Tips untuk Mama dan Keluarga, 7 Cara Efektif Meningkatkan Imun Tubuh

Hanya dengan tertawa, imunitas bisa meningkat lho!

31 Agustus 2020

Tips Mama Keluarga, 7 Cara Efektif Meningkatkan Imun Tubuh
Unsplash/National Cancer Institute

Dengan adanya wabah virus Corona (Covid-19) baru-baru ini, banyak orang khawatir untuk tetap sehat dan menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Hingga tercetus dari Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengenai rencana dibukanya bioskop di Indonesia.

Menurut Wiku dalam konferensi pers pada Rabu, 26 Agustus 2020 yang disiarkan di Youtube BNPB, film-film di bioskop bisa meningkatkan imunitas masyarakat yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

Wiku mengatakan bahwa masyarakat akan bahagia saat nonton film, dan perasaan itu dapat menaikan imunitas sehingga mengurangi risiko terpapar virus corona. Mama setuju dengan hal ini? 

Tips Mama Keluarga, 7 Cara Efektif Meningkatkan Imun Tubuh
tutorialsoftwaregratis.blogspot.com

Dalam polling yang diadakan di akun Instagram Popmama.com, beberapa Mama menyatakan pendapatnya mengenai pembukaan bioskop. Dengan pendapat berikut ini:

Takut nanti akan meluas wabah Covid-19, melihat semakin banyaknya pasien - amribussines

Virus Covid-19 makin menyebar - febry_novianty

Selama sekolah belum dibuka, tempat hiburan juga jangan dibiarkan lebih dahulu dibuka - astri.viani.566

Melihat komentar Mama-Mama yang masih belum berani ke bioskop karena Covid-19, ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imunitas saat masa pandemi, yaitu berperilaku lebih sehat.

Melakukan kegiatan yang lebih sehat dapat bermanfaat bagi tubuh dan meningkatkan pertahanan terhadap virus, bakteri, dan patogen lainnya. 

Selain juga membiasakan untuk menjaga kebersihan diri Popmama.com punya tips bagaimana kamu mampu menaikan imun tubuh agar terhindar dari ancaman virus yang mematikan, seperti corona! 

1. Jaringan sosial terbukti mampu membuat imun tubuhmu lebih kuat

1. Jaringan sosial terbukti mampu membuat imun tubuhmu lebih kuat
Unsplash/Naku Mayo

Bukti yang semakin banyak dari penelitian menunjukkan bahwa kesepian dan isolasi sosial sangat merusak kesehatan mental.

Dalam sebuah penelitian, mereka yang memiliki hubungan sosial terkuat kemungkinan besar akan hidup lebih lama daripada mereka yang memiliki hubungan sosial yang buruk. 

Ada banyak cara untuk mengembangkan dan memperkuat ikatan sosial. Angkat telepon dan telepon teman secara teratur. Buatlah rencana untuk bertemu secara virtual melalui Zoom atau Google Hangout. 

Bergabunglah dengan kelas atau bergabunglah dengan grup yang terkait dengan minat atau hobi yang kamu miliki. Ikuti terus teman lama dan dapatkan teman baru untuk memperkuat dan memperluas lingkaran sosialmu.

2. Stres adalah musuh sistem kekebalan tubuh

2. Stres adalah musuh sistem kekebalan tubuh
Freepik/yanalya

Stres kronis menekan sistem kekebalan dan meningkatkan risiko beberapa jenis penyakit. Ini meningkatkan tingkat hormon yang disebut katekolamin. 

Menjadi stres menyebabkan peningkatan tingkat sel T penekan, yang menekan sistem kekebalan. Ketika cabang sistem kekebalan ini rusak, kamu lebih rentan terhadap penyakit virus termasuk kondisi pernapasan seperti pilek, flu, dan infeksi virus Corona. 

Lawan stres dengan strategi seperti pernapasan dalam, meditasi, olahraga, dan relaksasi.

Editors' Picks

3. Bersikaplah positif untuk meningkatkan kekebalan tubuh

3. Bersikaplah positif meningkatkan kekebalan tubuh
Freepik

Harapkan hal-hal baik di dalam kehidupanmu dan sistem kekebalan tubuhmu akan mengikutinya juga. Sebuah studi terhadap mahasiswa hukum menemukan bahwa sistem kekebalan mereka lebih kuat ketika mereka merasa optimis.

