6 Cara Cepat untuk Mengatasi Kecemasan Menghadapi Pandemi

Salah satunya adalah mendengarkan musik secara utuh

21 September 2020

6 Cara Cepat Mengatasi Kecemasan Menghadapi Pandemi
Freepik/aslerromero

Jika kecemasan kamu bersifat sporadis dan menghalangi fokus atau tugas yang ada, ada beberapa solusi cepat yang dapat membantumu mengendalikan situasi tersebut.

Jika kecemasan kamu di rumah terfokus pada suatu situasi, seperti khawatir tentang suatu peristiwa yang akan terjadi, mungkin kamu harus memerhatikan bahwa gejala yang kamu alami memiliki durasi pendek dan biasanya mereda setelah peristiwa yang diantisipasi itu terjadi.

Nah, dari dasar pemikiran tersebut, dilansir dari Healthline.com, Popmama.com akan sajikan enam cara mengatasi kecemasan jangka pendek yang terjadi pada dirimu.

1. Menantang pola pikir negatif agar menjadi positif

1. Menantang pola pikir negatif agar menjadi positif
Pexels/David Garrison

Pikiran negatif mampu begitu saja menjadis sumber kecemasan, karenanya itu dapat mengakar di benak dan memperparah situasi.

Salah satu caranya adalah dengan menantang ketakutan itu, menanyakan apakah itu benar, dan setelah itu kamu bisa mulai untuk mengambil kendali pada dirimu lagi. 

2. Berlatih pernapasan dengan fokus

2. Berlatih pernapasan fokus
Unsplash/Darius Bashar

Coba tarik napas dalam 4 hitungan dan keluarkan selama 4 hitungan selama total 5 menit. Saat menghembuskan napas di malam hari, kamu akan memperlambat detak jantung yang seharusnya membantu menenangkan dirimu saat kecemasan melanda.

Editors' Picks

3. Menggunakan aromaterapi

3. Menggunakan aromaterapi
Unsplash/Drew L

Baik dalam bentuk minyak, dupa, atau lilin, aroma seperti lavender, kamomil, dan kayu cendana bisa sangat menenangkan.

Aromaterapi dianggap membantu mengaktifkan reseptor tertentu di otak Anda, yang berpotensi mengurangi kecemasan.

4. Jalan-jalan atau lakukan yoga selama 15 menit

4. Jalan-jalan atau lakukan yoga selama 15 menit
freepik.com/boonsom

Terkadang, cara terbaik untuk menghentikan pikiran cemas adalah menjauh dari situasi tersebut dengan meluangkan waktu untuk fokus pada latihan-latihan tubuh seperti yoga dan jalan-jalan. Hal ini dapat membantu meredakan kecemasanmu.

5. Tuliskan pemikiranmu yang memicu kecemasan pada secarik kertas

5. Tuliskan pemikiranmu memicu kecemasan secarik kertas
Freepik/Racool_studio

Menuliskan hal-hal yang membuat kamu menjadi cemas akan membantu keluar dari kecemasan tersebut dan membuatnya menjadi tidak terlalu menakutkan.

Trik relaksasi ini sangat membantu bagi mereka yang mengalami kecemasan secara sporadis. Ini mungkin juga bekerja dengan baik pada seseorang yang memiliki gangguan kecemasan anxiety disorder (GAD) saat mereka terikat dengan pikiran mereka sendiri. 

Namun, jika curiga kamu mengidap Anxiety disorder, metode penanganan cepat ini seharusnya bukan satu-satunya jenis perawatan yang kamu terapkan. 

Kamu harus menemukan strategi jangka panjang untuk membantu mengurangi keparahan gejala atau bahkan ke dokter bila perlu. 

6. Mendengarkan musik dengan seutuhnya

6. Mendengarkan musik seutuhnya
Dok. Joox

Dalam masa semua tertekan dalam teror pandemi ini kita dituntut untuk menemukan cara dalam mengelola kecemasan dan rasa takut. 

Nah dalam hal ini, praktisi Mindfullnes Adjie Santosoputro menyarankan agar kita selalu memiliki kesadaran dalam menjalani hal-hal dalam kehidupan sehari-hari. 

Memang ini akan terdengar sulit. Karena dalam metode ini kamu harus meninggalkan kebiasaan lamamu, salah satunya menyangkut mendengarkan musik sesuai keinginanmu yang selama ini dilakukan. 

"Di masa pandemi dimana kondisi yang serba tidak pasti ini. Pada dasarnya sesuatu hal yang baru bisa memicu kecemasan. Nah di tengah kondisi ini kita belajar untuk mendengarkan diri sendiri secara sadar, bukan lari dari yang selama ini kita rasakan bila memiliki masalah," ucap Adjie dalam konferensi pers kampanye Joox 'ikut #KataHati' via Zoom (16/9).

Mendengarkan musik dengan seutuhnya menjadi salah satu cara melatihmu untuk selalu dalam kesadaran penuh dalam kehidupanmu saat pandemi ini. 

"Mengambil jeda, dengan cara merasakan hembusan menjadi latihan yang paling baik untuk menumbuhkan kesadaran penuh, yang kedua adalah mendengarkan musik. Barangkali lho ya, selama ini kita hanya pura pura dengerin musik. Barangkali kita hanya mau dengerin apa yang kita mau dengerin saja." 

"Karena ada kenangan-kenangan masa lalu di pikiran dan prasangka kita yang barangkali kita hanya mau mendengarkan yang kita mau dengerin karena kita sudah terbentuk pola pikir yang kuat terhadap kenangan tadi," jelasnya lagi. 

Menutup konferensi pers, Adji juga menyarankan agar mulai detik ini kita mau dengerin musik dengan secara utuh. Dan tidak berpikir hanya mau apa yang kita ingin dnegarkan saja agar terbangun rasa kesadaran kehidupan dalam diri kita sehari-hari.

Nah, Ma jadi kalau kamu mengalami kecemasan kamu bisa langsung atasi dengan cara ini ya Ma. Agar kamu tidak terkena efek panjang dari kecemasan tersebut. Mari mulai hidup positif!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.