Eksklusif: Umrah Bersama Anak, Matahari Bikin Shareefa Daanish Kagum

Ada yang memiliki pengalaman umrah dengan anak seperti Shareefa Daanish?

22 Juli 2019

Eksklusif Umrah Bersama Anak, Matahari Bikin Shareefa Daanish Kagum
Popmama.com/Michael Andrew

Pergi ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umrah tentu menjadi cita-cita semua orang yang beragama Islam. Tak jarang ada juga keluarga yang ingin mengajak anak-anaknya ikut sekaligus mengajarkan ilmu agama sejak kecil. 

Beberapa artis ternama tanah air pernah mengajak anak-anaknya pergi umrah bersama di usia yang masih kecil seperti Ayu Dewi, Zaskia Adya Mecca, Ayu Ting Ting, Olla Ramlan, Ashanty, Ryana Dea hingga Raffi Ahmad.

Bicara mengenai pengalaman umrah bersama anak, Shareefa juga memiliki cerita tersendiri saat mengajak Matahari pergi umrah untuk pertama kalinya. Tepat di bulan Maret 2019 ini, Shareefa bersama keluarga Kelana Wibisana pergi ke tanah suci sebagai momen yang akan selalu dikenang. 

Untuk Mama yang penasaran mengenai keseruan dan cerita menariknya saat umrah bersama keluarga, kali ini Popmama.com telah mewawancari Shareefa secara eksklusif disela-sela pemotretan Millennial Mama of the Month edisi Juli 2019.

Penasaran seperti apa cerita Shareefa? Simak ceritanya mengenai Matahari saat beribadah umrah yuk, Ma!

1. Shareefa Daanish sempat ragu mengajak Matahari pergi umrah

1. Shareefa Daanish sempat ragu mengajak Matahari pergi umrah
Popmama.com/Michael Andrew

Ketika ada tawaran umrah, Shareefa sempat tidak ingin mengajak Matahari karena ragu dan takut kesulitan menjaganya saat sedang beribadah. Jadi, dirinya sempat berpikir untuk menjalani ibadah ini berdua saja dengan sang Suami. 

Tetapi setelah banyak berdiskusi sama pasangan, sang Suami menyarankan untuk mengajak Matahari dan yakin ketika harus pergi bertiga. Apalagi suaminya termasuk tipe orangtua yang selalu melibatkan Matahari saat harus bepergian ke mana saja. 

"Sebenarnya alasan lain saya mengajak Matahari di usianya yang masih kecil untuk ibadah umrah karena ingin memperkenalkan ke dia soal agama. Saya ingin dia lebih baik soal agama apalagi saya merasa agama saya belum terlalu bagus. Jadi, ketika Matahari belajar, maka saya pun ikut kembali memperdalam mengenai agama. Kita berdua sama-sama bisa belajar intinya," kata Shareefa. 

Menurut karakter Asih di film Danur ini, Matahari memiliki waktu cukup banyak untuk memperdalam mengenai agama apalagi usianya masih kecil.

Selama 10 hari menjalani ibadah umrah, Shareefa berusaha untuk bekerja sama dengan baik serta memiliki pembagian tugas bersama suami sebagai konsekuensi mengajak anak umrah.

Walau tetap harus fokus dengan ibadah yang sedang keduanya jalani, namun Shareefa dan sang Suami tetap memerhatikan kondisi Matahari termasuk suasana hatinya agar tetap bahagia saat berada di tanah suci. 

Salut dengan Shareefa karena tetap menomorsatukan kebutuhan anak, meskipun sedang beribadah. 

Kira-kira ada yang memiliki pengalaman serupa dengan Shareefa saat sedang umrah nggak nih, Ma? 

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Pada Hewan Peliharaan dari Shareefa Daanish

Editors' Picks

2. Matahari termasuk anak yang tidak rewel saat ibadah umrah

2. Matahari termasuk anak tidak rewel saat ibadah umrah
Popmama.com/Michael Andrew

Menurut penuturan Shareefa saat ditemui oleh Popmama.com, Matahari termasuk tipe anak cukup senang ketika diajak pergi umrah. 

"Matahari itu kalau diajak pergi lagi maunya ke Jepang dan tanah suci. Matahari menyebutnya black box karena yang dia ingat itu, Ka'bah mirip dengan sebuah kotak hitam besar. Buat dia, kedua tempat ini cukup berkesan jadi mau lagi katanya kalau diajak ke sana," ucap Shareefa.

Saat mengajak anaknya umrah, Shareefa mengaku kalau Matahari termasuk tipe anak yang cukup membantu karena dirinya tidak begitu rewel. Asal diberikan pengertian, Matahari cukup mengerti dan mudah diarahkan. 

"Jadi ketika kita mengelilingi Ka'bah, anak saya termasuk yang pengertian. Meskipun terkadang Matahari juga suka ada ngeluhnya, namanya juga masih anak-anak. Tetapi dia cukup mengerti ketika saya dan suami sudah lelah untuk menggendong, Matahari mau kalau diajak jalan lagi. Terus pernah ada situasi saat Matahari terjepit dua orang besar, dia sempat nangis sebentar. Saat diajak bicara dan bercanda sama Papanya, dia kembali tertawa," curhat Shareefa saat memiliki pengalaman umrah dengan sang Anak. 

Layaknya anak-anak yang masih suka membawa mainan saat bepergian, Matahari pun melakukan hal itu termasuk ketika ibadah umrah. Namun, Shareefa sebagai orangtua berusaha memberikan pengarahan agar anaknya tetap mengerti untuk tidak membawa mainan terlalu banyak. 

"Dia selalu bawa mainan tertentu, salah satunya hot wheels. Hanya saja, saya dan suami selalu mengingatkan untuk boleh bawa makanan tetapi nggak perlu terlalu banyak. Anak-anak kalau soal mainan seringkali terlalu banyak yang dibawa ke dalam tasnya, jadi sebisa mungkin diingatkan. Setelah dikasih tahu, biasanya Matahari hanya bawa dua buah yang paling dia sukai," jawab Shareefa ketika diwawancarai di sela-sela pemotretan.   

Baca juga: Eksklusif: Pernah Dibully, Shareefa Daanish Ajarkan Ini pada Anaknya

3. Shareefa pelan-pelan memperkenalkan soal agama sejak dini

3. Shareefa pelan-pelan memperkenalkan soal agama sejak dini
Popmama.com/Michael Andrew

Saat diwawancarai, Shareefa sempat menjelaskan terlebih dahulu mengenai ibadah umrah kepada Matahari melalui video di YouTube.

Selain berdiskusi, dirinya selalu memperlihatkan tempat destinasi saat ingin dikunjungi agar sang Anak terbayang suasana di sana dan merasa tertarik untuk ikut.

"Matahari, Papa sama Mama mau ke tempat ini. Matahari suka dan mau ikut nggak?" begini kalimat yang ditanyakan Shareefa ketika ingin mengajak anaknya pergi traveling. 

Bahkan saat di tanah suci, Pemeran Aul dalam Tukang Ojek Pengkolan ini merasa kagum dengan sang Anak selama umrah. Apalagi Matahari termasuk tipe yang mudah dan justru bersemangat ketika pagi-pagi buta dibangunkan sewaktu ibadah umrah untuk menunaikan salat. 

Di usia yang masih 4 tahun, Matahari sudah bisa mengikuti gerakan salat walaupun bacaannya belum terlalu lancar. Selain salat dan mengajak sang Anak umrah di usia yang masih kecil, Shareefa juga sudah pelan-pelan memperkenalkan soal puasa tanpa terlalu memaksa. 

"Meskipun saya masih banyak belajar mengenai agama, jadi saya pelan-pelan juga menjelaskan kepada Matahari. Apalagi kalau agama diajarkan sejak kecil masa belajarnya akan jauh lebih panjang daripada saya yang usianya sudah tua. Saya sih berharap, Matahari akan jauh lebih baik daripada saya dan suami," ucap Shareefa.

Itulah beberapa cerita dari Shareefa Daanish mengenai pengalamannya umrah bersama anak, semoga ini bisa menjadi inspirasi tersendiri saat Mama ingin juga mengajak si Kecil pergi umrah.  

Baca juga: Millennial Mama of the Month Edisi Juli 2019: Shareefa Daanish

#MillennialMama of the Month Edisi Juli 2019 – Shareefa Daanish
Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Fashion Stylist – Onic Metheany, Sarrah Ulfah
Asst. Stylist - Jemima Karyssa Rompies
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Ursula Natasha
Art Designer – Rama Rafael
Makeup & Hair Do – Linda Kusumadewi
Shareefa's Wardrobe - Topshop, Sare Studio
Matahari's Wardrobe - Gingersnap, Sare Studio
Location - Hotel Harris Tebet, Jakarta

#MillennialMama of the Month

Shareefa Daanish
Millennial Mama

Shareefa Daanish

Anak harus bisa berekspresi dengan bebas

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;