Cobalah untuk melihat segalanya seperti melihat gelas setengah penuh, bukan setengah kosong. Praktikkan rasa syukur dan pikirkan setidaknya tiga hal yang kamu syukuri setiap hari. Bayangkan hasil terbaik untuk situasi, bahkan situasi yang sulit sekalipun.

Kamu mungkin tidak selalu dapat mengontrol peristiwa yang terjadi di sekitar, tetapi kamu akan selalu dapat memutuskan bagaimana menanggapinya. Tanggapan inilah yang menjadi penting bagimu untuk meningkatkan peluang memperkuat kekebalan tubuh.

4. Perangi virus dan naikkan kekebalan tubuh dengan tertawa

4. Perangi virus naikkan kekebalan tubuh tertawa
Popmama.com/Novy Agrina
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Bisakah tertawa benar-benar meningkatkan sistem kekebalan tubuh?

Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan itu bisa. Dalam sebuah penelitian terhadap laki-laki sehat, menonton film lucu meningkatkan aktivitas sel pembunuh virus alami. 

Sedangakan menonton film yang netral secara emosional tidak meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membangun hubungan konklusif antara tertawa dan peningkatan kekebalan. 

Jadi kami persilakan Mama sekalian untuk tertawa sebelum dilarang. Nah, coba deh memilih film series atau Drama Korea komedi, puaskan tawa dan tingkatkan imun kamu!

5. Olahraga menaikan tingkat imunitas

5. Olahraga menaikan tingkat imunitas
Freepik/yanalya

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk melindungi dari penyakit jantung, osteoporosis, dan bahkan jenis kanker tertentu. Olahraga juga merupakan penguat kekebalan. 

Untuk memperoleh manfaat maksimal, cobalah untuk cukup aktif secara fisik setidaknya selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu. 

Jalan kaki adalah salah satu cara paling sederhana untuk berolahraga. Jika kamu tidak bersemangat berjalan, cobalah yoga, berenang, zumba, dan bersepeda.

Oh iya, berkebun juga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

6. Kualitas tidur yang baik berpengaruh pada kekebalan tubuh yang lebih baik juga

6. Kualitas tidur baik berpengaruh kekebalan tubuh lebih baik juga
Freepik

Jadikan Tidur sebagai Prioritas. Beberapa penelitian mengkonfirmasi hubungan antara tidur dan sistem kekebalan yang sehat. Kebanyakan orang membutuhkan antara 7 hingga 9 jam untuk merasa cukup istirahat. 

Istirahat yang cukup meningkatkan fungsi sel darah putih, sehingga kamu cenderung tidak terkena penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, pilek, dan flu. 

Jagalah kualitas tidur yang baik untuk mengoptimalkan waktu. Itu berarti bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Hindari zat yang dapat mengganggu tidur, seperti kafein dan alkohol. 

Kamu bisa juga menyetel hawa ruangan tidurmu menjadi lebih sejuk untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tetapkan rutinitas malam yang menenangkan sebelum waktu tidur. Nikmati mandi air hangat, musik santai, atau secangkir teh untuk membantu dirimu tertidur lebih cepat.

7. Biasakan untuk mencuci tangan

7. Biasakan mencuci tangan
Popmama.com/Bima Bintoro
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Sering mencuci tangan adalah cara sederhana dan efektif untuk mencegah penyebaran infeksi saluran pernapasan seperti pilek, flu, corona virus, penyakit diare, dan kondisi infeksius lainnya. 

Beberapa kuman mudah ditularkan dari orang ke orang saat kita bersentuhan satu sama lain. Mudah untuk mentransfer kuman dari tangan ke hidung, mata, dan mulut, jika kamu menyentuhnya. 

Ini bisa membuatmu sakit. Cuci tanganlah dengan sabun di bawah air mengalir. Gosok bagian depan dan belakang tangan serta di sela-sela jari. 

Sabun antibakteri dan pembersih tangan dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap mikroorganisme. Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol saat kamu tidak menemukan sabun dan air.

Karena angka corona di negeri ini tidak kunjung turun dan kamu harus tetap hidup. Maka saran meningkatkan imun ini harus kamu terapkan di dalam kehidupan new normalmu dan keluargamu ya Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.