5 Tips Memaksimalkan Hasil Selfie di Tempat Minim Cahaya

Ada banyak cara yang bisa dilakukan nih, Ma!

10 Maret 2020

5 Tips Memaksimalkan Hasil Selfie Tempat Minim Cahaya
Freepik

Berfoto selfie seolah tidak bisa dipisahkan setiap kali ada keinginan untuk mengunggah sesuatu ke media sosial. Setuju nggak, Ma?

Setiap momen yang dianggap menarik dan berkesan pun seringkali diabadikan dengan selfie. Hanya saja dalam kondisi yang minim cahaya atau gelap, hasil foto selfie menjadi kurang memuaskan. 

Demi menghasilkan kualitas selfie yang bagus dan mengesankan, beberapa orang memilih untuk membeli teknologi smartphone yang canggih. Meskipun begitu, perlu sekali untuk bijak dalam memilih smartphone agar tidak salah membeli. 

Ketika menginginkan hasil foto selfie yang berkualitas bagus, ada juga beberapa tips untuk memaksimalkan foto saat berada di tempat minim cahaya.

Jika Mama ingin mengetahui cara memaksimalkan hasil selfie di tempat yang minim cahaya, tak perlu khawatir karena kali ini Popmama.com telah merangkumnya.  

Penasaran apa aja? Disimak yuk, Ma!

1. Mencari background yang berwarna terang 

1. Mencari background berwarna terang 
Pixabay/MirceaIancu

Hasil selfie di tempat yang minim cahaya terkadang memang kurang memuaskan, sehingga membutuhkan cara ekstra agar mendapatkan foto terbaik. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan mencari background berwarna terang atau putih. Maka dari itu, carilah background yang tepat untuk menghasilkan hasil foto terbaik dan tidak terjebak dalam ruangan gelap tanpa sedikit cahaya. 

Jika ada background tembok yang berwarna putih atau cukup terang, Mama bisa menggunakannya. Dengan latar yang terang, maka smartphone yang digunakan akan menyerap cahaya menjadi lebih baik dan membantu hasil selfie terlihat terang.

Editors' Picks

2. Menggunakan tambahan cahaya

2. Menggunakan tambahan cahaya
Freepik

Melakukan selfie di kondisi kurang cahaya atau tempat gelap bukanlah hal yang mudah, mengingat foto membutuhkan pencahayaan sekitar. 

Strategi lain yang bisa digunakan untuk memaksimalkan hasil selfie di tempat yang gelap yakni mencari tambahan cahaya. 

Cahaya tambahan ini bisa diberikan dengan memanfaatkan flash dari kamera lain dan menggunakan lampu LED. Dengan penambahan cahaya, Mama akan memiliki intensitas cahaya yang cukup untuk melakukan selfie. 

3. Memanfaatkan fitur night mode

3. Memanfaatkan fitur night mode
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Hasil selfie yang memuaskan termasuk saat berada di tempat minim cahaya tentu menjadi idaman semua orang. Fitur night mode atau modus malam, kini telah ada di beberapa smartphone keluaran terbaru. 

Jika smartphone Mama memiliki fitur ini, maka ini bisa digunakan ketika sedang foto selfie di tempat yang gelap atau malam hari. 

Demi menjawab kebutuhan Mama untuk menghasilkan foto selfie yang bagus, maka vivo di tahun 2020 telah menghadirkan vivo V19 dengan tagline “Perfect Night, Perfect You”. 

Mengusung desain Ultra O Screen dengan ukuran lubang kamera depan terkecil di kelasnya, vivo V19 memberikan pengalaman visual lebih maksimal bagi konsumen. 

Selain desain layar trendi, vivo V19 juga dilengkapi dengan 32MP Super Night Selfie Camera dan 48MP AI Quad Camera.

Didukung 32MP Super Night Selfie Mode di kamera depan, vivo V19 dapat membantu pengguna melakukan selfie menjadi lebih mudah walau sedang berada di kondisi yang minim cahaya. 

Dengan fitur tersebut, Mama pun masih dapat tetap aktif di malam hari. Apalagi ini bisa digunakan untuk keperluan pekerjaan, menjalani hobi bahkan menikmati waktu senggang usai mengurus si Kecil. 

“vivo V19 menjawab usaha kami dalam memahami kebutuhan konsumen saat ini, dan produk ini menjadi v-series pertama yang kami hadirkan di awal tahun 2020. vivo V19 ini menjadi komitmen kami untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan tren kebutuhan konsumen sehingga dapat memperkuat posisi kami dalam menghadirkan pengalaman mobile lebih baik bagi konsumen Indonesia,” jelas Edy Kusuma sebagai Senior Brand Director vivo Indonesia. 

4. Menggunakan shutter speed yang lambat

4. Menggunakan shutter speed lambat
Freepik/v.ivash

Untuk mendapatkan hasil foto selfie yang maksimal saat malam hari, Mama bisa menggunakan shutter speed yang lambat

Cobalah untuk mengubah pengaturan kamera jadi manual dan gunakan shutter speed yang lambat. Semakin lambat kecepatan rana, maka semakin banyak cahaya yang masuk. 

Hanya saja, kecepatan rana lambat bisa membuat hasil gambar jadi blur dan shaking. Untuk mengatasi hal ini, maka ada baiknya menggunakan penujang tambahan berupa tripod, monopod, gorillapod, stabilizer dan lain sebagainya.

Selain itu, pastikan Mama mencari intensitas cahaya yang cukup agar hasilnya memuaskan.

5. Mengedit foto dengan berbagai fitur menarik 

5. Mengedit foto berbagai fitur menarik 
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Jika Mama termasuk orang yang memerhatikan tone warna di setiap hasil foto selfie sebelum mengunggahnya ke media sosial, maka sebaiknya tetap melakukan pengeditan. 

Mengedit hasil foto selfie yang minim cahaya bisa dilakukan dengan sedemikian rupa dengan berbagai fitur. 

Jika Mama memiliki vivo V19, maka fitur AI Makeup bisa digunakan untuk memancarkan gaya serta kualitas hasil foto yang diinginkan. Dengan berbagai tools di fitur ini, maka hasil foto selfie di tempat yang minim cahaya akan terlihat semakin bagus. 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan ketika Mama sedang ingin selfie di tempat gelap atau minim cahaya. 

Semoga beberapa tips di atas bisa membantu dan memaksimalkan hasil selfie Mama.

Selamat mencoba!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.