Walau Harus Mengurus Anak, Ini 5 Soft Skills yang Perlu Mama Miliki

Banyak memiliki soft skills, maka kepercayaan diri Mama akan meningkat

7 Februari 2020

Walau Harus Mengurus Anak, Ini 5 Soft Skills Perlu Mama Miliki
Freepik

Soft skills menjadi salah satu kemampuan seseorang yang sebenarnya sangat penting untuk dimiliki oleh siapa saja agar mencapai kesuksesan di dalam hidup. Bahkan soft skills dapat diasah, sehingga semakin terlatih dan berkembang. 

Sebagai Millennial Mama, maka perlu sekali memiliki soft skills agar mampu meningkatkan segala kemampuan di dalam diri. Apalagi Mama yang masih termasuk generasi milllennial pasti memiliki karakter yang memiliki pemikiran open mind, open for challenges, multitasking dan advancement seeker

Demi memenuhi tantangan ke depan, maka soft skills perlu diasah karena dapat berpotensi untuk menghubungkan diri sendiri kepada dunia lebih luas.

Jika Mama ingin mengetahui beberapa soft skills yang perlu dimiliki walau harus mengurus anak, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Semoga ini bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan soft skills pada diri sendiri ya, Ma!

1. Komunikasi 

1. Komunikasi 
Pexels/Bruce Mars

Setiap orang tentu tidak akan pernah hidup sendiri, sehingga berkomunikasi diperlukan ketika sedang diskusi atau bahkan meminta bantuan. 

Perlu Mama ketahui bahwa, cara berkomunikasi secara baik dan benar menjadi salah satu soft skill yang perlu dimiliki. Apalagi saat bekerja dengan banyak orang ketika ingin menyampaikan sebuah maksud pembicaraan secara tepat, maka kemampuan berkomunikasi yang baik akan sangat dibutuhkan. 

Kemampuan berkomunikasi ini tidak hanya secara lisan saja, namun cara komunikasi sebagai soft skill juga diperlukan melalui sebuah tulisan, kemampuan presentasi hingga kemampuan dalam mendengarkan orang lain. 

Walau terkesan sederhana, namun soft skill yang satu ini tidak bisa disepelekan begitu saja. Tanpa memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka Mama tanpa disadari akan merasa kesulitan dalam membangun hubungan dengan orang lain.  

2. Bahasa 

2. Bahasa 
Freepik

Seiring kemajuan zaman, bahasa menjadi suatu kemampuan untuk dikuasai dengan baik ketika ingin berkompetensi salah satunya bahasa inggris. Apalagi perlu diingat bahwa kemampuan berbahasa inggris akan senantiasa memberikan kontribusi dalam meningkatkan kepercayaan diri serta dihargai orang lain ketika sedang berkomunikasi. 

Menurut Tara De Thouars sebagai psikolog klinis dewasa mengatakan bahwa bahasa merupakan salah satu pendukung terbesar untuk memenuhi kebutuhan akan aktualisasi diri yaitu kebutuhan untuk membuktikan dan menunjukan dirinya kepada orang lain. 

"Kebutuhan aktualisasi diri dapat melibatkan keinginan yang terus menerus untuk mengembangkan semaksimal mungkin segala potensi yang dimilikinya. Kefasihan berbahasa meningkatkan kepercayaan diri dan mendukung kemampuan berkomunikasi yang menjadi salah satu soft skill paling mendasar untuk mencapai kesuksesan," ucap Tara De Thouars dalam acara  EF Centers for Adults pada Rabu (5/2/2020) ketika ditemui di kawasan Mega Kuningan, Jakarta. 

Bahkan dalam peluncuran kampanye EF Ambassador 2020, ada kategori "Housewises" yang seolah dapat menjadi role model di keluarga. Sebagai seorang Mama, mereka dapat membuktikan bahwa bahasa inggris dapat membantu dalam mendidik anak menjadi pribadi yang lebih unggul di masyarakat. 

Ketika Mama pandai menguasai banyak bahasa asing, bahkan secara tidak langsung juga akan memudahkan diri sendiri dalam mencari uang tambahan disela-sela mengurus anak. 

Editors' Picks

3. Kolaborasi

3. Kolaborasi
Freepik

Di era yang semakin modern setiap orang berusaha meningkatkan kemampuannya masing-masing, sehingga membuat ia unik dan mungkin berbeda dengan orang lain. Ketika dalam pertemanan Mama ada banyak orang yang memiliki kemampuan berbeda dan unik, maka tidak ada salahnya untuk bersama-sama menjalani sebuah kolaborasi. 

Kemampuan kolaborasi menjadi salah satu soft skills yang diperlukan, sehingga dapat mempermudah pekerjaan atau bahkan dapat menghasilkan uang tambahan. Ketika memiliki kemampuan ini, Mama pun dapat terbiasa untuk menempatkan diri dalam sebuah kelompok. 

Selama sedang berkolaborasi dengan orang lain, usahakan juga untuk tetap mendengarkan kritik dan saran dari orang lain agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik. 

Saat ingin melakukan kolaborasi, maka hal terpenting yang perlu dilakukan yakni menjalin relasi dengan berbagai kalangan. Lagi-lagi kemampuan komunikasi pun diperlukan dalam situasi ini, sehingga mampu menyampaikan berbagai hal terkait keinginan saat mau melakukan sebuah kolaborasi. 

Tanpa kemampuan komunikasi yang baik bukan tak mungkin kalau kesempatan ketika ingin melakukan kolaborasi justru akan hilang begitu saja.

4. Manajemen waktu

4. Manajemen waktu
Freepik/User6739663

Manajemen waktu menjadi sebuah soft skill yang perlu dimiliki oleh Mama karena ini juga dapat membentuk kepribadian menjadi semakin disiplin. 

Ketika harus bekerja sekaligus mengurus anak, maka manajemen waktu pun perlu diasah dengan sangat baik agar keduanya sama-sama seimbang. Apalagi waktu yang terus berjalan seolah membuat semua orang perlu memiliki manajemen waktunya sendiri. 

Dalam melatih kemampuan manajemen waktu, ada baiknya untuk selalu melakukan prioritas pekerjaan yang memang penting dan perlu didahulukan. Selain itu, usahakan untuk tidak menunda segala pekerjaan karena justru akan membuatnya semakin menumpuk apalagi jika sudah memiliki deadline. 

5. Kepemimpinan

5. Kepemimpinan
Freepik/senivpetro

Soft skill yang penting lainnya untuk Mama miliki yakni kepemimpinan. Soft skill yang satu ini dapat dapat bermanfaat positif karena dapat meningkatkan kemampuan lainnya, antara lain yaitu:

  • mulai dari kemapuan saat berorganisasi,
  • bekerja secara profesional,
  • manajemen waktu saat bekerja dalam tim,
  • mengatur strategi,
  • mampu memecahkan sebuah masalah. 

Ketika mengasah kepemimpinan sebagai salah satu soft skill, Mama pun secara tidak langsung juga belajar untuk menganalisa hingga bertanggung jawab terhadap segala hal. 

Untuk melatih kemampuan dalam memimpin, maka berusahalah untuk selalu bersikap profesional dalam melakukan segala pekerjaan serta selalu berpikir posisif.  

Itulah beberapa soft skills yang perlu Mama miliki dan tingkatkan. Dari hal-hal yang sederhana, soft skills yang diasah dengan baik dapat meningkatkan kualitas diri serta membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.