Semakin Darurat, Lonjakan Pasien Covid-19 di Depok Terus Meningkat

Mengkhawatirkan, ini kabar terbaru terkait pandemi Covid-19 di Kota Depok!

16 September 2020

Semakin Darurat, Lonjakan Pasien Covid-19 Depok Terus Meningkat
Freepik

Penyebaran Covid-19 di Kota Depok belakangan ini masih meningkat, bahkan kasusnya cukup signifikan karena adanya penularan antar anggota keluarga di rumah. 

Berdasarkan data terbaru yang dirilis melalui depok.go.id pada Selasa (15/9/2020), jumlah pasien terkonfirmasi di Kota Depok mencapai 2.990 kasus. Peningkatan tajam yang terjadi didominasi oleh pasien tanpa gejala, bahkan mereka memilih untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. 

Jika ingin mengetahui lonjakan angka positif Covid-19 di Kota Depok yang semakin meningkat, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa pemicunya.

Perlu diperhatikan dengan baik nih, Ma!

1. Klaster keluarga meningkat, sehingga banyak zona merah di Kota Depok 

1. Klaster keluarga meningkat, sehingga banyak zona merah Kota Depok 
Instagram.com/instadepok

Angka positif Covid-19 di Kota Depok yang semakin meningkat salah satunya berasal dari klaster keluarga. Ini dipicu karena klaster perkantoran terus bertambah, sehingga berdampak pada penyebaran virus di lingkup keluarga. 

Demi mengatasi klaster keluarga yang semakin meningkat, maka masyarakat mulai dari tingkat RT, RW hingga Kecamatan perlu memperketat kampung siaga Covid-19. Upaya yang sudah dibentuk sejak mulainya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini perlu dimaksimalkan kembali dengan terus memproteksi diri dan keluarga dari paparan virus. 

Pembatasan aktivitas di luar rumah dan tetap menjaga jarak perlu dilakukan, terutama untuk menghindari keramaian. 

Editors' Picks

2. Kasus positif dan angka kematian semakin meningkat 

2. Kasus positif angka kematian semakin meningkat 
Freepik/Kjpargeter

Berdasarkan data, jumlah kasus aktif atau pasien positif Covid-19 di Kota Depok semakin mengalami lonjakan tinggi. Tak tanggung-tanggung, kenaikannya begitu cepat sampai 5 kali lipat dalam kurun waktu 2 bulan saja. 

Pada tanggal 12 September saja, jumlah pasien di Kota Depok sempat berada di titik tertinggi sepanjang wabah Covid-19 berlangsung. Angkanya saat itu mencapai 844 pasien dalam kurun waktu satu hari.

Tak hanya jumlah pasien positif saja yang mengalami lonjakan, namun angka kematian juga melaju begitu cepat. Dari data tanggal 14 September, korban meninggal di Kota Depok mencapai 101 orang. 

3. Rumah sakit rujukan pasien Covid-19 sudah hampir penuh 

3. Rumah sakit rujukan pasien Covid-19 sudah hampir penuh 
Freepik/drobotdean

Angka kasus kasus aktif atau pasien positif Covid-19 di Kota Depok yang meningkat tentu berdampak buruk ke sektor lain, termasuk kapasitas rumah sakit rujukan. 

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan bahwa kapasitas rumah sakit rujukan khusus pasien Covid-19 sudah hampir penuh. Ketersediaan tempat tidur untuk pasien bergejala ringan dan sedang juga semakin menipis di 9 rumah sakit rujukan Covid-19. 

Selain itu, RSUD Kota Depok serta RS Universitas Indonesia kompak mengumumkan bahwa unit ICU dan HCU sudah hampir terisi semua. 

Kondisi yang semakin mengkhawatirkan ini seharusnya bisa membuat masyarakat lebih sadar bahwa kesehatan perlu menjadi prioritas, sehingga terhindar dari paparan virus. 

Meningkatkan Imunitas Tubuh Diperlukan saat Pandemi Berlangsung

Meningkatkan Imunitas Tubuh Diperlukan saat Pandemi Berlangsung
Freepik

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun selama pandemi Covid-19 memang sangat perlu ditingkatkan dengan semaksimal mungkin. Jika memiliki sistem imun tubuh yang baik, maka tubuh terlindungi dari berbagai serangan virus, bakteri, jamur dan parasit. 

Demi terhindar dari kemungkinan terinfeksi Covid-19, Mama dan keluarga perlu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal dengan mengonsumsi makanan sehat termasuk buah dan sayur. Bijaklah dalam memilih berbagai aneka makanan agar tubuh mendapatkan asupan terbaik.

Dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat, maka mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. 

Itulah beberapa informasi terkait lonjakan pasien Covid-19 di depok terus meningkat. Semoga wabah ini segera berakhir dan terus jaga kesehatan ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.