Tips agar Tubuh dan Mental Tetap Sehat saat Pandemi dari Nana Mirdad

Bukan hanya terus memikirkan kesehatan tubuh, mental dan rohani juga perlu dipertimbangkan

22 Juli 2021

Tips agar Tubuh Mental Tetap Sehat saat Pandemi dari Nana Mirdad
Instagram.com/nanamirdad_

Salah satu investasi berharga di masa depan adalah pola hidup yang benar Ma. 

Gaya hidup yang benar menentukan masa depan bagi tubuh kita. Hal itu meliputi banyak aspek. 

Seperti apa yang masuk ke tubuh kita, apa yang tubuh kita lakukan hingga rutinitas apa yang kita buat bagi jasmani ini. 

Nah, pada acara konferensi pers via webinar zoom acara bertajuk: Solusi Memulai Hidup Sehat dari Rumah bersama Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket. Shopee Indonesia menghadirkan kampanye Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket yang diselenggarakan mulai tanggal 19 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Tips agar Tubuh Mental Tetap Sehat saat Pandemi dari Nana Mirdad
Dok. Shopee

Dalam acara Solusi Memulai Hidup Sehat dari Rumah bersama Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket ini, para pembicara juga turut memberi tips dan trik untuk mulai menerapkan hidup sehat dari rumah, baik itu pola makan sehat, maupun kegiatan lain yang dapat dijadikan sebagai referensi pengguna untuk diterapkan sehari-hari di rumah.

“Melihat situasi pandemi yang tidak kunjung usai, kami melihat bahwa menjalani pola hidup sehat dan memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan metabolisme dan imun tubuh. Oleh karena itu, Shopee menghadirkan kampanye Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket ini sebagai wadah referensi berbelanja kebutuhan sehari-hari pengguna dengan lebih mudah dan aman untuk mendukung terciptanya pola hidup yang lebih bersih dan sehat," ujar Daniel Minardi, Head of Brands Management and Digital Products

Salah satu yang memberikan tipsnya adalah artis Nana Mirdad. Nana, memberi tips hidup sehat a la dirinya melalui slide presentasi pada acara tersebut. 

Popmama.com akan beri tahu kamu tips apa saja yang dibagikan oleh Nana Mirdad itu ya, simak Ma. 

1. Rutin minum air putih dengan dosis tertentu

1. Rutin minum air putih dosis tertentu
Freepik/racool_studio

Melansir dari mayoclinic.org, setiap hari kamu akan kehilangan air melalui napas, keringat, urin, dan buang air besar. 

Agar tubuh kamu berfungsi dengan baik, kamu harus mengisinya kembali persediaan air dengan mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung air.

Jadi, berapa banyak cairan yang dibutuhkan rata-rata orang dewasa? National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine menetapkan bahwa asupan cairan harian yang cukup adalah:

  • Sekitar 15,5 cangkir (3,7 liter) cairan sehari untuk laki-laki
  • Sekitar 11,5 cangkir (2,7 liter) cairan sehari untuk perempuan

Rekomendasi ini mencakup cairan dari air, minuman lain dan makanan. Sekitar 20% asupan cairan harian biasanya berasal dari makanan dan sisanya dari minuman.

Editors' Picks

2. Menyempatkan stretching setiap harinya

2. Menyempatkan stretching setiap harinya
Pexels/Andrea Piacquadio

Tahukah kamu Ma Seberapa sering kamu harus melakukan stretching atau peregangan?

Seperti kita tahu, Nana Mirdan bersama sang Suami, Andrew White kerap membagikan cara mereka menjalankan pola hidup sehat termasuk berolahraga bersama di media sosialnya. Tips ini juga bisa banget dilakukan Mama dan suami di rumah lho.

Dilansir dari laman healthline.com, selama tidak berlebihan, semakin sering kamu melakukan peregangan, semakin baik untuk tubuhmu Ma.
 
Apalagi di masa PPKM ini, dimana kita harus lebih banyak diam diri di rumah. 

Lebih baik melakukan peregangan untuk waktu yang singkat setiap hari daripada melakukan peregangan untuk waktu yang lebih lama beberapa kali per minggu. Lakukan sesi 20 hingga 30 menit setidaknya tiga kali seminggu. Pada hari-hari ketika kamu terdesak waktu, lakukan rutinitas peregangan selama. 5 menit dan itu cukup.

3. Buat rencana belanja kebutuhan pokok dan bijak dalam memilih makanan dan minuman yang dibeli

3. Buat rencana belanja kebutuhan pokok bijak dalam memilih makanan minuman dibeli
Freepik/aleksandarlittlewolf

Dalam pertemuan secara virtual, Nana juga membagikan tips tentang pentingnya merencanakan belanja kebutuhan pokoknya.

Ia juga mengatakan bahwa, sangat bermanfaat jika kita bisa lebih bijak dalam memilih asupan yang akan kita konsumsi saat masa pandemi. Jadi, coba cek lagi trolley belanja bulanan kamu, apakah asupan nutrisi lebih banyak ketimbang makanan ringan dan minuman manis?

Melansir dari pertemuan online via virtual dengan Perencana Keuangan Independen Prita Ghozie, tips hemat berbelanja sebagai berikut: 

Pertama adalah buat daftar belanja dengan penuh kesadaran 

Kedua, fokuslah pada manfaat saat belanja. bahwa seseorang yang memiliki pola pikir sebagai orang kaya adalah orang yang fokus pada manfaat saat berbelanja.

Ketiga, memilih produk yang cost efektif berkaitan dengan manfaat selama manfaat kita bisa peroleh pasti kita sudah melakukan cost efektif. 

Yang terakhir, adalah teliti dalam membeli barang. 

4. Atur stres dengan baik

4. Atur stres baik
Freepik/wayhomestudio

Selanjutnya, Nana Mirdad mengemukakan bahwa sehat bukan hanya berasal dari tubuh yang bugar, tapi mengelola stres juga bisa membuat mental terjaga apalagi dalam masa pandemi seperti ini.

Dilansir dari mentalhealth.org.uk stres adalah sebuah perasaan ketika kamu berada di bawah tekanan abnormal. Tekanan ini bisa datang dari berbagai aspek kehidupan kamu sehari-hari. 
 
Seperti beban kerja yang meningkat, masa transisi pemabatasan tersebab Corona, pertengkaran yang dimiliki dengan keluarga ataupun kekhawatiran keuangan.

Kamu mungkin menemukan bahwa itu memiliki efek kumulatif, dengan masing-masing stresor satu sama lain.

Selama situasi ini, kamu mungkin merasa terancam atau kesal dan tubuh kamu mungkin menciptakan respons stres. 

Hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala fisik, seperti mengubah cara berperilaku, dan membuat kamu mengalami emosi yang lebih intens.

Stres memengaruhi kita dalam beberapa cara, baik secara fisik maupun emosional dan dalam berbagai intensitas. 

Penting sekali bagimu untuk mengelola stres tersebut seperti salah satunya menerapkan makan sehat.  Ada banyak bukti yang menunjukkan bagaimana makanan memengaruhi suasana hati kita dan bagaimana makan dengan sehat dapat memperbaikinya. 

5. Perbanyak baca hal yang positif

5. Perbanyak baca hal positif
Freepik

Dilansir dari healthline.com, di tahun 2009, sekelompok peneliti mengukur efek yoga, humor, dan membaca pada tingkat stres siswa dalam program ilmu kesehatan di Amerika Serikat.

Studi ini menemukan bahwa 30 menit membaca menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan perasaan tertekan. Bahkan secara psikologis sama efektifnya dengan yoga dan humor.

Para penulis menyimpulkan, “Karena keterbatasan waktu adalah salah satu alasan yang paling sering dikutip untuk tingkat stres yang tinggi yang dilaporkan oleh mahasiswa ilmu kesehatan, 30 menit membaca ini dapat dengan mudah meminimalisir stres yang ada."

Wah 5 tips yang diberikan Nana Mirdad ini ternyata setelah ditinjau banyak sumber kesehatan yang sangat bermanfaat ya Ma bagi investasi kehidupan kita. 

Jadi apa salahnya kamu jalankan tipsnya ya Ma! Siapa tahu bekerja di dirimu. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.