Subsidi Biaya Listrik Gratis PLN Diperpanjang Sampai Akhir Maret 2021

Subsidi listrik PLN tahap pertama ini sudah bisa dinikmati mulai 7 Januari 2021 mendatang

4 Januari 2021

Subsidi Biaya Listrik Gratis PLN Diperpanjang Sampai Akhir Maret 2021
Pexels/Tim Gouw

Kabar baik, stimulus Covid-19 bagi pelanggan PLN sudah mulai bisa dinikmati pada 7 Januari 2021. Perpanjangan subsidi biaya listrik pada tahap pertama tahun 2021 pun akan berlangsung hingga bulan Maret. 

Dilansir dari IDN Times, Menteri BUMN sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (2/1/2021) menegaskan bahwa subsidi biaya listrik menjadi bagian dari usaha pemulihan ekonomi sebagai akibat pandemi Covid-19. 

"Komitmen Presiden Joko Widodo memastikan rakyat yang ekonominya terdampak pandemi tetap mendapatkan stimulus dari pemerintah," jelas Erick Thohir. 

Program ini berupa token listrik gratis PLN yang berlaku untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA.

Jika Mama ingin mengetahui informasi detail mengenai subsidi biaya listrik bagi para pelanggan PLN, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Disimak dengan baik yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Pelanggan PLN dengan daya 450 VA akan mendapatkan biaya penuh alias gratis 

1. Pelanggan PLN daya 450 VA akan mendapatkan biaya penuh alias gratis 
Pexels/La Miko

Dalam program subsidi biaya listrik bagi para pelanggan PLN di tahun 2021, Erick menjelaskan terkait sistemnya akan tetap mengikuti yang sudah berlaku dan berlangsung di tahun 2020. 

Pelanggan dengan daya 450 VA akan mendapatkan biaya penuh dari pemerintah, sehingga bisa membantu ekonomi masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19. 

"Sesuai dengan instruksi Bapak Presiden, kami di KPCPEN yang di dalamnya juga ada Pak Menko Airlangga Hartarto dan Ibu Sri Mulyani, sebagai Menkeu baru-baru ini melakukan rapat dengan Menteri ESDM agar PLN terus memberikan layanan kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Erick. 

2. Pelanggan PLN dengan daya 900 VA akan mendapatkan potongan harga sebesar 50 persen

2. Pelanggan PLN daya 900 VA akan mendapatkan potongan harga sebesar 50 persen
Pixabay/simonprodl

Tak hanya pelanggan dengan daya 450 VA saja yang mendapatkan bantuan dari pemerintah, namun masyarakat yang menggunakan daya 900 VA juga akan mendapatkan diskon. 

"Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik PLN berupa diskon 100 persen atau gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA, lalu ada diskon 50 persen untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA selama tiga bulan ke depan sampai bulan Maret 2021," katanya.

Dalam keterangan tertulisnya, Erick menjelaskan bahwa pemerintah ingin memastikan penanganan Covid-19 dilakukan secara komprehensif antara pemulihan kesehatan dan ekonomi. 

"Pemerintah akan melanjutkan program stimulus pada tahun 2021 untuk pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19 termasuk di antaranya untuk pengadaan vaksin, bansos tunai, subsidi bunga, pembiayaan UMKM serta ketahanan pangan," kata Erick.

3. Subsidi biaya listrik bertujuan untuk meringankan beban selama pandemi Covid-19 

3. Subsidi biaya listrik bertujuan meringankan beban selama pandemi Covid-19 
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Dilansir dari IDN Times, PLN sudah siap menyalurkan stimulus listrik untuk 32 juta pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, bahkan 459 ribu pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA hingga akhir Maret 2021.

Dalam keterangan tertulisnya pada Minggu (1/1/2021), Bob Saril selaku Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN menjelaskan bahwa perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu. 

Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat agar mampu menghadapi pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir. 

"Menindaklanjuti kebijakan pemerintah tersebut, PLN siap untuk melanjutkan dan menyukseskan penyaluran stimulus tersebut. Seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian stimulus Covid-19 sebelumnya," jelas Bob Saril melalui keterangan tertulisnya. 

Itulah beberapa kabar baik mengenai subsidi biaya listrik gratis PLN yang diperpanjang hingga akhir bulan Maret 2021. 

Berikut link cara klaim token listrik gratis PLN, klik di sini

Semoga informasinya bisa bermanfaat ya, Ma.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.