Tak Hanya Bersenang-senang, Ini 5 Manfaat Positif Liburan untuk Anak

Sudah menyempatkan waktu untuk berlibur bersama si Kecil belum nih, Ma?

20 April 2019

Tak Ha Bersenang-senang, Ini 5 Manfaat Positif Liburan Anak
Unsplash/Simon Rae

Keseharian Mama yang penuh dengan rutinitas bekerja dan mengurus anak pasti sangat mendambakan waktu untuk berlibur. Begitu juga dengan anak-anak yang perlu mendapatkan waktu untuk berlibur sekaligus memiliki waktu kedekatan bersama orangtuanya. 

Berlibur menjadi salah satu momen yang membahagiakan ketika dilakukan oleh orang-orang terkasih.

Anak-anak tanpa disadari pun tidak hanya menciptakan rasa bahagia, namun memberikan manfaat positif lainnya. 

Kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa manfaat yang bisa dirasakan anak-anaknya saat diajak berlibur. 

Penasaran apa saja? Baca artikel berikut ini yuk, Ma!

1. Mampu menghilangkan stres

1. Mampu menghilangkan stres
Unsplash/Natalya Zaritskaya

Ma, stres juga dapat terjadi pada anak-anak. Rutinitas anak selama di sekolah bisa memicu dirinya mengalami stres apalagi dengan banyaknya tugas, les tambahan dan mata pelajaran yang harus dikuasai. 

Perlu diketahui juga bahwa kondisi stres bisa dialami oleh si Kecil saat dirinya merasa tertekan. 

Untuk itu, demi menghindarkan anak mama dari stres bahkan depresi perlu sekali memberikan kesempatan untuk sekadar liburan. Saat mengajak si Kecil berlibur, Mama dapat memberikan kesempatan bersantai dan menikmati tempat wisata dengan nyaman. 

Baca juga: 

2. Menstimulasi perkembangan otak anak menjadi lebih optimal

2. Menstimulasi perkembangan otak anak menjadi lebih optimal
Unsplash/Rhone

Perlu disadari saat Mama mengajak si Kecil pergi liburan dapat menstimulasi perkembangan otaknya. Apalagi tempat berlibur yang dituju menawarkan beragam pilihan kegiatan untuk anak-anak. 

Melalui kegiatan liburan, Mama bisa mendorong si Kecil melakukan hal yang disukainya seperi bermain di lingkungan baru atau mencoba mengeksplorasi alam ketika sedang berlibur. 

Cara seperti ini dapat membantu si Kecil dalam menstimulasi perkembangan otaknya. Tidak rileks, setelah liburan pun anak-anak mengembangkan kinerja otaknya lebih optimal. 

Baca juga: 

Editors' Picks

3. Memperat kualitas hubungan antara orangtua dan anak

3. Memperat kualitas hubungan antara orangtua anak
Unsplash/Andre Hunter

Saat tanggal merah atau hari libur tidak ada salahnya untuk mengajak si Kecil liburan atau jalan-jalan ke luar rumah. Sediakan waktu luang untuk menikmati liburan bersama anak apalagi waktu seperti ini jarang sekali terjadi kecuali saat hari libur.

Keterbatasan waktu saat memiliki aktivitas masing-masing di hari  biasa membuat liburan menjadi sangat berharga. Untuk itu, Mama perlu mengajak keluarga untuk menghabiskan waktu bersama dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Selain dapat membuat si Kecil merasa lebih bahagia karena kehadiran orangtuanya,  kualitas hubungan antar anggota keluarga juga bisa semakin erat. Asalkan semua waktu berlibur dimanfaatkan dengan baik. 

Pastikan tidak ada yang sibuk dengan ponsel masing-masing saat liburan ya, Ma. 

Baca juga: 5 Langkah Menciptakan Liburan Bersama Keluarga Tanpa Ada Drama

4. Melatih anak untuk berinteraksi dengan lingkungan baru

4. Melatih anak berinteraksi lingkungan baru
Unsplash/Mike Scheid

Saat mengajak si Kecil berlibur, maka ada banyak pengalaman yang bisa dirasakannya seperti mengenal alam, seni hingga kehidupan sosial di masyarakat yang ditemui saat liburan.  

Tidak hanya bersenang-senang karena bisa mengunjungi tempat baru saja, namun anak mama bisa mendapatkan banyak pelajaran positif salah satunya berinteraksi dengan lingkungan baru. Untuk itu, beradaptasi sangat diperlukan agar hari-hari selama liburan bisa dinikmati dengan menyenangkan.  

Jika Mama ingin melatih si Kecil belajar berinteraksi, usahakan untuk tidak membiarkan mereka terlalu asik sendiri bermain dengan sesama anggota keluarga atau memainkan ponsel. 

Biarkan anak mama berbaur dengan anak-anak lain yang memang asli penduduk lokal. Selain dapat menambah teman baru, ini membantu dirinya dalam beradaptasi dan berinteraksi dengan orang lain. 

Baca juga: Masih Ada Waktu, Ini Inspirasi Liburan Para Artis Bersama Keluarga

5. Menciptakan momen yang membahagiakan

5. Menciptakan momen membahagiakan
Popmama.com/Fx Dimas Prasetyo

Semua orang tentu ingin menciptakan banyak momen membahagiakan di kesehariannya. Saat liburan, Mama bisa menciptakan suasana yang membuat seluruh anggota keluarga lainnya terasa bahagia.

Namun, tak jarang ada keluarga yang merasa kesulitan karena liburannya justru berujung dengan drama. Drama saat berlibur bersama keluarga sering sekali terjadi. 

Hal ini dikarenakan setiap anggota keluarga akan keluar dari zona nyamannya, sehingga ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi selama liburan bersama keluarga.  Untuk mengurangi kondisi ini, ada baiknya untuk berusaha dalam menyusun setiap jadwal liburan bersama seluruh anggota keluarga. 

Saat liburan yang diciptakan begitu berkesan, si Kecil pun dapat merekam semua memori ini hingga dirinya dewasa. Selain itu, akan banyak cerita dan energi positif yang akan mereka rasakan setelah liburan benar-benar selesai. 

Untuk Mama yang mencari alternatif liburan, ICEFEST 2019 hadir dengan tema “A Journey To Winter Village” sebuah festival keluarga terbesar dengan nuansa musim dingin yang akan menyajikan suasana pedesaan dan akan diselenggarakan pada tanggal 19-29 Desember 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE).

Festival ini menjadi bentuk dan upaya untuk memberikan destinasi yang menggembirakan, namun tetap positif bagi anak-anak serta keluarga. Melalui festival seperti ini, si Kecil dapat memiliki pengalaman baru yang dikemas dalam nuansa musim dingin. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh si Kecil ketika memiliki waktu liburan berkualitas bersama keluarga. Semoga tips ini semakin memacu Mama dalam menciptakan momen liburan yang berkesan untuk keluarga ya, Ma. 

Baca juga: Liburan di Jepang, Ringgo dan Sabai Memperkenalkan Salju ke Bjorka

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!