Manfaat Pilates untuk Kesehatan Tubuh, Cocok Buat Olahraga di Rumah!

Yuk, coba latihan Pilates yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh!

29 Juli 2021

Manfaat Pilates Kesehatan Tubuh, Cocok Buat Olahraga Rumah
Freepik/senivpetro
Dok. Jovee (Jangan digunakan kembali)

Sebagaimana diketahui oleh semua orang, olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, dengan berolahraga akan meningkatkan metabolisme sehingga keseimbangan dapat terjaga. 

Namun sering kali olahraga terabaikan akibat kesibukan. Kamu bisa mencoba, Pilates! 

Pilates adalah jenis olahraga ringan yang dapat kamu lakukan tanpa menyita banyak waktu, Ma. Olahraga ringan yang rutin dilakukan dapat berdampak positif terhadap tubuh lho. 

Apalagi di masa pandemi seperti ini, dimana kamu nggak bisa keluar untuk ke gym. Olahraga ringan akan menjaga kebugaran serta meningkatkan konsentrasimu. 

Bahkan menurut beberapa sumber Pilates sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan mental Ma, sehingga kamu dapat melakukan latihan ini ketika mengalami stres.

Pilates juga sangat cocok untuk yang tidak menyukai jenis olahraga berat, karena pilates merupakan perpaduan antara yoga dan senam ringan.

Oke Popmama.com akan kasih tahu kamu tentang latihan Pilates dan berbagai manfaatnya yang ditinjau oleh dr. Irma Lidia dari Tim Jovee, simak terus artikel kami ya!

1. Apa itu Pilates?

1. Apa itu Pilates
Freepik/Racool_studio

Senam pilates adalah metode olahraga yang terfokus pada kelenturan serta fleksibilitas tubuh, pilates sendiri dikembangkan oleh Joseph Hubert. 

Meski sekilas mirip dengan gerakan yoga, latihan pilates memiliki perbedaan dengan yoga. Perbedaan tersebut terletak pada tujuannya. 

Pilates berfokus kepada kontrol tubuh serta fleksibilitas tubuh, sedangkan latihan yoga berfokus pada daya tahan dan spiritual dari tubuh.

Pilates dapat digunakan sebagai gerakan awal atau pemanasan sebelum kamu masuk ke yoga. Karena inilah yang membedakan antara pilates dengan yoga. 

Bila kedua latihan ini dilakukan secara rutin dengan baik maka kamu dapat meningkatkan kesehatan jiwa dan juga tubuh.

2. Mampu melatih kekuatan tubuh

2. Mampu melatih kekuatan tubuh
Unsplash/Sonnie Hiles

Pilates adalah latihan yang tepat untuk kamu yang ingin meningkatkan kekuatan tubuh serta menambah massa otot. 

Mengapa demikian? Karena sejatinya latihan ini akan membentuk kekuatan otot serta kekuatan tubuh melalui gerakan-gerakannya.

Editors' Picks

3. Menjaga kebugaran tubuh

3. Menjaga kebugaran tubuh
Unsplash/Amauri Mejía

Stres dapat menyebabkan tubuh menjadi lesu dan kurang bergairah, sehingga kamu perlu melakukan gerakan latihan untuk meningkatkan kebugaran. 

Latihan Pilates sangat berguna untuk meningkatkan kebugaran tubuh sebab terfokus terhadap otot-otot. Latihan ini biasanya digunakan untuk melatih kekuatan inti tubuh sehingga dapat membuat tubuh lebih segar ketika bangun tidur.

4. Meningkatkan kualitas seks

4. Meningkatkan kualitas seks
Unsplash/Dane Wetton

Nampaknya Ini manfaat yang kamu tunggu-tunggu Ma. Ya seks! Kamu nggak lagi salah mendengarnya. 

Latihan ini sedikit banyak mengambil beberapa gerakan serupa dengan senam kegel. 

Itu artinya kegel adalah latihan yang dilakukan untuk menguatkan otot panggul sehingga dapat berpengaruh terhadap kualitas seks yang lebih baik. 

Kekuatan otot panggul yang bertambah dapat memberikan orgasme yang lebih kuat.

Selain itu, menggunakan latihan pilates pada perempuan juga dapat mempermudah jalan lahir dalam proses persalinan. 

Oh iya, kamu juga bisa latihan Pilates sama Papa ya Ma. Karena laihan ini memang dapat dilakukan baik untuk laki-laki maupun untuk perempuan.

5. Meninggikan konsentrasi

5. Meninggikan konsentrasi
Freepik/our-team
Dok. Jovee (Jangan digunakan kembali)

Senam pilates sangat baik dalam meningkatkan konsentrasi karena latihan ini sifatnya berpusat pada pikiran serta keharmonisan tubuh dan jiwa. 

Bahkan di salah satu gerakannya ada yang terpusat pada pengaturan pernapasan. Pernapasan yang teratur dan dilakukan dengan benar dapat meningkatkan keharmonisan tubuh serta pikiran sehingga membuat pikiran lebih fokus. 

Peningkatan fokus dapat membuat seseorang lebih mudah untuk berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan apapun.

6. Membentuk postur tubuh

6. Membentuk postur tubuh
Freepik/senivpetro

Kamu lagi Work From Home (WFH), hati-hati! Karena duduk dengan posisi yang tidak tegak dalam kurun waktu lama dapat merubah postur tulang belakang sehingga postur tubuh berubah. 

Kamu bisa lakukan Pilates, karena latihan ini dapat membantu memperbaiki postur tubuh dengan salah satu gerakannya yang berpusat untuk melatih otot-otot di sekitar pinggul, punggung, bagian bawah serta panggul. 

Karena ketika kamu menjaga postur tubuh yang baik, maka kamu dapat meningkatkan rasa percaya diri ya Ma. 

"Pilates termasuk ke dalam latihan yang dapat melatih untuk kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan. Latihan ini biasanya direkomendasikan untuk dilakukan 3 kali seminggu, diluar latihan atau olahraga yang bersifat aerobik intensitas sedang 150 menit per minggu, yang dibagi dalam beberapa hari minimal 3 kali seminggu dengan tidak lebih dari 2 hari berturut-turut tanpa aktivitas.” jelas tim dokter Jovee, dr. Irma Lidia 

Tuh kan cukup banyak yang bisa kamu peroleh dari latihan Pilates ini. Yuk, Ma mulai untuk mencobanya. Jangan lupa untuk berkonsultasi pada ahli Pilates sebelum melakukan olahraga ini sendirian ya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.