Sering Gerah saat Pakai Hijab? Ini Lho 5 Solusinya, Ma

Cara ampuh buat usir gerah nih, Ma

14 Maret 2019

Sering Gerah saat Pakai Hijab Ini 5 Solusinya, Ma
shutterstock.com/kdonmuang

Bagi Mama yang menggunakan hijab namun memiliki segudang aktivitas harian, pasti pernah merasakan yang namanya gerah. Mungkin terkadang Mama merasa ini adalah ujian dari menjalankan syariat agama atau karena belum terbiasa. Duh, rasa gerah ini sangat mengganggu ya, Ma? Tapi Mama tahu nggak sih kalau rasa gerah ini bisa diatasi dengan solusi yang sederhana lho. Dicoba yuk!

1. Keringkan rambut sebelum berkerudung

1. Keringkan rambut sebelum berkerudung
shutterstock.com/bowie15

Ma, saat rambut masih dalam kondisi basah, sebaiknya jangan langsung diikat dan ditutup oleh kerudung. Ini akan membuat rambut Mama bau dan muncul ketombe-ketombe mengganggu. Sebaiknya, Mama menyiasati hal ini dengan mengeringkan rambut Mama terlebih dahulu. Eits, pastikan benar-benar kering ya Ma. Setelah itu, baru deh Mama bisa mengikat dan menutupnya. Tahu nggak Ma kenapa kondisi rambut yang basah bisa membuat Mama kegerahan? Soalnya, pori-pori kepala Mama butuh bernapas. Kalau kondisinya basah, pori-pori akan tertutup dengan air yang mengakibatkan rasa gerah pada tubuh Mama.

2. Pilih bahan kerudung yang menyerap keringat

2. Pilih bahan kerudung menyerap keringat
shutterstock.com/taraskin

Rasanya kalau melihat macam-macam kerudung yang lucu, Mama mau langsung memborongnya ‘kan? Padahal, bukan cuma motif lucu aja yang Mama butuhkan, tapi, jenis bahannya juga. Mulai sekarang, pilih bahan kerudung yang menyerap keringat seperti katun. Coba hindari kerudung dengan bahan sifon atau satin ya, kecuali akan Mama gunakan pada malam hari.

3. Rawat rambut dan kulit kepala Mama

3. Rawat rambut kulit kepala Mama
shutterstock.com/taraskin

Dari semua poin yang Popmama sebutkan di atas, kesehatan rambut dan kulit kepala lah yang paling utama. Walau rambut Mama tertutup kerudung, bukan berarti Mama harus cuek dengan kesehatan rambut. Pasti Mama juga suka risih deh kalau kondisi kepala yang lepek, bau, gatal, bahkan ketombean. Nah untuk itu, Mama harus cepat-cepat mengatasi permasalahan itu ya.

Terus apa yang harus diatasi? Kulit kepala yang gatal dulu atau ketombean duluan? Jangan pilih salah satu kalau Mama bisa mengatasi dua-duanya. CLEAR Fresh Cool Lemon menjadi solusi bagi Mama yang memiliki permasalahan kulit kepala. Sampo ini bisa sikat habis masalah ketombe dan gatal tanpa sisa walau Mama berhijab.

Editors' Picks

Sering Gerah saat Pakai Hijab Ini 5 Solusinya, Ma
Popmama/CLEAR

Untuk membantu mengatasi semua permasalahan kulit kepala Mama, CLEAR bekerja nggak setengah-setengah dalam mengusir rasa gatal dan ketombean. Triple Anti-Dandruff Technology-nya tiga kali ampuh berikan kesegaran untuk rambut Mama lho.

Eits, Mama perlu bukti? Tenang aja! Nggak cuma mengatasi gatal dan ketombe aja yang nggak setengah-setengah, ngebuktiinnya juga nggak setengah-setengah lho. Dengan menggunakan ratusan kelapa yang dilapisi CLEAR Fresh Cool Lemon, kira-kira apa yang akan terjadi ya saat kelapa tersebut diletakkan di teriknya matahari? Penasaran? Yuk cek videonya di sini.

4. Rambutnya diikat saja

4. Rambut diikat saja
shutterstock.com/taraskin

Saat cuaca mulai panas dan kamu mulai gerah, ada baiknya kamu ikat rambutmu saat bepergian. Soalnya, rambut-rambut yang menempel pada leher akan membuat lehermu gerah dan risih. Duh nggak enak! Makanya, menguncir rambut adalah solusi terbaik. Tapi, agar nggak melanggar kaidah islam, jangan menguncir rambut lebih tinggi dari kepala ya.

5. Gunakan pakaian yang simpel dan longgar

5. Gunakan pakaian simpel longgar
shutterstock.com/korrawin

Ma, menjalani aktivitas yang padat sangat jelas akan membuat Mama banyak bergerak. Nggak bisa dipungkiri kalau hal tersebut akan membuat Mama kegerahan. Untuk itu, jangan menggunakan baju yang double layer seperti kaos tangan panjang dan outer ya. Kalau mau tampil sempurna dengan outer, usahakan inner Mama nggak berbahan tebal dan panjang ya. Nanti malah makin gerah.

Itulah lima tips dari Popmama untuk menjawab permasalahan kegerahan yang Mama alami. Setuju nggak sama tips-tips di atas, Ma?