10 Negara yang Paling Mudah Proses Imigrasinya, Tertarik Ma?

Liburan atau bekerja ke luar negeri kini nggak perlu repot urus imigrasi

2 Agustus 2019

10 Negara Paling Mudah Proses Imigrasinya, Tertarik Ma
Freepik/shutter2u

Pasti pernah terlintas di benak kita untuk mencoba istirahat dengan liburan ke luar negeri selama berminggu-minggu atau memiliki pekerjaan di luar negeri. Tapi kadang suka ada saja hal-hal urus mengurus yang membuat kita justru mengurungkan niat untuk ke luar negeri.

Walaupun mendapat promo tiket pesawat, tapi tidak punya waktu untuk mengurus visa atau ketika sudah sudah menetapkan pilihan tempat liburan, ternyata proses imigrasinya yang sulit dan memakan biaya yang memberatkan budget.

Semua itu mungkin saja terjadi, tapi ternyata ada beberapa negara yang benar-benar terbuka untuk kamu kunjungi dalam jangka waktu yang panjang tanpa harus berpindah warga negara!

Berikut ini Popmama.com akan merekomendasikan 10 negara dengan proses imigrasi yang mudah tanpu perlu repot mengurus keperluan imigrasinya!

1. Swedia

1. Swedia
Thrillist.com

Negara yang dapat kamu kunjungi tanpa perlu repot mengurus keperluan imigrasi adalah, Swedia! Swedia adalah pilihan yang cocok jika kamu ingin merehatkan diri dari sejenak kepadatan pekerjaan yang kamu rasakan.

Kamu dapat meningkatkan kualitas hidupmu dengan tinggi di negara ini. Swedia disebut sebagai salah satu negara terbaik bagi wanita karena disana memiliki pandangan yang maju mengenai kesetaraan gender lho!

Di Swedia, memiliki kebijakan imigrasi yang baik dengan pendatang dan populasi imigran sekitar 15%. Proses imigrasi di Swedia dilakukan online secara otomatis dengan baik dan kebanyakan pengunjung dapat menghabiskan beberapa bulan di negara ini.

Sayangnya, jika kamu tertarik untuk bekerja di Swedia, kamu memerlukan bukti tawaran pekerjaan dari perusahaan di Swedia untuk mendapatkan visa kerja.

2. Panama

2. Panama
Scenicsir.com

Negara selanjutnya adalah Panama yang terletak di tenggara Amerika Tengah. Panama merupakan negara yang ramah kepada pengunjungnya sehingga merasa menjadi bagian dari rakyat Panama. 

Jika kamu adalah pecinta alam, mungkin Panama bisa masuk kedalam daftar tempat yang perlu kamu singgahi. Karena memiliki pantai yang bersih dan lembut, tanah pertanian yang subur, hutan hujan lebat, dan penggunungan yang hijau.

Namun jika kamu lebih tertarik dengan suasana perkotaan, Panama juga memiliki kota-kota kecil yang nyaman dan ditambah dengan ibukota Panama City yang modern dan juga menarik untuk disinggahi dalam jangka yang lama.

Panama terbuka bagi pengunjung yang ingin bekerja disana. Kamu dapat datang dan bekerja tanpa masalah. Namun jika kamu ingin pensiun di Panama, kamu hanya perlu menunjukkan tunjangan pensium bulanan minimal $1.000 untuk menerima visa pensiun.

Di Panama juga memiliki banyak potongan harga untuk hal-hal seperti layanan kesehatan dan makanan di restoran lho kamu jadi dapat berhemat deh.

3. Svalbard

3. Svalbard
Economist.com

Svalbard adalah negara kepulauan di wilayah Norwegia yang terletak diantara daratan dan Kutub utara. Sebelum mengunjungi Svalbard, kamu harus memperhatikan dimana kamu akan menetap, karena udara disana sangat dingin sehingga seringkali dapat mematikan bagi tunawisma.

