Siap Investasi Emas Online? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Mulai harus cari tahu terlebih dahulu sebelum berinvestasi ya, Ma!

27 September 2021

Siap Investasi Emas Online Kenali Dulu Kelebihan Kekurangannya
Pixabay/hamiltonleen

Teknologi yang semakin maju membuat banyak aktivitas keseharian menjadi lebih mudah untuk dilakukan, termasuk dalam membeli emas. Kini banyaknya transaksi secara online yang terpercaya dalam berbelanja membuat masyarakat merasa dimudahkan. 

Dengan berbagai jenis penjualan barang atau jasa secara online, kini investasi pun sudah bisa dilakukan dengan cepat dan praktis termasuk investasi emas. Investasi emas secara online sekarang sudah semakin diminati karena dianggap mudah selama melakukan transaksi.   

Jika Mama ingin mengetahui informasi lebih banyak mengenai investasi emas secara online termasuk mengenai kelebihan dan kekurangannya, kali ini Popmama.com telah merangkumnya secara lebih spesifik. 

Perlu diperhatikan sebelum memulai untuk investasi nih, Ma!

Editors' Picks

Apa itu Investasi Emas Online?   

Apa itu Investasi Emas Online   
Pixabay/ Global_Intergold

Emas sebagai logam mulia tentu sudah tak lagi asing karena termasuk populer di kalangan masyarakat termasuk ketika ingin melakukan investasi. Apalagi banyak yang menganggap bahwa investasi emas bisa dikatakan relatif aman terhadap efek inflasi dibandingkan dengan investasi jenis lain. 

Emas yang sudah mulai dilirik oleh masyarakat pun membuat banyak orang mulai melakukan investasi emas secara online. 

Investasi emas online adalah salah satu cara berinvestasi dalam jangka waktu yang cukup panjang dengan membeli emas berbentuk produk virtual. Menabung emas online dianggap lebih mudah dan terjangkau dibandingkan membeli secara fisik. Ketika investasi emas secara online, maka bisa membeli menabung dan menjual emas yang sudah dimiliki kapan saja dengan melihat harga pasar. 

Perlu diingat bahwa pemantauan terhadap pergerakan harga emas yang dapat naik atau turun perlu dilakukan agar bisa mendapatkan sebuah keuntungan. 

Kelebihan Saat Melakukan Investasi Emas Secara Online

Kelebihan Saat Melakukan Investasi Emas Secara Online
Pixabay/PublicDomainPictures

Sampai saat ini, investasi emas secara online menjadi salah satu alternatif pilihan yang dilakukan oleh masyarakat. Berbeda dengan membeli emas secara fisik yang bisa dilihat secara langsung, Mama ketika membeli emas online untuk investasi akan mendapatkan produk virtual. 

Walau tidak bisa digenggam seperti investasi emas dengan pembelian langsung secara fisik, namun perlu diketahui bahwa investasi secara online pun memiliki kelebihan tersendiri seperti: 

  • Proses jual beli menjadi lebih mudah tanpa perlu keluar rumah, sehingga praktis dan hemat waktu. 
  • Emas yang dibeli secara online berbentuk produk virtual membantu agar tidak terjadi kerusakan atau kehilangan. Investasi emas secara online di tempat yang tepat memiliki tingkat keamanan terpercaya.

Investasi emas secara online juga bisa memberikan kelebihan dalam memantau pergerakan harga emas yang dapat naik atau turun. 

Ketika harga emas sedang naik, maka Mama bisa langsung menjual emas dengan mudah. Begitu pun ketika emas sedang dalam keadaan turun, ada baiknya dibeli saat harga sedang rendah agar bisa menguntungkan ketika dijual kembali.

Kelebihan investasi emas secara online ini bisa didapatkan ketika sudah mendapatkan tempat yang tepat dan terpercaya nih, Ma. 

Kekurangan Saat Melakukan Investasi Emas Secara Online  

Kekurangan Saat Melakukan Investasi Emas Secara Online  
Freepik/Katemangostar

Jika Mama sering melakukan proses analisa selama bertransaksi secara online pasti akan mengetahui bahwa selalu ada kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan investasi emas secara online.

Untuk kekurangannya sendiri, ada beberapa yang memang perlu diperhatikan dengan bijak seperti:

  • Perlu sekali berhati-hati dalam memilih tempat untuk melakukan transaksi investasi secara online. Pihak penjual pun harus terpercaya dan dipilih secara tepat terutama dalam memerhatikan mengenai kelebihannya. 
  • Ada tempat penyedia investasi emas secara online yang perlu membayar biaya kirim plus asuransi. Hal ini biasanya dapat terjadi ketika emas hendak ingin dikirim dengan harga yang lumayan cukup mahal. 
  • Ahli waris mengenai emas yang dibeli secara online dapat menjadi pertanyaan ketika pemilik diawal meninggal. Apalagi jika tidak ada pemberitahuan, sehingga emas bisa saja lenyap begitu saja karena tidak ada yang melakukan klaim. 

Tak hanya itu sebelum berniat untuk menjalani investasi emas secara online, sebaiknya benar-benar melek dengan teknologi sebagai salah satu dasar ketika ingin melakukan investasi. Usahakan investasi emas ini dilakukan di tempat yang tidak terpercaya alias investasi bodong. 

Perlu Mama ketahui bahwa ada banyak pihak di luar sana yang menawarkan investasi emas dengan berbagai keuntungan menggiurkan padahal belum tentu terpercaya. Untuk terhindar dari tindak penipuan investasi emas secara online, ada baiknya Mama membeli tempat-tempat yang memang sudah diketahui kredibilitasnya. 

Itulah beberapa informasi baru yang bisa Mama ketahui mengenai kelebihan dan kekurangan dari investasi emas secara online. Diharapkan Mama yang sudah membacanya bisa bermanfaat dan menjadi lebih bijak sebelum membelinya ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.