Tingkatkan Imunitas Tubuh, 6 Buah Ini Berguna untuk Mencegah Corona

Yuk Ma, mulai kondisi buah-buah ini!

28 April 2020

Tingkatkan Imunitas Tubuh, 6 Buah Ini Berguna Mencegah Corona
Freepik/pressfoto

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun selama pandemi Covid-19 memang sangat perlu ditingkatkan dengan semaksimal mungkin. Jika memiliki sistem imun tubuh yang baik, maka tubuh terlindungi dari berbagai serangan virus, bakteri, jamur dan parasit. 

Demi terhindar dari kemungkinan terinfeksi Covid-19, Mama dan keluarga perlu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal dengan mengonsumsi makanan sehat termasuk buah. Bijaklah dalam memilih berbagai aneka buah agar tubuh mendapatkan asupan terbaik. 

Dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat, maka mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa buah yang bisa dikonsumsi untuk mencegah penyebaran Covid-19, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Semoga ini tentunya dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan Mama sekeluarga. 

1. Buah citrus mampu meningkatkan produksi sel darah putih 

1. Buah citrus mampu meningkatkan produksi sel darah putih 
Freepik/User9858360

Mungkin Mama masih asing dengan nama buah citrus. Sebenarnya citrus menjadi sebuah kelompok tersendiri untuk buah-buah, seperti lemon, anggur, jeruk nipis, jeruk, jeruk bali dan aneka jenis jeruk lainnya. 

Jika diperhatikan kelompok dari buah citrus ini memiliki sumber antioksidan, vitamin C, serat, folat dan kalium yang baik untuk tubuh. 

Perlu Mama ketahui bahwa buat yang mengandung Vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berbagai kandungan yang menyehatkan dari buah citrus mampu mencegah penularan terkait Covid-19. 

Selain itu, buah citrus mampu meningkatkan produksi sel darah putih di dalam tubuh. Sel darah putih yang baik dapat melakukan tugasnya untuk melawan segala bibit penyakit. 

Aneka buah citrus pun bisa dikonsumsi oleh ibu hamil karena selama menjalani kehamilannya, apalagi ibu hamil memerlukan imun lebih karena rentan terhadap berbagai penyakit. 

2. Delima mampu memperkuat imunitas kesehatan tubuh

2. Delima mampu memperkuat imunitas kesehatan tubuh
Unsplash/Marco Secchi

Buah delima memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik untuk tubuh, mulai dari asupan protein, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K serta folat. 

Buah delima bisa dikonsumsi sebagai alternatif asupan sehat selama berada di rumah. Buah yang berasal dari daerah Timur Tengah ini memiliki manfaat lain yaitu mampu memperkuat imunitas kesehatan tubuh.

Dilansir dari Healthline, buah delima bahkan dianggap sebagai buah tersehat di bumi. Ketika mengonsumsi buah delima secara rutin, maka tubuh akan semakin sehat karena sistem imun meningkat. 

Perlu diketahui bahwa buah delima mempunyai vitamin C yang begitu kaya, sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan menghindari penyakit infeksi yang biasanya ditandai dengan flu, batuk serta demam.  

Dengan mengonsumsi buah delima, maka membantu tubuh dalam mencegah terinfeksi Covid-19. 

Editors' Picks

3. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi 

3. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C tinggi 
Pixabay/6437364

Jambu biji termasuk salah satu buah yang bisa mencegah seseorang terinfeksi Covid-19. Hal ini dikarenakan jambu biji juga mampu meminimalisir tubuh menjadi lebih sehat, sehingga terhindar dari serangan berbagai virus penyakit. 

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C paling tinggi dibandingkan buah lainnya. 

Perlu Mama ketahui bahwa 100 gram jambu biji mengandung sekitar 228,3 miligram vitamin C, maka inilah yang membuat jambu biji dapat membunuh virus serta bakteri jahat penyebab infeksi termasuk virus corona. 

4. Pepaya mampu menurunkan risiko beberapa penyakit 

4. Pepaya mampu menurunkan risiko beberapa penyakit 
Unsplash/Ilyuza Mingazova

Berbagai aneka jenis buah berwarna cerah dan terang tentunya kaya antioksidan, vitamin dan mineral. Pepaya termasuk buah yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. 

Dalam satu buah pepaya terdapat 224 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan untuk tubuh. Enzim pencernaan atau papain yang terkandung di dalam pepaya mampu memiliki efek anti-inflamasi.

Perlu diketahui juga bahwa kandungan antioksidan yang ada dalam buah pepaya mampu mengurangi peradangan, melawan berbagai penyakit bahkan mengurangi tingkat stres. 

5. Kiwi mampu meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan berbagai infeksi

5. Kiwi mampu meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan berbagai infeksi
Freepik

Buah kiwi memang memiliki rasa yang manis-manis asam ketika dikonsumsi. Daging buah kiwi mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin E, kalium dan folat. 

Hadirnya vitamin C di dalam kandungan buah kiwi, maka dapat bertugas dalam meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Kandungan vitamin C juga dapat digunakan dalam menambah sistem kekebalan tubuh.  

Sementara nutrisi kiwi lainnya dapat menjaga agar seluruh tubuh kita dapat berfungsi dengan baik.

Buah kiwi pun dapat diolah dengan berbagai cara, termasuk dibuat jus. Ketika rutin dikonsumsi, maka akan mendapatkan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. 

6. Mangga tak hanya manis, namun menyehatkan karena memiliki banyak nutrisi

6. Mangga tak ha manis, namun menyehatkan karena memiliki banyak nutrisi
Freepik/Valeria_aksakova

Mangga termasuk salah satu buah yang disukai oleh banyak orang, apalagi karena rasanya yang manis. 

Dibalik rasanya yang manis, buah mangga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C dalam buah mangga adalah sebesar 29 mg. 

Selain menjadi sumber vitamin C, buah mangga juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin E, kalium dan juga tembaga. Mangga juga kaya akan serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol. 

Itulah beberapa buah sebagai salah satu makanan yang sehat dalam mencegah terinfeksi Covid-19. Semoga dengan rutin mengonsumsi, maka Mama dan keluarga mampu meningkatkan kekebalan tubuh selama pandemi ini berlangsung. 

Nah, buah-buahan ini bisa banget diolah dengan berbagai varian makanan atau minuman yang enak banget.

Untuk mendapatkan varian menu yang menarik, Mama bisa download di Aplikasi Yummy. Di sana, Mama akan mendapatkan tutorial memasak melalui video maupun teks. Buat menu yang baik untuk imunitas sangat diperlukan ketika masa seperti ini. 

Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.