Disana, kamu tidak perlu terkejut jika bertemu dengan beruang kutub, karena disana juga habitat mereka untuk berkeliaran. Pada saat musim panas, matahari tidak terbenam disana selama 4 bulan berturut-turut, tetapi jika musim dingin, matahari selalu tampak gelap!

Ada sedikit peraturan untuk diijinkan masuk ke Svalbard. Kamu memang tidak memerlukan visa, namun gubernur Svalbard berhak untuk tidak mengijinkan pendatang yang tidak siap untuk tinggal disana. Kamu harus memiliki tempat tinggal terlebih dahulu.

Tetapi, berita baiknya adalah, kamu sudah disediakan rumah untuk menetap jika kamu sudah mendapatkan pekerjaan yang baru di Svalbard.

4. Costa Rica

4. Costa Rica
Rialzo.meridianhs.org

Costa Rica sangat populer di kalangan pendatang selama lebih dari 30 tahun karena memiliki gaya hidup yangg santai dan memiliki pemandangan sisi laut yang dapat memanjakan mata kita.

Di Costa Rica, kamu akan ditawarkan kekayaan alam seperti jumlah sungai dan mata air terbesar kedua di dunia disini juga terdapat berbagai macam fauna yang berasal dari alam Costa Rica, termasuk lebih dari 300 spesies burung kolibri!

Sebelum kamu berpindah ke Costa Rica, kamu harus sudah memiliki tempat untuk bekerja terlebih dahulu, Costa Rica memiliki banyak peluang kerja, terutama yang seputar bidang pariwisata dan pendidikan Bahasa Inggris. 

Bagi orang tua yang sudah pensiun, Costa Rica menawarkan program visa pensiun untuk orang tua yang memiliki penghasilan sekitar $1.000/bulan. 

5. Meksiko

5. Meksiko
Temblor.net

Tinggal di Meksiko kamu sudah seperti merasakan tinggal di negara-negara pertama di dunia karena fasilitasnya yang luar biasa seperti internet berkecepatan tinggi, film-film dan acara televisi terkini, pusat perbelanjaan yang nyaman untuk makanan dan kebutuhan. Lalu tidak ketinggalan, ada pantai dan masakan lokal yang akan membuat kamu betah disana.

Untuk mengajukan visa, kamu dapat segera mengajukan visa untuk tinggal permanen sehingga tidak memiliki tanggal kadaluwarsa dan memberikan kesempatan kamu untuk mencari pengalaman bekerja.

Namun, untuk memenuhi syarat, kamu harus menunjukan penghasilan bersih sekitar $1.826/bulan untuk 1 orang atau jika kamu belum bersedia untuk tinggal dalam jangka panjang, kamu dapat menggunakan visa tinggal sementara dengan menunjukan penghasilan bulanan sebesar $1.096/bulan untuk jangka waktu 4 tahun.

Editors' Picks

6. Belize

6. Belize
Ambergristoday.com

Kamu tidak perlu khawatir untuk tinggal di tempat ini. Belize adalah suatu negara yang terletak di pesisir timur Amerika tengah. Di sini kamu dapat menyelam di pantai yang memiliki banyak karang yang indah atau menjelajahi reruntuhan era Maya kuno dalam waktu hanya 1 hari

Untuk tinggal di Belize, kamu hanya mengeluarkan biaya hidup yang rendah.

Proses mendapatkan syarat untuk tinggal permanen, kamu hanya perlu tinggal di Belize selama setahun sebelum memenuhi persyaratan untuk tinggal permanen. Mudah dan menyenangkan bukan?

Untuk masuk ke Belize, cukup dengan visa pengunjung dan memperbaharuinya setiap bulan hingga kamu mencapai 50 minggu berturut-turut untuk tinggal di Belize.

Bagi orangtua yang berusia 45 tahun, prosesnya lebih cepat dengan visa pensiunan untuk orangtua yang berpenghasilan @2.000/bulan.

