6 Cara Merawat Aglaonema yang Tepat agar Tumbuh Subur dan Indah

Tidak hanya disiram saja setiap harinya, ada hal lain yang perlu kamu perhatikan!

6 Agustus 2020

6 Cara Merawat Aglaonema Tepat agar Tumbuh Subur Indah
Instagram.com/fairyfolia

Aglaonema atau ratunya daun ini memang sedang banyak yang mencari. Pasal keindahan yang terpancar dari parasnya membuat Chinese Green, sebutan lain tumbuhan ini banyak dicari untuk dipelihara. 

Lantas bagaimanakah pemeliharaan aglaonema yang sebenar-benarnya?

Memerhatikan seorang Mama, tetangga sekitar rumah, rajin sekali menyirami tanaman aglaonema barunya tiap hari. 

Sayangnya yang terjadi hari ke hari, tanaman kesayangannya itu bukan tumbuh subur, malah daunnya terlihat menguning dan lama-kelamaan mati. 

Apa penyebabnya? 

Demi mengedukasi Mama di rumah yang ingin menanam tanaman bermotif batik indah rupawan ini, Popmama.com akan sajikan rangkuman enam langkah menanam aglaonema yang tepat agar tumbuh subur. Simak ya! 

1. Berikan perlindungan dari sinar matahari langsung

1. Berikan perlindungan dari sinar matahari langsung
Instagram.com/thewhitehoneyhome

Setelah memboyong satu pot berisi aglaonema, kamu harus menempatkannya pada lokasi yang tidak terkena matahari langsung agar tumbuh subur, indah, dan juga keindahan daunnya tetap terjaga. 

Mengapa demikian, karena habitat asli aglaonema yang berada di gunung, tumbuhan ini tumbuh subur di bawah rindang pohon yang besar yang teduh dengan udara sejuk. 

Jadi sejak "bayi" tanaman ini harus dijauhkan dari terkena sinar matahari langsung. 

Selain itu, agar tidak terkena lebatan air hujan saat deras, aglaonema bisa diberikan paranet atau semcam alat pelindung agar tidak langsung terguyur air saat hujan lebat begitupula tersengat matahari pukul 12 siang secara langsung. 

2. Menyiram dengan frekuensi yang benar

2. Menyiram frekuensi benar
Instagram.c/golkhane_yas

Aglaonema memang tanaman yang senang dengan kesejukan dan kelembaban. Tapi di rumahmu Ma, bukan berarti menyiramnya setiap hari membuatnya tumbuh subur. 

Bila tumbuhan bercorak batik ini berlebih air akan membuat akar dan batangnya busuk, akhirnya daun yang menjadi senjata keindahannya pun menguning dan layu. 

Begitu juga sebaliknya, bila aglaonema dibiarkan kering sekali maka tanaman ini akan mati. Bila media tanamnya kering maka suplai air dan nutrisinya terhenti ke jaringan, akibatnya layu lalu mati. 

Oleh karena itu baiknya siramhlah dalam jangka waktu 2-3 hari sekali untuk menjaga agar media tanam tetap basah agar suplai air dan nutrisi sang ratu daun tetap terjaga. 

Editors' Picks

3. Membersihkan gulma pada aglaonema

3. Membersihkan gulma aglaonema
unsplash/candychain

Adapun tumbuh tanaman lain yang merugikan atau gulma yang bisa saja subur pada media tanam yang sama dengan aglaonema kesayanganmu. 

Maka monitor gulma tersebut menjadi pilihan yang baik. Cabuti tanaman lain yang tumbuh maupun gulma agar suplai air dan nutrisi aglaonema-mu tidak berkurang dan tetap sehat. 

Ingat ya Ma, kamu harus mencabut gulma penggangu itu sampai ke akar akarnya agar tak tumbuh kembali. 

4. Memangkas daunnya yang sudah layu

4. Memangkas daun sudah layu
Instagram.com/fairyfolia

Sungguh tidak enak dipandang apabila tanaman aglaonemamu dipenuhi dedaunan yang layu dan menguning pada bagian batangnya. 

Pangkaslah dengan pisau yang tajam atau gunting khusus tanaman agar kembali terpancar keindahannya Ma. 

5. Mengelap daun aglaonema agar tetap terlihat indah

5. Mengelap daun aglaonema agar tetap terlihat indah
Instagram.com/rockinmarvin

Kamu harus mengelap bagian daun dari si "ratu daun" ini dengan spons halus agar warna dan coraknya tetap mengkilap dan sedap dipandang mata. 

Daun agalonema yang dibiarkan berdebu juga dapat mengundang penyakit lho Ma! Kamu pasti nggak mau tanaman eksotismi ini mati kan. 

6. Gemburkan tanah aglaonema agar tumbuh anak

6. Gemburkan tanah aglaonema agar tumbuh anak
Instagram.com/plantandonoape

Proses yang paling ditunggu dari segaka jenis makhluk hidup adalah kehamilan, begitupula bila kita bicara aglaonema. Melihat sang anak dari aglaonema tumbuh kecil disebekah induknya akan sangat membahagiakan. 

Karena, kamu akan melihatnya makin rimbun dalam pot, kamu bisa memindahkannya bila sudah cukup kehadiran akar si anak pada pot lainnya, atau juga bisa membaginya pada tetangga dan orang terdekatmu. 

Bila kamu menghendaki itu terjadi, maka gemburkanlah media tanammu. Jangan biarkan tanah yang menaungi aglaonemanu keras dan jenuh. Karena mustahil akan beranak bila tanahmu mengalami pengerasan. 

Untuk itu gemburkanlah tanahmu minimal satu bulan sekali. Atau kamu bisa menggantinya dengan media tanam yang baru bila memang tanah sudah mulai mengeras. 

Proses penggemburan yang kamu lakukan secara manual akan membuat proses penggantian media tanah menjadi lebih lama, bisa berjarak 1-2 tahun sekali. 

Nah, itulah cara ampuh merawat ratu daunnmu di rumah Ma! Kamu bisa mulai melakukan strategi perawatan yang baik dan benar mulai sekarang. 

Selamat berkebun Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.