TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Hal yang Bisa Dipertimbankan Orangtua saat Memberikan Anak Tablet

Dengan penggunaan yang bijak dan pengawasan yang tepat, tablet sangat berguna buat anak lho Ma

18 Agustus 2022

5 Hal Bisa Dipertimbankan Orangtua saat Memberikan Anak Tablet
Dok. realme

Ma, ketika dunia teknologi telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir dan proses ini tampaknya tak mampu kita batasi. 

Kemunculan produk baru gadget hampir setiap quarter dimunculkan oleh produsen. Tak jarang sering orang bertanya-tanya adakah gunanya barang-barang tersebut? Ya tentu saja ada. Bila kamu jeli memilah maka tak ayal kamu yang diuntungkan dari banyaknya pilihan itu. 

Ada salah satu “mainan” teknologi, yang tak terbantahkan lagi diinginkan oleh anak-anak, ya Tablet!  Tablet hadir sebagai perangkat menarik yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990-an. Tablet hari ini adalah salah satu item daftar keinginan teratas bagi anak-anak, bahkan jika mereka memilikinya, mereka masih ingin meningkatkannya atau menambahkan aksesori bagus dan mendukung.
 
Menurut Pew Research Center, sekitar 58% remaja menggunakan tablet dan hampir 46% keluarga memiliki setidaknya 1 tablet di rumahnya.  Angka yang besar ini menunjukkan bahwa orang tua tidak keberatan membelikan gadget untuk anak-anak mereka. 

Riset lainnya dari Survei Nielsen mengungkapkan bahwa 70% keluarga dengan anak di bawah 12 tahun mengatakan bahwa anak-anak mereka menggunakan tablet, di mana 77% anak-anak bermain game, 57% mengejar tujuan pendidikan, 55% mendapatkan hiburan selama bepergian, di mana lebih sedikit anak yang menggunakan tablet untuk menonton TV atau berkomunikasi dengan orang lain. Dari fakta-fakta ini, kita dapat menyimpulkan bahwa orangtua cenderung membiarkan anak-anak mereka menggunakan tablet untuk tujuan yang berbeda.

Namun, mereka juga harus bisa menemukan efek positif pada tumbuh kembang anak melalui tablet.  Ada banyak alasan mengapa tablet baik untuk anak-anak, dan ini bukan hanya karena harus menjadi paham teknologi atau membuat mereka tetap terhibur.

Berikut ini Popmama.com mengulas keuntungan menggunakan tablet untuk anak-anak yang bisa menjadi pertimbangan Mama sebelum memberikan tablet pada anak. 

1. Untuk hiburan  

1. hiburan  
Dok. realme

Game, serial animasi, film, musik, buku, dan aplikasi dapat menghibur anak-anak tanpa bahaya atau bahkan menghibur ketika mereka sedang murung jika aktivitasnya tidak berlebihan. 

Semua tablet memiliki akses Internet, kesenangan menjadi tak terbatas. Anak-anak akan memiliki semua hiburan untuknya dalam satu gadget. 

Produsen kenamaan realme, pada Kamis (18/8) meluncurkan realme Pad mini yang bisa jadi pertimbangan untuk diberikan pada anak atau remaja mama. Selain melengkapi referensi tablet tanah air, kehadirannya cocok untuk berbagai hiburan yang dibutuhkan. 

Kamu tak perlu cemas kehabisan baterai, karena tablet yang berslogan Mighty in Mini ini memiliki kapasitas baterai besar, 6.400 MAH dengan teknologi quick charge 18 W sehingga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. 

Editors' Picks

2. Penunjang pendidikan 

2. Penunjang pendidikan 
Pexels/Julia M Cameron

Buku-buku pendidikan atau serial film memang membantu untuk belajar, tetapi sebagian besar hal-hal menghibur yang disebutkan di atas mencakup tujuan pendidikan. 

Bila kamu punya anak usia jelang remaja penting untuk memiliki akses ke e-book atau untuk dapat mengerjakan pekerjaan rumah di tablet atau membuat presentasi. 
 
Dengan keberadaan tablet seperti realme Pad mini mampu menangani semua kebutuhan dan tugas mereka, anak-anak akan merasa lebih percaya diri dan mampu menghargai serta mengatur waktu mereka sendiri.

