TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mau Jadi Influencer? Ini 7 Tips Bikin Konten yang Disukai dan Viral

Ada banyak cara ketika membuat sebuah konten yang disukai nih, Ma!

6 Oktober 2020

Mau Jadi Influencer Ini 7 Tips Bikin Konten Disukai Viral
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Kehadiran media sosial memang semakin banyak seiring berjalannya waktu, bahkan dengan berbagai inovasi serta kemudahan untuk para penggunannya, 

Namun, dari sekian banyak media sosial yang ada, Instagram menjadi salah satu yang dapat menjadi tolak ukur untuk bisa eksistensi di dunia maya. Akhirnya, banyak sekali yang berlomba-lomba untuk membuat konten agar bisa viral. 

Beberapa orang memang sudah mampu mengeksplorasi berbagai fitur di dalam Instagram, namun sebagian lagi belum. Jika Mama ingin menjadi seorang influencer yang mampu membuat konten menarik hingga viral, kali ini Popmama.com telah merangkum caranya. 

Nah, penasaran gimana caranya? Simak yuk, Ma!

1. Traveling sekaligus mengabadikan momen untuk dijadikan “Free Wallpapers” kepada followers

1. Traveling sekaligus mengabadikan momen dijadikan “Free Wallpapers” kepada followers
Freepik/Bearfotos

Kalau Mama memiliki waktu luang untuk melakukan traveling bersama keluarga atau sahabat terdekat, maka tidak ada salahnya untuk mengabadikan pemandangan yang ada di sekeliling. 

Foto-foto tersebut nantinya dapat diunggah ke media sosial demi meningkatkan interaksi kepada seluruh followers di dunia maya. Trik yang satu ini seringkali dilakukan oleh travel influencer atau mereka yang hobi motret. 

Caranya tidak sulit karena Mama hanya perlu mengunggah foto terbaik di media sosial, termasuk Instagram tanpa ada embel-embel tulisan atau emoji apa pun. Lalu usahakan tidak lupa untuk unggah secara khusus dengan menambahkan tulisan “Free Wallpapers”. 

Semakin banyak mengabadikan momen pemandangan dan mengunggah hasil fotonya, bukan tidak mungkin kalau cara seperti ini justru menjadi sebuah konten yang viral serta diminati banyak orang. 

Coba yuk, Ma!

2. Bagikan tulisan kocak agar mengundang komentar dari para followers

2. Bagikan tulisan kocak agar mengundang komentar dari para followers
Pixabay/mstevencox

Untuk bisa influencer yang disenangi banyak orang, maka perlu sekali mengetahui konten apa saja yang diminati mereka. Jika banyak yang memiliki selera humor, Mama tidak ada salahnya untuk membagikan berbagai tulisan-tulisan yang mengundang tawa.  

Sesekali cobalah untuk membuat tulisan kocak yang dapat meningkatkan jumlah komentar di Instagram Story. Tulisan yang bisa dibuat dapat berupa opini sendiri tentang sebuah tempat yang sedang dikunjungi. 

Tulisan yang berbau humor pun juga bisa diampil dari kutipan dari lagu, buku atau percakapan dari orang lain. Tak jarang hal-hal yang terasa lucu bahkan lewat tulisan sekalipun, seringkali semakin meningkatkan interaksi di media sosial. 

Jika konsisten dilakukan dan membuat banyak orang penasaran, bukan tidak mungkin nantinya konten tersebut akan menjadi viral atau diminati banyak orang. 

Editors' Picks

3. Pergunakan stiker dengan format .GIF yang telah tersedia

3. Pergunakan stiker format .GIF telah tersedia
Popmama.com/Fx Dimas

Berbagai fitur yang ada di media sosial termasuk Instagram sebenarnya membuat seseorang menjadi lebih kreatif apalagi jika bisa dipergunakan dengan semaksimal mungkin. 

