5 Tempat Wisata Anak di Bali, Pas untuk Belajar Jenis-Jenis Hewan

Bisa menjadi alternatif liburan nih, Ma!

20 Juli 2019

5 Tempat Wisata Anak Bali, Pas Belajar Jenis-Jenis Hewan
Pixabay/mute_gemini

Bali masih menjadi salah satu tempat yang selalu memberikan memberikan keindahan alam, sehingga membuat semua orang yang berkunjung ingin selalu kembali. Selain wisata alam, budaya serta makanan yang cukup khas. Mama perlu mengetahui ada beberapa tempat wisata yang menjadi alternatif liburan bersama si Kecil. 

Namun, banyaknya tempat wisata membuat beberapa orangtua kebingungan mencari destinasi terbaik. Jika Mama ingin liburan sekaligus belajar bersama anak seperti memperkenalkan berbagai jenis hewan, Bali memiliki destinasi terbaik dan cukup beragam. 

Untuk Mama yang sedang mencari destinasi wisata ramah anak di Bali sekaligus ingin memperkenalkan berbagai jenis hewan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Semoga bisa menginspirasi ya, Ma! 

1. Monkey Forest Ubud

1. Monkey Forest Ubud
Instagram.com/monkeyforestsanctuaryubud

Ketika pergi ke Bali, salah satu destinasi wisata yang bisa menjadi tujuan bersama keluarga yaitu Monkey Forest Ubud. Pengalaman si Kecil untuk melihat berbagai jenis monyet bisa terealisasikan saat mengunjungi tempat ini. 

Monkey Forest Ubud termasuk objek wisata anak yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Apalagi tempat ini menghadirkan hutan lindung yang cukup asri dan terdapat berbagai jenis monyet bisa berkeliaran bebas menemui pengunjung. 

Pengalaman melihat monyet secara langsung tentu sangat menyenangkan untuk anak-anak, mereka pun bisa memberi makanan secara langsung. Tak jarang para monyet memperlihatkan aksi lucunya dengan melompat-lompat ke dekat pengunjung hanya sekadar meminta makanan. Namun, perlu diingat kalau makanan yang bisa diberikan usahakan berasal dari penjual di sana ya.

Saat memberi makan pastikan kalau si Kecil bisa menjaga jarak agar tetap aman. Selain itu, hindari mengantongi makanan di saku celana karena monyet bisa mendadak agresif. 

Di Pulau Dewata, monyet dianggap sebagai hewan yang suci di kehidupan sehari-hari. Untuk itu, penduduk lokal berusaha untuk melindungi keberadaan monyet dan selalu menyayanginya. 

Dengan memberitahukan si Kecil mengenai bahwa monyet termasuk hewan suci di Bali, maka anak mama akan belajar untuk menghormati tradisi setiap tempat yang akan dikunjunginya ke depan. 

2. Bali Safari and Marine Park

2. Bali Safari and Marine Park
Instagram.com/jemiiir

Berpetualang di malam hari dengan melihat berbagai jenis hewan di alam liar bisa menjadi salah satu alternatif pengalaman baru anak di Bali nih, Ma. 

Tak perlu khawatir karena saat ingin mencoba pengalaman untuk night safari, Mama sekeluarga akan tetap dipandu untuk menjelajah mengelilingi sebuah kebun yang cukup besar. Saat suasana keheningan malam tiba, pengalaman untuk melihat hewan-hewan di suasana berbeda pun akan semakin seru.

Perlu Mama ketahui bahwa Bali Safari and Marine Park memilki beranekaragam jenis hewan karena ada lebih dari 60 spesies mulai dari hewan yang sedang dilindungi atau dikatakan langka, jadi si Kecil akan puas karena akan melihat berbagai jenis hewan yang mungkin baru ia temui secara langsung. 

Selain itu, Mama juga bisa menghabiskan waktu liburan dengan menonton berbagai hiburan lain seperti melihat proses ikan saat diberi makan di dalam akuarium atau melihat berbagai pertunjukan binatang. 

Si Kecil bersama dengan keluarga juga dapat mengunjungi gua yang dipenuhi dengan kelelawar untuk melihat keindahan di dalamnya. Kelelawar yang jarang sekali ditemui bisa memberikan pengetahuan baru termasuk mengenai kehidupan hewan malam ini saat di dalam gua. 

Editors' Picks

3. Bali Zoo Park Gianyar

3. Bali Zoo Park Gianyar
Instagram.com/rachelvennya

Memperkenalkan hewan yang anak-anak bisa dilakukan dengan cara sederhana nih, Ma. Salah satunya dengan mengajak si Kecil pergi ke berbagai kebuk binatang.

Ketika sedang berlibur di Bali, salah satu objek wisata yang memiliki banyak hewan yaitu Bali Zoo Park Gianyar. Kebun binatang ini termasuk yang terbesar kedua setelah Bali Safari and Marine Park dengan menghadirkan berbagai koleksi satwa. 

Saat berada di sini, Mama sekeluarga tidak perlu takut tersesat karena kebun binatang Bali Zoo Park Gianyar berdiri di atas lahan seluas 14 hektar karena tetap ada pemandunya. 

Jika Mama sempat survey mengenai kebun binatang ini pasti akan terpesona karena dipenuhi taman-taman indah dengan suasana yang nyaman dan bersih. Apalagi Bali Zoo Park Gianyar  juga dipenuhi oleh pohon-pohon tropis serta rerumputan yang dibuat agar mirip dengan habitat alami para hewan. 

Selain bisa memperkenalkan berbagai satwa langka, Mama sekeluarga pun dapat menikmati suasana makan malam saat berada di kebun binatang.

Liburan akan semakin seru nih, Ma! 

4. Pulau Penyu Tanjung Benoa

4. Pulau Penyu Tanjung Benoa
Instagram.com/faikrifki

Tempat lain yang bisa menjadi destinasi wisata untuk anak-anak di Bali yaitu Pulau Penyu Tanjung Benoa. Di tempat ini ada aktivitas  glass bottom boat dan turtle island tour yang cocok saat mengajak si Kecil berlibur di usianya yang masih di bawah 10 tahun. 

Selain itu, Mama sekeluarga juga bisa memiliki aktivitas untuk pergi ke tengah laut menggunakan perahu bermotor. Saat menempuh jarak sekitar 300-500 meter dari tepi pantai akan mulai merasakan sensasi baru yang mungkin belum pernah dirasakan. 

Di bawah perahu akan terdapat kaca bening, sehingga si Kecil pun bisa melihat berbagai aktivitas laut seperti ikan-ikan hias dan terumbu karang. Bahkan Mama sekeluarga bisa mencoba untuk memberi makan ikan-ikan di laut, namun mengunakan makanan ikan yang sudah disediakan. 

Bisa menjadi pengalaman baru tak terlupakan untuk si Kecil nih, Ma. 

5. Bali Bird Park

5. Bali Bird Park
Instagram.com/balibirdparkofficial

Bali Bird Park termasuk salah satu taman konservasi dan pelestarian burung terbesar di Indonesia, sehingga cocok dijadikan tempat wisata bersama si Kecil. 

Saat mengunjungi Bali Bird Park, Mama sekeluarga akan melihat berbagai jenis burung dari 250 spesies yang terbagi dalam 7 zona habitat berbeda. Beberapa jenis burung dari luar negeri yaitu dari Afrika hingga Amerika Selatan, lalu ada juga burung-burung yang berasal dari berbagai tempat di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Papua dan Bali. 

Anak-anak yang mengunjungi tempat ini tentunya akan lebih akrab dan melihat secara langsung berbagai burung eksotis asal Indonesia seperi burung cendrawasih, burung kakak tua hingga burung Jalak Bali. 

Selain menemani anak-anak belajar jenis burung, Mama dan pasangan juga bisa menikmati fasilitas lain karena Bali Bird Park menyediakan bioskop 4 dimensi. Mama dan keluarga pun bisa menikmati santapan makanan dari restoran terbuka The Bali Starling apalagi ditemani dengan suara nyanyian burung. 

Itulah beberapa tempat wisata di Bali yang bisa Mama datangi untuk memperkenalkan beragam satwa kepada si Kecil. Liburan sekaligus belajar hal-hal baru tentu sangat menyenangkan ya, Ma.

Semoga rekomendasi destinasi di atas bisa menjadi alternatif saat nanti berlibur di Bali. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!