Semakin Canggih, Kenali Cara Kerja dan Keunggulan Gimbal Stabilization

Teknologi gimbal stabilization membantu kualitas foto dan video menjadi lebih stabil!

20 Juli 2020

Semakin Canggih, Kenali Cara Kerja Keunggulan Gimbal Stabilization
Dok. vivo Indonesia
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Teknologi gimbal stabilization menjadi salah satu inovasi kamera terbaru dari vivo yang disematkan pada seri X terbarunya. Dalam press release terbaru, vivo memaparkan lebih lanjut terkait teknologi gimbal stabilization pada vivo X50 Pro yang hadir dengan perpaduan lensa kamera utama beresolusi 48 megapiksel (f/1.6, Sony IMX598).

Teknologi gimbal stabilization mampu membuat lensa kamera lebih stabil, sehingga posisinya tetap terjaga dengan baik walau dalam kondisi bergerak. 

Hadirnya teknologi gimbal stabilization akan membantu pengguna smartphone menghasilkan foto yang tidak buram ketika posisinya bergoyang.  

“Riset kami menunjukkan bahwa 70 persen foto dan video yang buruk dihasilkan karena guncangan. Sebagai perusahaan teknologi global, vivo melanjutkan kemampuannya menyerap inovasi teknologi terdepan dan mengembangkan solusi untuk menyematkan teknologi gimbal stabilization dalam vivo X50 Pro yang memberikan kestabilan lebih baik dibandingkan stabilisasi tradisional,” kata Hadie Mandala selaku Product Manager vivo Indonesia

Jika ingin mengetahui teknologi gimbal stabilization pertama dari vivo Indonesia, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa fakta terkait cara Kerja dan keunggulannya. 

Disimak yuk!

Editors' Picks

1. Bagaimana teknologi gimbal stabilization bekerja?

1. Bagaimana teknologi gimbal stabilization bekerja
Dok. vivo Indonesia
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Teknologi gimbal stabilization memang cukup menarik perhatian banyak orang karena memberikan kecanggihan di dalam smartphone milik mereka. 

Perlu diketahui bahwa modul sistem kamera gimbal pada vivo X50 Pro dapat berguna untuk menstabilkan kamera utama, bahkan dengan kemampuan anti guncangan yang lebih ditingkatkan. 

Ketika sedang memotret sebuah objek tertentu, kamera utama pada vivo X50 Pro yang dimiringkan, diguncang atau digerakkan akan tetap menggunakan daya giroskop lewat sistem kamera gimbal. Sistem tersebut dapat membantu dalam menghitung arah dan perpindahan guncangan saat sedang menangkap sebuah objek. 

Adanya gaya elektromagnetik, seluruh modul gimbal akan bergerak ke arah yang berlawanan untuk mengimbangi guncangan.

2. Gimbal radar menjadi salah satu komponen perangkat lunak yang inovatif

2. Gimbal radar menjadi salah satu komponen perangkat lunak inovatif
Dok. vivo Indonesia

Untuk mengurangi guncangan dari FPC (flexible printed circuit) yang terhubung dengan modul lensa, sistem kamera gimbal pada vivo X50 Pro memiliki Double S-Type FPC terpanjang dan tertipis yang pernah dikembangkan vivo. Ketebalannya pun diketahui hanya 0,07mm saja. 

Inovasi ini membuat modul dapat berputar lebih bebas dan meminimalisir segala hambatan.

Modul gimbal juga memiliki komponen perangkat lunak yang inovatif bernama gimbal radar. Perlu diketahui bahwa gimbal radar termasuk fitur animasi di layar dalam tampilan pratinjau foto. 

Ketika dicoba secara langsung, pengguna dapat melihat pergerakan aktual dari sistem kamera gimbal dengan melihat lensa kamera utama. 

Selain itu, karena sistem kamera gimbal merupakan kamera utama yang terlihat seperti mata atau "The Big Eye" di bagian belakang vivo X50 Pro, maka berfungsi sebagai elemen desain yang khas yang hanya dimiliki oleh vivo.

3. Teknologi gimbal stabilization dapat meningkatkan kualitas foto dan video menjadi lebih stabil 

3. Teknologi gimbal stabilization dapat meningkatkan kualitas foto video menjadi lebih stabil 
Dok. vivo Indonesia
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Teknologi gimbal stabilization yang hadir di dalam sebuah smartphone dapat meningkatkan sensitivitas cahaya keseluruhan, termasuk ketika low light condition. Teknologi ini bisa membantu ketika ingin mengabadikan momen saat kondisi cahaya rendah. 

Hadirnya teknologi tersebut membantu vivo X50 Pro secara otomatis dalam mengaktifkan extreme night vision disertai algoritma AI Noise Reduction, sehingga dapat memungkinkan para pengguna mengambil foto atau video di malam hari menjadi lebih baik. 

“Dengan proses kompleks di balik pengembangannya, teknologi gimbal stabilization menjadi tonggak sejarah baru dalam teknologi yang dikembangkan vivo. Selain untuk hasil video yang lebih stabil, eksistensi teknologi gimbal stabilization pada vivo X50 Pro juga memudahkan pecinta fotografi untuk menangkap lebih banyak foto berkualitas dalam kondisi apapun tanpa harus membawa perangkat gimbal terpisah,” kata Edy Kusuma selaku Senior Brand Director vivo Indonesia.

Jika tertarik untuk mencoba teknologi gimbal stabilization dari vivo, maka perlu mengetahui bahwa vivo X50 Series tersedia dalam dua pilihan, vivo X50 Pro dengan harga Rp. 9.999.000 dan vivo X50 dengan harga Rp. 6.999.000. 

Selain itu, vivo membuka program pre-order vivo X50 Series sejak tanggal 16 Juli 2020 hingga 24 Juli 2020. Pre-order akan berlangsung lewat vivo Official store Blibli.com sebagai official e-Commerce partner dan menawarkan banyak benefit langsung seperti vivo TWS Neo dan Google Nest Mini. 

Pre-order secara offline bisa melalui vivo store di seluruh Indonesia juga dapat dilakukan dari hingga 24 Juli 2020. 

Konsumen pun akan mendapatkan benefit langsung seperti vivo TWS Neo + V Lite Handheld Vacuum Cleaner dengan total nilai hingga 2 juta rupiah. Lalu, vivo TWS Neo juga sudah dapat dibeli langsung baik melalui vivo official online maupun offline store di seluruh Indonesia.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.