Penelitian Mengatakan Rutin Minum Kopi Bisa Cegah Infeksi Virus Corona

Wah kabar bahagia bagi kamu yang ngopi banget nih!

28 September 2021

Penelitian Mengatakan Rutin Minum Kopi Bisa Cegah Infeksi Virus Corona
Pexels/mentatdgt

Kebiasaan ngopi atau dalam bahasa pergaulan kerap di sebut ngupi, memang erat ditelinga kita semua. 

Terlebih semenjak menjamurnya kedai kopi dengan berbagai nama berkata belakang "hati", yang nyatanya cukup menjadi ikon pada sebuah tempat ngopi kekinian. 

Nah, Ma ada hal perlu kamu tahu tentang minum kopi di masa pandemi. Salah satu penelitian mengatakan bahwasanya mengonsumsi kopi dapat mencegah infeksi virus corona, wah! Kok bisa? 

Tentunya Popmama.com sudah rangkum beritanya untuk kamu baca jadi disimak ya Ma.

Editors' Picks

1. Disampaikan oleh Guru Besar UGM

1. Disampaikan oleh Guru Besar UGM
Pexels/Anderson Miranda

Dilansir dari IDN Times, Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Anggrahini, menyampaikan pidato ilmiah bahwa kopi tidak hanya sekadar minuman.

Kopi banyak mengandung senyawa antioksidan sehingga memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh.

Di berbagai penelitian di luar negeri, menurut Sri, kopi bahkan berhssil menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai mampu mencegah paparan Covid-19, karena meningkatkan imunitas tubuh usai mengonsumsinya.

"Hal itu mendukung banyak penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa kopi bisa meningkatkan kekebalan tubuh, karena adanya kandungan polifenol dan fenolik yang memiliki sifat antioksidan," ujarnya dikutip dari laman ugm.ac.id, Selasa (21/9/2021).

2. Jangan konsumsi kopi saat perut kosong

2. Jangan konsumsi kopi saat perut kosong
Pexels/chait-goli

Meski mampu meningkatkan kekebalan tubuh, Sri tetap menganjurkan mengenai keamanan dalam mengonsumsinya. 

Sebaiknya tidak mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong, karena ternyata kadar gula dalam darah justru meningkat ketika itu dilakukan. 

“Minum kopi saat perut kosong bisa memungkinkan naiknya kadar gula darah, asam lambung naik, dan risiko kena sakit maag,” jelasnya.

3. Kopi bisa digunakan untuk mendeteksi seseorang terkena covid-19

3. Kopi bisa digunakan mendeteksi seseorang terkena covid-19
Pexels/Pixabay

Mengenai khasiat kopi ini, menurut Sri, perlu juga untuk ditindaklanjuti, sebab bisa mendorong masyarakat gemar mengonsumsi kopi, serta mengetahui batas aman mengonsumsi kopi sesuai anjuran.

Tidak hanya itu Ma, kopi juga bisa digunakan untuk mendeteksi seseorang terpapar atau atau tidak Covid-19 lho! 

“Umumnya penderita Covid-19 kan mengalami gejala hilangnya indera penciuman atau anosmia. Kopi bisa digunakan untuk mendeteksi gejala tersebut, karena memiliki rasa dan aroma yang kuat,” pungkas Sri.

Demikianlah informasi mengenai penelian yang menyebutkan kopi bisa mendeteksi virus corona. Namun, jangan lantas terus meminum kopi tanpa takaran yang tepat karena ini juga nggak baik buat kesehatan ya. 

Dilansir dari NDTV Food, seorang ahli gizi  bernama Mehar Rajput menyebutkan bahwa idealnya takaran minumkopi bagi orang sehat dan tidak sensitif terhadap kafein adalah dua sampai tiga cangkir sehari, atau maksimal empat cangkir ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.