Cuti Bersama Natalan 2021 Dihapus!

Pemerintah telah menyepakatinya sejak Juni 2021

27 Oktober 2021

Cuti Bersama Natalan 2021 Dihapus
Unsplash/Arun Kuchibhotla

Sebenarnya, peniadaan libur bersama atau cuti pada Hari Raya Natal 2021 ini sudah lama diresmikan. Jadi kamu tidak perlu kaget Ma! 

Dilansir dari IDN Times, kesepakatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 281 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 642 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020, Nomor 4 tahun 2020 Tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2021.

Karena peniadaan cuti bersama ini dimaksudkan untuk kebaikan bersama. Popmama.com akan beri tahu informasi tersebut untukmu dimanapun berada, simak ya. 

Editors' Picks

1. Hanya meniadakan satu hari saja

1. Ha meniadakan satu hari saja
Pexels/olya-kobruseva

Benar bahwa pemerintah telah menyepakati dan menetapkan perubahan cuti bersama 2021. 

Dilansir dari IDN Times, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan sesuai arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, maka cuti bersama di 2021 dipangkas satu hari lagi dari yang sebelumnya dua hari.

Pemerintah memutuskan untuk mengubah dua hari libur nasional dan meniadakan satu hari libur cuti bersama," kata Muhadjir dalam keterangan persnya via dari (18/6/2021) lalu. 

2. Salah satu yang ditiadakan adalah libur dalam rangka Hari Raya Natal 2021

2. Salah satu ditiadakan adalah libur dalam rangka Hari Raya Natal 2021
pixabay/Vladvictoria

Muhadjir menyebut bahwa terdapat tiga poin pada peniadaan libur Nasional.

Salah satunya adalah meniadakan cuti bersama pada perayaan Natal 24 Desember 2021 mendatang.

Untuk libur cuti bersama Natal pada 24 Desember ditiadakan," ucap Muhadjir.

Keputusan pemerintah ini diambil guna mencegah masyarakat bepergian dan pulang kampung saat Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, terdapat juga larangan untuk mengambil cuti dengan memanfaatkan momentum hari libur nasional bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal itu berdasarkan Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti Bagi ASN Selama Hari Libur Nasional Tahun 2021.

3. Wakil Ketua DPR mendukung langkah yang diambil Pemerintah mengenai peniadaan libur Natal 2021

3. Wakil Ketua DPR mendukung langkah diambil Pemerintah mengenai peniadaan libur Natal 2021
Dok. IDN Times

Sementara itu, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mendukung langkah Perintah untuk meniadakan cuti bersama libur Natal. 

Ia menilai penghapusan cuti bersama pada 24 Desember 2021 merupakan upaya tepat dalam melindungi masyarakat di tengah pandemik Covid-19 yang masih berlangsung. 

"Oleh karena itu kami mendukung langkah yang dilakukan oleh pemerintah. Tentunya langkah diambil untuk melindungi rakyat Indonesia," ujar Dasco kepada wartawan, Rabu (27/10/2021).

Secepatnya, Dasco ingin pemerintah segera mensosialisasikan penghapusan cuti bersama tersebut pada masyarakat. 

Dengan adanya kebijakan ini diharapkan Indonesia bisa lambat laun terbebas dari ancaman lonjakan kasus Covid-19 yang masih mengancam Negeri. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.