Untuk menunjang pendidikan anak, tablet yang dilapisi alumunium ini juga memiliki resolusi layar yang terbilang baik. Adanya layar besar sekitar 8,7 inchi beresolusi 1340×800 Pixel membuat proses belajar jadi lebih menyenangkan Ma.

3. Tumbuh kembang

3. Tumbuh kembang
Dok. realme

Aspek tumbuh kembnag menjadi salah satu yang harus diperhatikan ketika hendak memboyong tablet untuk anak. 

Dengan banyaknya aplikasi dan permainan, anak akan belajar bagaimana menggunakan tangannya dalam mengatur sapuan jari mereka terhadap layar sentuh. Animasi atau film untuk anak-anak yang menampilkan hal-hal bergerak, membantu menyampaikan emosi yang mengungkapkan dunia apa adanya. 

Nah! Aspek ini juga didukung oleh tablet yang memiliki speaker stereo, dan bersertifikasi Dirac, sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih dan bening. Pengalaman anak besama tablet ini mampu memberikan pengajaran mendalam tentang emosi yang didapat melalui kejernihan suara. 

4. Meningkatkan bakat

4. Meningkatkan bakat

Berbagai teknologi diperkenalkan dan terus diterapkan di semua gadget, dan dalam kehidupan kita secara menyeluruh. Membiarkan anak-anak menggunakan tablet adalah solusi yang masuk akal untuk membuat si Anak tetap up-to-date dengan teknologi. Dengan tablet mereka belajar cara membuat pengaturan, mengubahnya, dan memodifikasi sesuai kebutuhan mereka.
 
Ini adalah langkah besar untuk kesuksesan masa depan dan adaptasi yang mudah di masyarakat pada saat ia dewasa nanti.  Karena gadget memang melengkapi kehidupan sosial kita, dan sangat penting bagi anak-anak untuk mengetahui cara menggunakan dan mengelolanya.

Bicara soal up-to-date, tenang prosesor Unisoc T616 yang disematkan di dalamnya sudah lebih dari cukup untuk keluwesan kinerja aplikasi yang dibutuhkan anak. Sehingga proses up-date pengetahuan dan teknologi bukanlah hambatan dalam penggunannya. 

5. Bisa menjadi media untuk bonding bersama

5. Bisa menjadi media bonding bersama
Freepik/gpointstudio

Tablet bisa jadi media orangtua dan anak-anak untuk melakukan aktivitas bersama. Aktivitas bonding yang bisa dilakukan seperti bermain game, belajar sesuatu bersama dan menonton serial melengkapi hubungan yang lebih baik dan hubungan yang lebih erat antara anak-anak dan anggota keluarga mereka yang lebih tua. Selain itu, tablet menjadi wadah bagi orangtua untuk mengikat hubungan personal dengan anak-anak mereka dan menghabiskan waktu bersama untuk mengalami beberapa momen yang menyenangkan dan positif.

Memang ada beberapa dampak yang didapatkan dari penggunaan tablet, tapi itu semua tergantung pada sikap terhadap penggunaan tablet, pendidikan anak, dan lain-lain. Jadi, biarkan perangkat kecil ini menghibur, mengajar, dan meningkatkan keterampilan teknologi anak-anak tercinta.

Nah Ma, setelah menyadari nilai yang ditawarkan tablet pada anak-anak dan orangtua, sulit untuk menolak keberadaan gadget ini bukan.  Memang banyak hal poaitif, tapi itu semua juga bergantung pada sikap kita terhadap penggunaan tablet, pendidikan anak, dan hal-hal positif lainnya. 

Saat memberikan gadget untuk anak terutama yang masih usianya di bawah 10 tahun bahkan lebih kecil, sebaiknya Mama memberikan pemantauan dari setiap kegiatan digital yang dilakukan anak-anak. Jika anak masih balita, misalnya berikan waktu maksimal 30 menit dalam sehari, untuk anak usia 6 tahun maksimal 2 jam per hari. Dengan cara ini, menggunakan gadget jadi bisa dimaksimalkan untuk aktivitas online yang lebih berguna. 

So, get the tablet one in your room!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk