10 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Wajah tetap sehat dan anti-keriput!

5 Desember 2020

10 Makanan Baik Menjaga Kesehatan Kulit
Freepik/Kitthanes
Dok. Jovee

Seperti yang Mama telah ketahui, nutrisi penting untuk menjaga kesehatan. Pola makan yang tidak sehat dapat merusak sistem metabolisme tubuh, yang akhirnya bisa menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan melukai organ, seperti jantung dan hati.

Namun apakah Mama tahu bahwa makanan yang dikonsumsi juga bisa berdampak pada kulit? Oleh karena itu, penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang baik dan berkualitas agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Lalu apa saja makanan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit? Berikut ini Popmama.com akan memberikan 10 rekomendasi makanan yang bagus untuk kesehatan kulit Mama, berdasarkan informasi dari dr. Fala Adinda yang merupakan tim kesehatan dari Jovee.

Yuk simak ada makanan apa saja!

1. Alpukat

1. Alpukat
Freepik/Racool_studio

Alpukat dikenal kaya akan lemak sehat. Lemak ini juga bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh, termasuk kesehatan kulit Mama. Lemak juga sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap fleksibel dan lembab.

Dalam suatu kasus studi, diketahui bahwa lebih dari 700 perempuan menemukan asupan tinggi lemak total khususnya jenis lemak sehat ditemukan dalam buah alpukat. Hal ini juga dikaitkan dengan kulit kenyal yang lebih kenyal.

2. Brokoli

2. Brokoli
Freepik/mrsiraphol

Brokoli dikenal kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit, termasuk seng, Vitamin A, dan Vitamin C. Brokoli juga juga mengandung lutein, karotenoid yang berfungsi seperti beta-karoten. Lutein melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput.

Selain itu brokoli juga mengandung senyawa khusus yang disebut Sulforaphane. Kandungan ini menawarkan beberapa manfaat potensial, bahkan salah satunya memiliki efek anti kanker termasuk pada beberapa jenis kanker kulit.

3. Coklat hitam

3. Coklat hitam
Pixabay/StockSnap

Jika Mama perlu satu alasan untuk makan cokelat, maka ketahuilah bahwa efek kakao pada kulit manusia yang satu ini. Dalam suatu penelitian, setelah 6-12 minggu partisipan mengalami kulit yang lebih tebal dan lebih terhidrasi akibat mengonsumsi bubuk kakao yang tinggi antioksidan setiap hari.

Kulit partisipan tersebut juga lebih lembut dan tidak bersisik, kurang peka terhadap sengatan matahari dan memiliki aliran darah yang lebih baik dan membawa lebih banyak nutrisi ke kulit.

4. Teh Hijau

4. Teh Hijau
Freepik/zirconicusso

Teh hijau dapat melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan. Senyawa kuat yang ditemukan dalam teh hijau disebut Katekin, yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Seperti beberapa makanan lain yang mengandung antioksidan, teh hijau dapat membantu melindungi kulit Mama dari kerusakan akibat sinar matahari.

Pada sebuah studi, 60 perempuan dalam 12 minggu diketahui mengonsumsi teh hijau setiap hari. Hal ini menyebabkan kemerahan akibat paparan sinar matahari menurun hingga 25 persen. Teh hijau juga meningkatkan kelembaban, kekasaran, ketebalan, dan elastisitas kulit mereka.

Editors' Picks

5. Semangka

5. Semangka
Freepik/Xb100

Meskipun mungkin terdengar aneh, namun ternyata semangka memiliki nilai konsentrasi tinggi air yang dapat mengurangi retensi air yang mengarah pada pembengkakan di sekitar mata. Selain itu Mama tidak perlu khawatir tentang glikasi atau reaksi kimia yang mengkompromikan kolagen dan menyebabkan garis dan kerutan.

6. Wortel

6. Wortel
Freepik/Senivpetro
Dok. Jovee

Sayuran ini berwarna oranye karena memiliki tingkat beta-karoten yang tinggi, yaitu penghasil Vitamin A yang juga merupakan bentuk bahan aktif utama dalam Retin-A.

Vitamin ini telah ditemukan bisa mengurangi produksi minyak pada kulit, dan ada juga beberapa bukti yang dapat mengurangi psoriasis atau kondisi sel-sel kulit yang menumpuk sehingga menghasilkan bercak bersisik yang gatal dan kering.

7. Yoghurt Yunani

7. Yoghurt Yunani
Freepik/Racool-studio

Yoghurt Yunani dikenal baik untuk mencegah munculnya penampilan garis-garis halus dan kerutan.  Kemudian Yoghurt Yunani juga kaya akan Vitamin B, yang membantu detoksifikasi kulit. Namun sebelum Mama mengonsumsinya, perhatikan perbedaan yoghurt Yunani dengan yoghurt pada umumnya.

Berbeda dengan Yoghurt Yunani, yoghurt dengan tambahan rasa- rasa adalah salah satu makanan kesehatan yang tidak sepenuhnya sehat karena berbagai alasan. Salah satunya yogurt dengan tambahan rasa dapat membuat kulit menjadi berkerut.

8. Buah Delima

8. Buah Delima
Freepik/Goffkein

Buah delima mengandung polifenol yang juga dikenal dapat menangkal radikal bebas, serta membantu mengatur aliran darah kulit. Biji buah delima juga memiliki jumlah serat yang cukup, sehingga dapat menjadi salah satu pilihan untuk menambahkannya ke bahan salad Mama.

Gula buah yang terjadi secara alami memiliki risiko tidak menakutkan seperti gula tambahan, tetapi jika Mama khawatir tentang hal itu, maka hindari mengonsumsi biji delima dengan berlebihan.

9. Ikan Sarden

9. Ikan Sarden
Freepik/Jcomp

Menurut ahli dermatologi Marie Jhin, ikan sarden dikemas dengan asam lemak omega-3, membuatnya menjadi ikan yang hebat untuk mengurangi peradangan dan bahkan jerawat. Selain itu, asam lemak omega-3 memiliki manfaat pengaturan suasana hati, yang dapat membantu mengurangi stres atau yang menjadi salah satu pemicu jerawat.

Bagi Mama yang memilki masalah pada jerawat, harus mengonsumsi empat hingga lima porsi ikan berminyak per minggu untuk mengobati kondisi tersebut. Sarden juga merupakan sumber kalsium yang baik karena tulangnya sangat kecil dan lunak sehingga dapat dimakan.

10. Minyak zaitun

10. Minyak zaitun
Freepik

Masih menurut Marie Jhin, sekitar 75 persen lemak dalam minyak zaitun adalah asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat berperan dalam peremajaan kulit. Polifenol antioksidan dalam minyak zaitun juga bisa memadamkan radikal bebas yang merusak.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Ternyata untuk mendapatkan kulit yang sehat, Mama tidak perlu jauh-jauh pergi ke klinik kecantikan.

Selain mengonsumsi makanan yang direkomendasikan, Mama juga bisa menambah asupan suplemen Vitamin E, Vitamin D, dan multivitamin yang telah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Semoga informasinya bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.