Jika Mama ingin membuat sebuat unggahan yang berbeda dan seru, maka cobalah untuk menggunakan stiker-stiker menggemaskan dengan format .GIF. Carilah stiker yang memang sesuai dengan tema foto atau video saat mengunggahnya. 

Namun, tetaplah memerhatikan penggunaan stiker ini agar tidak terlalu berlebihan. Kuncinya gunakan saja maksimal 3 stiker dalam sebuah konten yang diunggah agar tak terkesan berlebihan dan norak. 

4. Eksplorasi berbagai fitur filter yang bisa digunakan

4. Eksplorasi berbagai fitur filter bisa digunakan
Freepik/Benzoix

Di era sekarang, selfie tentu sudah umum dilakukan oleh banyak orang terutama di media sosial. Berbagai keseruan seru bersama orang-orang terkasih seringkali diabadikan dalam selfie, baik foto atau video. 

Jika Mama perhatikan sudah ada banyak filter-filter yang dapat diekplorasi, sehingga membuat berbagai unggahan menjadi lebih menarik. Carilah filter yang kocak dan tone warna menarik, namun tidak norak. 

Semakin banyak menggunakan filter terbaru di Instagram, maka Mama pun dapat disebut sebagai influencer yang selalu memberikan tren baru. 

5. Mengikuti perkembangan berbagai challenge yang sedang hits

5. Mengikuti perkembangan berbagai challenge sedang hits
Instagram.com/guardiankidsec

Kehadiran challenge di media sosial menjadi sesuatu yang hits dan diminati banyak orang. Biasanya satu orang yang melakukan challenge, nantinya perlahan-lahan akan menyebar. 

Beberapa challenge yang cukup diminati dan viral belum lama ini yakni Age Challenge, Falling Stars Challenge hingga Keke Challenge. Sebagai makhluk sosial yang senang terhadap tantangan dan akan bahagia jika berhasil menjalaninya membuat challenge lebih mudah viral dibandingkan konten lain. 

Namun, pemilihan challenge juga perlu diperhatikan agar tidak melakukan tantangan yang justru membahayakan. 

6. Membuat meme kocak tentang kehidupan sehari-hari 

6. Membuat meme kocak tentang kehidupan sehari-hari 
Freepik/Katemangostar

Sebuah konten keseharian yang diabadikan terkadang cukup relate juga dengan orang lain, sehingga mulai banyak diminati orang banyak. 

Perlu diingat bahwa tingkat kreativitas dari warganet Indonesia termasuk tipe yang tak perlu diragukan apalagi dalam membuat sebuah meme kocak. Jika diperhatikan  tak jarang banyak meme yang viral di dunia maya berasal dari hasil tangan orang Indonesia. 

Jika Mama ingin membuat sebuah penyegaran timeline di media sosial, maka nggak ada salahnya untuk membuat sebuah meme kocak mengenal aktivitas keseharian. Selain mengundang tawa untuk mengurangi tingkat stres, hasil karya meme tersebut akan viral dari sini. 

Usahakn untuk selalu gunakan meme yang orisinil ya, Ma!

7. Berusaha untuk konsisten dan melakukan inovasi 

7. Berusaha konsisten melakukan inovasi 
Freepik/Rawpixel.com

Secara keseluruhan pengguna internet semakin terus bertambah apalagi dunia maya sudah memiliki pengaruh cukup besar di dalam kehidupan.  

Jika Mama memang ingin menjadi seorang influencer yang selalu diminati dan dibicarakan banyak orang, maka buatlah konten secara konsisten dan selalu melakukan inovasi baru. Lalu teruslah menjaga hubungan dengan orang lain untuk berkolaborasi bersama dalam membuat sebuah konten. 

Untuk viral di dunia maya tidak selalu melakukan hal-hal negatif dan merugikan banyak orang. Ada banyak cara yang positif agar viral di dunia maya. 

Sudah berniat untuk mencobanya nggak nih, Ma?

Baca juga: 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul: "Influencer Lakukan 5 Hal Ini Buat Bikin Konten Menarik, Tiru Yuk!"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk