9 Kebiasaan yang Harus Kamu Lakukan agar Terhindar dari Covid-19

Salah satunya cuci tangan sebelum mengupil!

15 Januari 2021

9 Kebiasaan Harus Kamu Lakukan agar Terhindar dari Covid-19

Berita mengenai virus corona terus berkembang. Hari ini Jumat (15/1/2021), tercatat pasien terinfeksi mengalami peningkatan yaitu 12.818.

Bisa dikatakan, orang yang sudah terkonfirmasi positif menjadi 882.418, sembuh 718.696, dan meninggal 25.484. Melihat kasus ini, apakah masih ada yang tidak percaya dengan virus corona?

Sekarang sudah lebih banyak lagi perkembangan larangan atau aturan terkait 'gagah' nya Covid-19. Mengutip dari BestLife online, Popmama.com akan ungkap ringkasan hal yang sebaiknya kamu hindari agar terhindar dari kegagahan virus corona. Simak ya!

1. Mendisinfeksi ponsel dan knob pintu

1. Mendisinfeksi ponsel knob pintu
Pixabay/Free-Photos

Ketika di rumah untuk work from home (WFH), ini jelas memungkinkanmu untuk menghabiskan lebih banyak waktu daripada sebelumnya di rumah. Ini artinya menjaga tempat tinggalmu dalam kondisi bersih adalah tambahan yang harus kamu check ya, Ma. 
 
Kamu sering melupakannya, karena sebelum pandemi kamu sangat jarang untuk melakukan hal ini, yakni mendisinfeksi secara teratur barang yang sering disentuh seperti knob pintu dan alat elektronika seperti handphone.  

Mengapa demikian? Tidak mungkin kamu hanya didalam dan tak keluar rumah sama sekali bukan, membawa handphone tentunya dan juga membuka pintu, pasti dong? Oleh karenanya mendisinfeksi barang-barang ini wajib hukumnya secara teratur. 

Termasuk juga hal-hal yang lebih tidak terduga seperti remote TV, gagang pintu kulkas, dan tentunya bagian setang pada motor atau sepedamu bila kamu selalu mengendarainya ke ruang publik. 

2. Buang tisumu segera setelah digunakan

2. Buang tisumu segera setelah digunakan
Unsplash/Brittany Colette

Terlihat mungkin simpel Ma, namun banyak dari kita mengalami sindrom "lupa membuang tisu" ke dalam tempat sampah ketika habis bersin, batuk, atau mengeluarkan ingus. 

Maka sekarang segeralah untuk membuang tisumu usai semua hal itu.  Ini sederhana, tetapi sangat bermanfaat. Tindakan ini mencegah kuman pribadi milikmu menyebar ke orang lain di sekitarmu. 

Dengan rutin membuangnya, juga memastikan bahwa hidungmu tak lagi memasukkan kuman yang sebenarnya sudah kamu keluarkan. 

3. Istirahat yang cukup

3. Istirahat cukup
Pexels/cottonbro

Jika kamu seringkali merasa sangat cemas saat pandemi, mungkin kamu tidak menyadari bahwa kamu kurang tidur.

Dokter Sara Gottfried, MD mencanangkan praktik tidur yang sehat sekitar tujuh hingga delapan setengah jam untuk orang dewasa.

Gunakan fungsi pengatur alarm tidur dan bangun di ponselmu sebagai pengatur waltu tidur yang benar.

Editors' Picks

4. Minum suplemen dan multivitamin secara rutin

4. Minum suplemen multivitamin secara rutin
Unsplash/Elsa Olofsson

Suplemen dan multivitamin memang bukanlah pil ajaib. Namun para ahli percaya bahwa itu bisa bermanfaat, terutama pada saat kamu membutuhkan peningkatan kekebalan tubuh. "Pertimbangkan suplemen seperti vitamin C dan D," saran dari Dokter Gottfried

5. Menjaga kesehatan usus

5. Menjaga kesehatan usus
sixsistersstuff.com

Bila kesehatan ususmu terganggu, itu dapat memengaruhi segalanya pada tubuhmu. "Ketika mikroba dalam tubuhmu seimbang, misalnya saat mikrobioma mu berada dalam kondisi seimbang (homeostasis). Kamu mungkin akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk sakit," kata Gottfried. 

Untuk membantu meningkatkan kesehatan usus, kamu bisa menggunakan produk minuman prebiotik, jus buah Apel atau yoghurt. 

6. Sebisa mungkin hindari gorengan

6. Sebisa mungkin hindari gorengan
Freepik

Memang memakan satu kentang goreng tidak akan membahayakan seluruh sistem kekebalanmu, tetapi Joel Fuhrman, MD, penulis Eat for Life, memperingatkan bahwa ada masalah lebih besar yang mengintaimu ketika melahap junk food.

"Nutrisi makanan cepat saji dan konsumsi tinggi kalori menciptakan pasukan kekebalan tubuh yang terganggu, bahkan kamu hampir seperti memiliki sistem kekebalan orang berusia 95 tahun," katanya.
 
Jadi untuk pandemi seperti sekarang ini baiknya hindari makanan cepat saji meskipun harganya lebih murah dan lebih mudah untuk langsung disantap. 

7. Cuci tangan sebelum mengupil

7. Cuci tangan sebelum mengupil
Freepik/cookie_studio

Inilah hal fenomenal dalam hidup yang kini sebaiknya diperhatikan. Ada yang hobi mengupil disini?

Mengupil merupakan kebiasaan yang perlu kamu kurangi sekarang. Karena, itu sangat mungkin menjadi pintu masuk virus corona yang menempel pada sela jari dan kuku-kukumu, akhirnya masuk ke tubuh. 

Selain itu kulit hidung bagian dalam lebih lembut daripada kulit bagian luarnya. Artinya, area tubuh itu lebih mudah untuk terluka. Saat terluka inilah lalu kamu memasukkan jari ke hidung, virus-virus mikroskopik berbahaya bisa saja langsung masuk ke aliran darah dengan mudah. 

Jika kamu ingin mengupil, hendaknya kamu mencuci tangan dengan sabun dan air terlebih dahulu agar kebersihannya terjaga.

8. Jangan menyentuh wajah

8. Jangan menyentuh wajah
Pixabay/PublicDomainPictures

Tentunya kamu juga pernah mendengar peringatan keselamatan ini  kan Ma, yang jelas perlu diingatkan olehmu adalah."Saat jari menyentuh wajah, kamu bisa terkontaminasi dan langsung menyebabkan penyebaran infeksi virus," jelas Zeichner, pakar Dermatologis.
 
Jadi hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung dengan jari yang kotor ya Ma. Secara teori? mngkin terdengar cukup mudah, tetapi praktiknya jauh lebih sulit daripada yang kamu pikirkan. 

Jika kamu sering terus-menerus menyentuh wajah untuk menyesuaikan tatanan rambut, tarik rambutmu dengan ikat ke belakang untuk saat ini. 

Dan jika kamu pengguna lensa kontak, pastikan untuk membersihkan tangan terlebih dahulu secara menyeluruh sebelum menyentuh mata.

9. Jangan lupa buat Jaga jarak, mencuci tangan, dan pakai masker

9. Jangan lupa buat Jaga jarak, mencuci tangan, pakai masker
pixabay/slavoljubovski

Sejak pertama kali kami mendengar tentang Covid-19, kamu dihimbau keras untuk menjaga cuci tangan dan sampai saat ini, itu tetap menjadi saran yang penting. Ingat durasi terbaiknya selama kurang lebih 20 detik ya Ma. 

Sekali lagi, kamu juga mungkin sudah melakukannya, tetapi kamu harus jangan sampai lengah karena kita berbicara tentang tindakan pencegahan keamanan untuk mencegah virus corona. Tentu saja hal ini tak bisa dilepaskan dari pentingnya menjaga jarak sosial dan menggunakan masker.
 
Ini sangat baik kamu untuk tetap terhindar dari semburan aerosol yanh berasal dari napas lawan cengkramamu selama pandemi lho Ma.

Inilah yang selalu diingatkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), yakni menjaga jarak enam kaki dari orang lain. Menjaga jarak dari teman dan juga orang yang kamu cintai.

Mungkin yang disebutkan terakhir menjadi salah satu hal tersulit bagi banyak dari kita, tetapi itu juga salah satu cara termudah untuk tetap sehat. Namun bila kamu bisa memastikan kesehatan orang yang kamu sayang, tak ada masalah sebenenarnya selama itu bisa. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.