Gaji Sering Habis? Tantri Namirah Bagikan 3 Tips Hemat Belanja Bulanan

Sering merasa gaji cepat habis setelah belanja bulanan nggak nih, Ma?

24 Juli 2019

Gaji Sering Habis Tantri Namirah Bagikan 3 Tips Hemat Belanja Bulanan
Instagram.com/tantrinamirah

Belanja bulanan tentu menjadi salah satu kegiatan yang seringkali dilakukan oleh setiap keluarga ya, Ma. Usai mendapatkan gaji, tak jarang banyak keluarga menjadikan momen ini sebagai waktu yang tepat untuk membeli keperluan rumah dalam rangka belanja bulanan. 

Melalui Instagram pribadinya, baru-baru ini Tantri Namirah menggunggah sebuah pembahasan mengenai belanja bulanan. Topik ini tentu sangat berhubungan untuk semua pasangan suami istri khususnya mengenai finansial keluarga. 

Hari ini Ibu dan Khawla belanja bulanan, biasanya aku itu kalau belanja untuk keperluan rumah di awal atau akhir bulan. Tetapi karena kemarin nggak sempat untuk keluar rumah jadinya sekarang. Nah, kalau belanja bulanan itu rasanya pas mau bayar kayaknya gaji kita hanya numpang lewat aja ya hahaha. 

Tapi kalau aku kadang barang yang aku beli bisa buat bulan berikutnya kecuali makanan or sayuran ya. Uang untuk keperluan rumahpun bisa disimpan dan digunakan untuk keperluan yang lain atau di tabung. Sebagai ibu rumah tangga kudu harus punya strategi ya nggak? Strategi ngurusin anak plus suami dan strategi keuangan, yes the power of emak-emak hahaha. Kira-kira kalau kalian team mana nih, belanja bulanan atau belanja mingguan?

Tak hanya itu, Tantri juga sempat berbagi tips mengenai cara hemat saat melakukan belanja bulanan agar tetap membeli sesuai kebutuhan di rumah. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui beberapa tips dari Tantri Namirah mengenai cara hemat belanja bulanan, kali ini Popmama.com telah merangkum ceritanya berdasarkan unggahan di InstaStory. 

Penasaran seperti apa cara Tantri mengatur keuangan agar lebih hemat saat berbelanja? Cari tahu yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Tetap menggunakan list selama belanja bulanan

1. Tetap menggunakan list selama belanja bulanan
Pexels/Tookapic

Belanja harian, mingguan atau bulanan tentu menjadi pilihan untuk setiap keluarga ya, Ma. Masing-masing pasangan memiliki kesepakatan tersendiri saat ingin berbelanja kebutuhan rumah. 

Melalui cerita unggahannya, istri dari Haykal Kamil ini mengatakan bahwa ia termasuk yang menerapkan belanja bulanan. Hal ini dipilih karena lebih hemat dibandingkan belanja harian. Menurutnya, belanja bulanan juga dapat meminimalisir keinginan untuk membeli barang yang seharusnya kurang dibutuhkan. 

"Kadang kalau belanja kudu harus di bikin limit apa nggak sih? Kalau aku di bikin list daftar belanja karena kalau nggak pakai list bisa-bisa yang nggak perlu dibeli juga hahaha," tulis Mama satu anak ini di InstaStory pribadinya. 

Kira-kira kalau Mama termasuk orang yang membuat daftar belanja terlebih dahulu atau nggak nih? 

Baca juga: 5 Tips Memperlancar ASI untuk Ibu Menyusui ala Tantri Namirah

2. Usahakan tidak membawa uang terlalu banyak saat belanja bulanan

2. Usahakan tidak membawa uang terlalu banyak saat belanja bulanan
Pexels/Rawpixel.com

Mama dari Khawla ini memiliki tips lain untuk tetap hemat selama belanja bulanan yaitu membawa uang secukupnya. 

"Jangan pernah bawa uang terlalu banyak ya buibu. Kadang kalau pakai kartu tinggal gesek, aku juga gitu. Tetapi kadang aku ambil uang cash untuk dibagi-bagi keperluan penting dan yang biasa saja. Kadang aku bawa uang pas saja yang penting semua kebutuhan yang diperlukan bisa dibeli dan terpenuhi," tulis Tantri. 

Meskipun begitu, Tantri tetap membawa uang cadangan dengan jumlah yang tidak besar. Dirinya tetap berjaga-jaga karena dengan membawa uang tambahan sekitar 10 persen dari harga barang kebutuhan yang akan dibeli apalagi jika sewaktu-waktu ada kenaikan.  

Kalau biasanya Mama terlalu membawa uang dalam jumlah banyak, usahakan mengubah kebiasaan ini ya. Bawalah secukupnya agar tidak ada keinginan membeli barang lain yang mungkin kurang dibutuhkan. 

Baca juga: Istri Idaman, Tantri Namirah Selalu Siapkan Kebutuhan Suami dan Anak

3. Menyimpan beberapa brosur belanjaan untuk memantau harga

3. Menyimpan beberapa brosur belanjaan memantau harga
Unsplash/thought catalog

Mama termasuk orang yang sering membuang brosur-brosur dari supermarket nggak nih? Akibat dianggap sebagai sebuah sampah, seringkali brosur dari supermarket langsung dibuang. Padahal brosur tersebut dapat membantu agar belanja menjadi tidak boros. 

Tips lain dari Tantri, dirinya berusaha mengingatkan untuk tidak membuang brosur yang seringkali diberikan supermarket sewaktu belanja bulanan. Baginya brosur tersebut akan sangat membantu karena bisa mengetahui berbagai barang dengan potongan harga tertentu.

Saat mendapatkan brosur, sebaiknya dibaca dan disimpan. Jika ingin belanja di bulan berikutnya, Mama pun bisa tahu dan memilih beberapa barang dengan harga yang lebih murah. 

Itulah beberapa tips yang dibagikan oleh Tantri Namirah melalui InstaStory pribadinya. Sebagai seseorang yang mengetahui finansial keluarga dan kebutuhan dapur, Mama dapat menerapkan tips yang sudah dibagikan di atas. 

Semoga informasi kali ini bisa berguna dan membantu finansial keluarga menjadi lebih hemat ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.