Surat Edaran LIPI: Temukan Sampel Covid Varian Delta India di Karawang

Sudah sampai Jawa Barat kabarnya Ma

21 Juni 2021

Surat Edaran LIPI Temukan Sampel Covid Varian Delta India Karawang
Pexels/cottonbro

Beredar adanya surat edaran dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengenai penemuan sampel baru varian Covid-19.

Hal tersebut, memicu tanda tanya mengenai kebenaran kabar tersebut. 

Memang apa saja yang ditemukan LIPI dan apa isi surat edaran tersebut, Popmama.com akan ulas informasinya untukmu. 

Editors' Picks

1. Adanya temuan varian Covid Delta asal India di Karawang

1. Ada temuan varian Covid Delta asal India Karawang
Unsplash/mufidpwt

LIPI melalu surat edaran yang beredar dikabarkan, telah menemukan sampel Covid-19 varian Delta dari India di Karawang, Jawa Barat (Jabar). 

Dalam surat edaran yang diteken Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI Dr Atit Kanti, menyebutkan adanya temuan varian Delta Covid-19 dari sampel di Karawang ini berdasarkan hasil whole genom sequencing (WGS) yang dilakukan oleh tim peneliti Covid-19 di LIPI.

"Berdasarkan Hasil Whole Genom Sequencing (WGS) yg dilakukan oleh tim Peneliti Covid-19 di LIPI menunjukkan adanya dominasi varian India atau Delta yang ditemukan pada sampel di Karawang," demikian isi salah satu paragraf surat edaran tersebut. 

2. Imbauan untuk Work From Home

2. Imbauan Work From Home
Freepik/freepik

Dalam surat edaran tersebut, LIPI mengeluarkan imbauan agar warga bekerja dari rumah saja.

Surat Edaran Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI yang bernomor B-3103/III/KP.06.01/6/2021 itu, meminta masyarakatnya untuk Work Frim Home (WFH). 

Masyarakat diimbau untuk melakukannya selama selama satu minggu mulai 21 Juni sampai 25 Juni 2021, kecuali untuk sesuatu yang amat mendesak.

"Mohon untuk tidak keluar rumah dan disiplin prokes 5M," tulis Atit dalam salah satu paragraf di surat edaran LIPI tersebut.

Sampai berita ini turun, belum ada konfirmasi kebenaran dari berbagai pihak yang bersangkutan mengenai informasi yang beredar di surat edaran tersebut. 

3. Varian Delta di Indonesia

3. Varian Delta Indonesia
Freepik/ake1150sb

Berdasarkan data terakhir dari Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI per tanggal (6/6), di Jabar baru terdeteksi adanya kasus Alpha atau SARS-CoV-2 varian Inggris (B117).

Kasus Covid-19 varian Delta sebelumnya terdeteksi di enam provinsi terpisah, yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

Dari 107 kasus varian Delta yang terkonfirmasi di enam provinsi berbeda yang tadi disebutksn, Jawa Tengah adalah yang terbanyak yakni sebanyak 75 kasus. 

Demikian informasi mengenai persebaran virus Covid-19 Varian Delta yang baru dan kabarnya sudah sampai Karawang ini. 

Dimohon untuk Mama semua pembaca Popmama untuk taat pada protokol kesehatan dengan ketat dan mengusahakan untuk tidak keluar rumah terlebih dahulu bila tidak penting sama sekali.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.