Perhatikan 6 Hal Ini Jika Kamu Ingin Aktif Jadi Vlogger Ma!

Biar nggak asal bikin konten

11 Oktober 2021

Perhatikan 6 Hal Ini Jika Kamu Ingin Aktif Jadi Vlogger Ma
Unsplash/Nate Johnston

Menjadi Vlogger atau apapun jenis Content Creator, memanglah sebuah impian. Apalagi dewasa ini nampaknya hal itu menjadi pekerjaan yang diminati hampir semua orang. 

Tersebab kecepatan dunia digital, profesi yang sering dikaitkan dengan 'iseng-iseng' ini, nyatanya menyita banyak atensi lho Ma. 

Satu sisi kamu melihat pekerjaan tersebut sangatlah menyenangkan, karena kamu bisa tampil di depan banyak orang dengan mengedepankan sisi narsisme sembari menyajikan konten yang kamu sukai. 

Oke semenyenangkan itu ya Ma! Nah, kalau kamu ingin mencobanya kamu mesti banget perhatikan hal apa saja yang harusnya kamu ketahui sebelum ngevlog.

Karena dunia konten tidak semudah yang kamu lihat ketika produk sudah jadi dan tayang. Dibaliknya butuh effort lebih yang tentunya kamu belum pernah melakukannya bila kali ini kamu baru ingin mencobanya. 

Popmama.com akan bahas hal-hal yang harus kamu ketahui ketika kamu ingin menjadi seorang vlogger atuapun youtuber, simak ya! 

1. Kamera compact jadi benda wajib buat kamu

1. Kamera compact jadi benda wajib buat kamu
Unsplash/Redd

Karena kamu nggak akan shoting sebuah iklan di studio atau juga sebuah set film layar lebar, kamu butuh kamera yang didesain compact

Ya alat ini adalah yang utama untuk nge-vlog dan wajib dimiliki. Jelas karena kamu bakal terlihat serius tapi spontan dalam pengerjaannya, kriteria kamera yang dibutuhkan tentu harus yang mudah digunakan dan praktis dibawa ke mana saja. 

Tidak mesti kamera DSLR mahal, sebagai pemula kamu bisa gunakan kamera mirrorless, action cam, atau bahkan kamera smartphone lho! 

Namun, jika anggaran sudah seperti seorang profesional, kamu bisa saja mempertimbangkan kamera dengan spesifikasi yang lengkap sehingga pengambilan gambarmu akan lebih berkualitas. 
 
Nah dalam mempertimbangkan pemilihan kamera baiknya kamu bisa melihat wajah sendiri pada saat nge-vlog dengan kamera maupun smartphone itu. 

Jadi kalau kamu memilih memakai kamera, pilihlah kamera dengan layar sentuh yang bisa diputar 180 derajat untuk diarahkan ke depan/ke wajahmu ya, supaya mudah saat melalukan perekaman.  

Selain layar yang dapat diputar 180 derajat, hal penting lain dalam  melakukanmenghasilkan vlogging adalah suara. 

Piilihlah kamera/smartphone yang memiliki jack untuk menggunakan microfon tambahan atau wireles microphone, sehingga kebisingan suara di sekitar dapat diredam atau diminimalisir, suara sekitar seringkali sangat mengganggu lho Ma. 

2. Extended microphone

2. Extended microphone
Unsplash/Zach Ramelan

Setelah menemukan kamera atau smartphone yang tepat untuk membuat vlog yang jernih dan cemerlang, selanjutnya kamu perlu mempertimbangkan penggunaan tambahan mikrofon atau extended microphone Ma. 

Karena gambar berkualitas tajam tidak lantas menjadi jaminan penonton akan nyaman menontonnya. Tapi kalau gambar baik dan audionya dapat terdengar dengan jelas, sudah pasti penonton akan lebih suka menyaksikannya. 

Sebetulnya microphone yang sudah built in di dalam kamera/smartphone bisa saja dipakai, namun hasil audionya sering kali kurang memuaskan karena kurang bisa meredam suara sekitar yang tidak perlu. Apalagi kalau kamu buat konten di outdoor kamu jelas butuh mikrofon tambahan agar suara lebih ciamik terdengarnya ya Ma. 

Editors' Picks

3. Lighting menjadi penting ketika kamu membutuhkannya

3. Lighting menjadi penting ketika kamu membutuhkannya
Unsplash/NeONBRAND

Selanjutnya adalah pencahayaan. Kamu bisa saja menggunakan available light atau cahaya alami. Itubasalnya dari Matahari, sumber penyinarannya bisa dari depan, belakang, kiri maupun kanan. 

Terkadang kamu membutuhkan extended light Ma. Karena tidak semua pencahayaan alami itu enak dilihat, tergantung pada konsep. 

