10 Rumah Aman, Aplikasi Pemerintah untuk Tangkal Corona

Yuk, di download aplikasinya Ma

1 April 2020

10 Rumah Aman, Aplikasi Pemerintah Tangkal Corona
Popmama.com/Bima Bintoro
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Perang masih berlangsung, penyakit Covid-19 sampai data terakhir 1 April 2020 Pukul 15.53 WIB, positif 1.677, sembuh 103, dan meninggal 157.

Lantas selain kita diminta untuk menggalakan kebersihan diri, melakukan physical distancing, dan merumahkan diri untuk sementara, pemerintah kini merilis senjata barunya guna memerangi Corona. Apa itu?

Pemerintah kini menghadirkan aplikasi digital sebagai salah satu cara mengendalikan dan meminimalkan risiko seseorang terdampak paparan virus corona.

Aplikasi ini bernama 10 Rumah Aman. Seperti apa Ma aplikasinya?

Berikut ulasan selengkapnya di Popmama.com yang dilansir dari IDN Times!

1. Hasil kerja sama KSP dan Kominfo

1. Hasil kerja sama KSP Kominfo
Pexel/Gustavo Fring

Melalui kerja sama antara Kantor Staf Presiden (KSP) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kementerian Kominfo), pemerintah barus saja mengeluarkan aplikasi 10 Rumah Aman sebagai upaya penangkalan virus Corona.

Aplikasi ini diklaim dapat memutus penyebaran virus corona melalui berbagai fitur di dalamnya.

2. Pemeriksaan suhu tubuh mandiri

2. Pemeriksaan suhu tubuh mandiri
Freepik/Jcomp

Melalui aplikasi ini masyarakat bisa melakukan pengukuran terhadap termometer sendiri, lalu pengguna nantinya mengunggah hasilnya ke aplikasi tersebut guna membentuk peta penyebaran virus di Indonesia.

Moeldoko selaku Kepala KSP menyampaikan bahwa aplikasi 10 Rumah Aman, memungkinkan masyarakat melakukan pemeriksaan tubuh secara mandiri dan berkala.

Dengan demikian, pemerintah dan masyarakat dapat sama-sama memantau serta menghindari wilayah dengan potensi penyebaran virus.

3. Perlu kerja sama seluruh masyarakat

3. Perlu kerja sama seluruh masyarakat
Pexel/Tirachard Kumtanom

Aplikasi ini tentu saja memerlukan kerja sama seluruh pihak guna memperoleh hasil yang maksimal.

Pengguna diharapkan untuk dapat jujur dalam memasukkan data dengan sebenar-benarnya pada aplikasi. 

Pasalnya, masih ada kemungkinan seseorang dengan sengaja memalsukan kondisi suhu tubuhnya sehingga peta penyebaran pun tidak dapat tergambar dengan akurat.

4. Batasan suhu

4. Batasan suhu
Freepik.com

Sebagaimana yang telah diketahu dunia, salah satu gejala seseorang sudah terkena penyakit Covid-19 adalah melalui pemeriksaan suhu.

Bilamana suhu seseorang telah mencapai 37,5 derajat celsius ke atas, maka perlu adanya kewaspadaan.

Editors' Picks

5. Memeriksa kesehatan tubuh secara online

5. Memeriksa kesehatan tubuh secara online
Popmama.com/Bima Bintoro

Selain memiliki fitur mengupdate suhu tubuh, aplikasi 10 Rumah Aman ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan lain.

Mama bisa terbantu juga dengan adanya pemeriksaan menggunkan kecerdasan buatan (AI), pengguna dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara online berbasis AI yang diintegrasikan dengan Prixa.

6. Bisa memberikan konsultasi juga solusi

6. Bisa memberikan konsultasi juga solusi
Popmama.com/Bima Bintoro

Prixa memungkinkan Mama untuk berkonsultasi mengenai kondisi kesehatannya saat ini. Kamu dapat menyampaikan keluhan apa saja yang dirasakan berikut informasi tambahan lain.

Nantinya sistem akan mendeteksi dan memberi diagnosis berikut menginformasikan perawatan atau tindakan seperti apa yang harus dilakukan.

7. Informasi lain yang berguna, seputar Covid-19

7. Informasi lain berguna, seputar Covid-19
Popmama.com/Bima Bintoro

10 Rumah Aman juga dilengkapi dengan berbagai informasi pendukung lainnya, seperti daftar rumah sakit rujukan, kontak hotline atau nomor darurat COVID-19, serta link WhatsApp khusus update tentang COVID-19.

8. Beragam tips pendukung

8. Beragam tips pendukung
Popmama.com/Bima Bintoro

Terdapat beragam tips yang tersedia di aplikasi ini, seperti hal apa saja yang dapat dilakukan selama physicaldistancing, cara meminimalkan risiko terkena paparan virus Corona, dan masih banyak lagi.

9. Diunduh secara gratis

9. Diunduh secara gratis
Popmama.com/Bima Bintoro
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Aplikasi ini telah resmi dirilis dan dapat diunduh secara gratis. Hanya saja, saat ini baru tersedia di platform Google Play Store saja. 

10. Menjaga situasi tetap kondusif

10. Menjaga situasi tetap kondusif
Pexel/Anastasiya Lobanovskaya

Selain itu, keberadaan 10 Rumah Aman juga diharapkan mampu menekan hoaks terkait pandemi penkait Covid-19 maupun virus Corona yang masih saja banyak berkembang.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate juga menegaskan bahwa melalui narasi tunggal via aplikasi ini, kebingungan dalam masyarakat dapat dihindari sehingga situasi dapat tetap kondusif.

Bagaimanapun, seperti yang disampaikan sebelumnya, efektivitas aplikasi 10 Rumah Aman dapat terwujud bila seluruh pihak bekerja sama dengan baik.

Nah Ma, inilah langkah pemerintah yang baru saja diluncurkan untuk menangkal Corona semakin menyebar.

Kita sama-sama mendukung yuk, dengan men-download dan mengisi data-data secara jujur agar peta persebaran semakin jelas. 

Mari kita perangi Corona bersama-sama Ma! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.