yang layak untuk ditonton karena mengandung pesan moral positif. Dengan begitu, ini juga dapat memberikan pembelajaran baru serta membantu perkembangan anak ke arah yang lebih positif.

Untuk Mama yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan si Kecil melalui sebuah tontonan positif di bioskop, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa daftar film anak yang masih tayang di bioskop. 

Sebelum anak mama masuk sekolah, ajak mereka menonton beberapa tontonan positif sesuainya yuk!

1. DoReMi & You

Film DoReMi & You yang hadir bertepatan dengan liburan sekolah, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif untuk memberikan berbagai pesan-pesan positif. Film ini menceritakan mengenai persahabatan empat anak dari berbagai suku yang saling bahu-membahu mengatasi masalah yang sedang menimpa mereka. 

Film terbaru dari Adyla Rafa Naura Ayu, Devano Danendra, Fatih Unru, Nashwa Zahira dan Toran Waibro diisi oleh berbagai nyanyian serta tarian. Musik dan lantunan lagu di film ini pastinya dapat membuat penonton termasuk anak-anak ikut hanyut ke dalam cerita, bahkan nilai moral yang ada dapat membantu dalam pembentukan karakter anak.

Sebuah film garapan rumah produksi GoodWork dan disutradarai oleh BW Purbanegara ini memiliki pembelajaran untuk anak-anak dalam mempertahankan persahabatan ketika ada sebuah masalah.  

Tak hanya itu, karakter Putri, Imung, Anisa dan Markus sebagai seorang sahabat dapat mengajarkan banyak hal seperti: 

  • Belajar menerima perbedaan, terutama dari lingkup kecil seperti sebuah pertemanan. 
  • Mengenal pentingnya usaha serta kerja keras ketika ingin mendapatkan sesuatu. 
  • Belajar memperkenalkan serta membangun sikap empati pada anak. 
  • Mampu melihat solusi terhadap permasalahan dengan sisi berbeda. 
  • Belajar setia kawan untuk menghadapi masalah bersama. 

Dengan banyaknya pesan moral yang begitu positif untuk anak-anak tentu sayang jika harus dilewatkan nih, Ma. 

Baca juga: 

Editors' Picks

2. Koki-Koki Cilik 2

Kegiatan memasak dan berkreasi menciptakan sesuatu yang baru di dapur tentu sangat menyenangkan sekali ya, Ma. Begitu pun dengan Bima, Alfa, Kevin, Niki, Melly dan Key yang kembali ke cooking camp dengan niat reunian sekaligus memasak. 

Keseruan kegiatan yang didominasi adegan memasak di film Koki-Koki Cilik 2 ini dibintangi oleh beberapa nama ternama seperti Christian Sugiono, Ringgo Agus Rahman, Kimberly Ryder, Farras Fatik, Alifa Lubis, Muhammad Adhiyat, Marcello Mahesa, Ali Fikry, Romaria Simbolon dan Clarice Cutie.

Sebagai salah satu pemegang alur cerita, Muhammad Adhiyat sebagai Adit sejak kecil sudah menikmati memasak di dapur bersama sang Mama. Kebersamaan di dapur ini tentunya dapat menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk meningkatkan bonding apalagi ketika memiliki hobi memasak. 

Melalui film ini, anak mama pun akan semakin berkeinginan besar untuk belajar memasak di dapur. Apalagi liburan masih tersisa, sehingga Mama dan si Kecil dapat banyak eksplorasi dalam membuat berbagai macam menu makanan.

Selain itu, film Koki-Koki Cilik 2 memberikan beragam pesan moral yang lain seperti: 

  • Membiasakan anak untuk belajar ikhlas ketika memaafkan kesalahan orang lain. 
  • Mengajarkan anak untuk memecahkan masalah dengan berbagai pilihan.
  • Belajar mengenal dan mampu mengendalikan emosi sendiri, walau masih usia anak-anak.
  • Mengajarkan anak-anak untuk tidak melakukan bully kepada orang lain karena bisa saja korban bully lebih sukses dari pada pelaku. 

Pesan moral ini bisa didapatkan si Kecil dengan menonton film Koki-Koki Cilik 2 ketika kembali mengunjungi cooking camp. 

Baca juga: 

3. Toy Story 4

Kehadiran film Toy Story 4 tentu menjadi penantian yang paling ditunggu-tunggu semua orang pencinta karakter Woody dan Buzz Lightyear. Di film keempatnya ini, Woody dan Buzz Lightyear serta mainan lainnya kembali memulai petualangan kembali bersama Bonni sebagai anak perempuan yang baru mulai sekolah taman kanak-kanak.

Petualangan Woody dan teman-temannya berubah menjadi reuni tak terduga karena kembali bertemu dengan Bo Peep yang telah lama hilang.  

Tak hanya mengajarkan anak untuk bebas berkreasi dan saling menghargai hasil karyanya sendiri saja, film Toy Story 4 ini juga mengajarkan penonton khususnya anak-anak agar belajar menghargai proses yang terjadi pada diri sendiri. 

Melalui karakter Woody, ia mengingatkan dirinya sendiri bahwa keberadaannya di dunia ini yaitu untuk memberikan kebahagiaan kepada pemiliknya seperti Andy atau Bonnie. 

Woody pun berusaha untuk menyakinkan Forky sebagai mainan baru buatan Bonnie ketika dirinya rendah hati karena merasa bukan seperti mainan sungguhan. Akhirnya Woody menunjukkan cara kepada Forky untuk menghargai dirinya sendiri sebagai sebuah mainan. 

Melalui sikap Woody ini, anak mama dapat belajar dan memahami dirinya sendiri bahwa ia berharga serta harus percaya terhadap potensi yang dimiliki. Film Toy Story 4 sudah bisa ditonton bersama si Kecil sejak 21 Juni 2019 lalu nih, Ma. 

Itulah beberapa film anak-anak yang bisa Mama saksikan bersama keluarga untuk mengisi waktu sebelum si Kecil masuk sekolah. Beberapa film di atas memberikan banyak pesan moral, sehingga berguna untuk perkembangan anak.

Kira-kira Mama ingin menonton film yang mana nih?

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!