Oke, alat untuk nge-vlog yang satu ini wajib juga nih kamu punya. Ya lighting, alat ini berfungsi menghasilkan kualitas video yang terang-benderang.  

Sepertinya sih nggak butuh ya Ma, eits tapi tunggu dulu! Perangkat lighting ini bisa sangat dibutuhkan, terutama jika kamu membuat vlog di malam hari atau dalam ruang dengan cahaya minim Ma.

Kamu bisa memilih lighting yang dapat diatur kadar terangnya atau dimmer, sebab dapat menghasilkan gambar yang lebih smooth dibandingkan lighting lainnya yang cenderung keras.

Ada juga jenis lighting ring light yang sering dijumpai pada vlogger pendemo fasilitas perawatan wajah, tutorial makeup, mukbang, dan lain sebagainya.
 
Penting kan lampu? Dengan begitu, vlog yang kamu buat pun lebih cerah dan menarik untuk ditonton. 

4. Tripod agar kamu lebih leluasa bergerak dalam bingkai diam

4. Tripod agar kamu lebih leluasa bergerak dalam bingkai diam
Unsplash/AQVIEWS

Holder atau tripod terkadang diperlukan sebagai penyangga kamera saat digunakan untuk merekam video berdialog yang mengaharuskan kamera diam tanpa ada pergerakan. 

Alat ini amat membantu kamu dalam mengeksplor gerakanmu saat posisi kamera merekam pada satu sisi sudut secara diam. 

Selain itu fungsi tripod juga membuat tanganmu menggenggam kamera jauh lebih nyaman daripada kamu memegang langsung kamera dalam waktu lama yang lama. 

5. Gunakan gimbal stabilisasi agar hasil rekam lebih lembut saat membuat video bergerak

5. Gunakan gimbal stabilisasi agar hasil rekam lebih lembut saat membuat video bergerak
Unsplash/nitin pariyar

Pernah nggak sih menonton tayangan vlog dengan gambar yang ‘shaking’ atau banyak guncangan? Pasti kamu tidak nyaman. 

Untuk mengakalinya kamu bisa membeli gimbal tambahan ke dalam daftar bawaan nge-vlogmu Ma. 

Alat ini berfungsi apabila kamu merekam sambil bergerak, berjalan atau kadang berlari kecil. Akan mendapatkan hasil sangat baik tentunya bila kamu memiliki gimbal stabilizer ini Ma. 

Terlebih bila kamera yang digunakan untuk nge-vlog tidak memiliki 5-axis stabilitation, maka gimbal stabilizer wajib dipakai untuk meredam dan meminimalisier guncangan selama proses perekaman gambar. 

Perhatikan 6 Hal Ini Jika Kamu Ingin Aktif Jadi Vlogger Ma
Dok. Erajaya

Prdousen gimbal global serta drone sipil DJI, beberapa waktu lalu baru saja meluncurkan produk anyarnya. 

Erajaya, bersama dengan DJI, sebagai pemimpin global di bidang drone sipil dan teknologi kamera kreatif, meluncurkan DJI OM 5. 

Gimbal terbaru DJI ini diklaim dapat membantu pengguna dalam membuat perekaman gambar secara lebih mudah dengan hasil yang lebih  berkualitas, hanya dengan menggunakan kamera smartphone saja Ma. 

DJI OM 5 ini merupakan versi terbaru dari seri Osmo Mobile. Terdapat peningkatan fitur terbaru yakni phone clamp dan built-in extension rod, yang diklaim oleh produsen mampu menjadikan DJI OM 5 ini terasa lebih ringkas dibawa, lebih kecil dan lebih ringan dari seri sebelumnya. 

Tidak hanya itu, ada pula fitur DJI 3-axis stabilization technology, fitur ShotGuides dan fitur ActiveTrack 4.0 terbaru.

6. Laptop untuk editing

6. Laptop editing
Unsplash/Nathan Dumlao

Tentu saja kalau kamu vlogger, kamu membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan editing vlog-mu kan. 

Kenapa laptop bukan PC? Karena laptop akan memudahkanmu untuk mengerjakan editingmu di lokasi yang tentunya juga bervariatif dan bisa menjadi mood boostermu dalam berkarya. 

Untuk hal tersebut kamu dapat mempertimbangkan pembelian laptop sesuai dengan budget yang dimiliki. Setidaknya kamu akan membutuhkan laptop dengan otak berkapasitas quad-core serta dilengkapi memori untuk bekerja minimal RAM 4GB untuk mempermudah proses editing dikemudian hari. 

Itulah Ma keenam barang yang perlu kamu perhatikan saat baru mau memulai vlog, terutama bagi vlogger pemula ya Ma. 

Ohiya, pastikan kamu sudah mengecek kualitas dari masing-masing produk yang akan kamu boyong, agar alat untuk nge-vlog tersebut bisa tahan lama dan dapat digunakan dalam proyek jangka panjang Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk