Vitamin C Berperan Penting dalam Sembuhkan Covid-19, Ini Faktanya!

Sudah ada studinya Ma, yuk konsumsi dengan benar

27 Juli 2021

Vitamin C Berperan Penting dalam Sembuhkan Covid-19, Ini Faktanya
Pexels/Kelly Lacy

Makanan sehari-hari tentunya sudah mencakup kandungan vitamin yang diperlukan tubuh. Namun, berapa sering kamu mengecek bahwa apa yang kamu makan itu sudah penuh dengan gizi seimbang

Apalagi saat masa pandemi virus corona seperti ini, kebutuhan vitamin untuk meingkatkan daya tahan tubuh sangatlah diperlukan. Salah satu vitamin yang yang anggap sangat baik dalam menjaga imun tubuh adalah vitamin C.

Dalam peluncuran produk Hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP, pada Kamis (22/7) lalu, dr. Tities Anggraeni Indra, Sp.PD. (dokter Spesialis Penyakit Dalam) memaparkan beberapa fakta menarik mengenai Vitamin C. 

Salah satunya mampu membantu penyembuhan orang dengan paparan virus corona. 

Popmama.com akan berikan ulasan beritanya berikut ini.

Editors' Picks

1. Dapat memperbaiki kadar oksigen dan kegagalan organ

1. Dapat memperbaiki kadar oksigen kegagalan organ
Popmama.com/Bima Bintoro

dr. Tities, begitu dirinya disapa saat konferensi berlangsung memaparkan fakta mengenai peran vitamin C melalui sebuah slide presentasi. 

Di dalamnya tertulis bahwa pada studi di negeri tirai bambu, China, vitamin C mampu mempebaiki kadar oksigen dan kegagalan organ pada orang dengan Covid-19.

"Studi di China (Zhao B, 2020). Pemberian high dosage vitamin C ke pasien Covid-19 berat dapat menurunkan kadar inflamasi, memperbaiki kadar oksigen serta kegagalan organ," bunyi materi yang dipaparkan oleh dokter tersebut. 

2. Menurunkan angka kematian

2. Menurunkan angka kematian
Pexels/Anna-Louise

Masih dari sumber sama studi di negara Amerika mengatakan kalau pemberian vitamin C pada 79 pasien Covid-19 dengan pneumonia mampu menurunkan angka kematian. 

"Studi di Amerika (Krisnhan, 2020), 79 patient with Covid-19 yang membutuhkan ventilator, pemberian vitamin C mampu menurunkan angka kemtian kasus tersebut (OR=0,39, 95% CI 0,20-0,77)," papar slide presentssi dr. Tuties lagi. 

3. Waktu rawat lebih pendek

3. Waktu rawat lebih pendek
Unsplash/Mufid Majnun

Di slide tersebut pula dikatakan bahwa studi di negara Pakistan, pemberian vitamin C mampu membebaskan pasien dari gelaja lebih cepat. 

"Studi di Pakistan (Kumari P, 2020), Covid-19 pneumonia mendapat vitamin C 50mg/kg/hari IV, pasien memiliki wkatu rawat yang lebih pendek dan bebas gejala lebih cepat," ungkap dr. Tities melalui slidenya. 

Itulah informasi mengenai vitamin C bagi kamu di masa pandemi. Selain hanya menjaga daya tahan tubuh, nyatanya vitamin C ini juga berperan penting bagi kesembuhan para penyintas Covid-19. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.