7. Kamboja

7. Kamboja
Sciencenews.org

Kamboja saat ini menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tercepat di Asia. Kamu dapat memilih Kamboja sebagai destinasi untuk liburan atau untuk bekerja jika kamu ingin merubah kebiasaanmu yang modern.

Di Kamboja, masyarakat disana tidak merayakan ulang tahun mereka, bahkan banyak orang dewasa tidak mengetahui berapa umur mereka. Disana makanan cepat saji tidak terlalu populer, dan transportasi yang paling disukai kebanyakan orang kamboja adalah moped atau motor berpedal

Untuk tinggal di Kamboja, kamu bisa mendapatkan visa bisnis jangka panjang tanpa perlu disponsori oleh perusahaan lokal disana. Visa ini dapat kamu diperpanjang tanpa batas waktu. Namun, untuk kerja disana kamu harus mengajukan permohonan ijin kerja untuk mendapatkan pekerjaan di Kamboja.

8. Seychelles

8. Seychelles
Airseychelles.com

Seychelles adalah salah satu negara yang terletak di Samudra Hindia bagian barat dan negara ini termasuk sekelompok 115 pulau yang indah di Samudra Hindia.

Hampir setengah dari daratan di Seychelles dilindungi sebagai bentuk taman dan cagar nasional, tetapi masih menyisakan ruang bagi para pedatang yang menginginkan kehidupan di pinggir pantai dan keanekaragaman budaya yang beragam.

Kamu hanya memerlukan paspor saat tiba di Seychelles, tidak ada persyaratan visa untuk pindah ke sana. Jika kamu sudah tinggal disana selama 5 tahun dan ingin menjadi warga resmi disana, kamu akan memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan kewarganegaraan.

Pendatang dapat memotong waktu tunggu untuk menjadi warga negara jika dalam satu tahun mereka berinvestasi setidaknya $1 juta USD.

9. Roatán

9. Roatán
Roatansir.com

Roatán adalah negara yang ramah bagi para pendatang. Terletak 35 mil dari lepas pantai Honduras, Roatán menawarkan pantai berpasir lembut, teluk yang damai, dan interior peggunungan yang menakjubkan yang sempurna untuk kamu yang hobi hiking.

Infrastruktur di Roatán juga kuat, sehingga kamu dapat merasakan kenyamanan saat tinggal di Roatán.

Untuk kamu yang tertarik untuk tinggal atau bekerja di Roatán, persyaratan penghasilan minmal sebesar $2.500/bulan, tetapi kamu bisa mendapatkan visa tinggal permanen walaupun tidak harus mengganti kewarganegaraanmu atau jika pada akhirnya kamu memilih untuk menjadi warga negara disana. 

Namun, jika kamu hanya ingin tinggal selama 3-4 bulan disana, visa pengunjung sebenarnya sudah mencukupi.

Untuk orangtua yang ingin pensiun di Roatán atau dimana saja di wilayah Honduras, orangtua harus menunjukkan penhasilan sebesar $1.500/bulan.

10. Nicaragua

10. Nicaragua
Groupon.com

Negara terakhir dengan proses imigrasi yang mudah adalah negara Nicaragua.

Nicaragua adalah suatu negara berbentuk republik di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Honduras.

Nicaragua adalah negara tropis yang indah dengan masyarakat yang ramah akan menyambutmu. Nicara gua sempat memiliki beberapa hal kekerasan dalam sejarahnya, namun saat ini memiliki tingkat kejahatan terendah di negara Amerika Tengah manapun.

Selain itu, Nikaragua juga memiliki dua garis pantai yang masih asli dan sulit dikalahkan. 

Program visa pensiun di Nicaragua sangat rendah dibanding negara lain pada daftar ini, hanya membutuhkan $600/ bulan.

Kamu bahkan tidak perlu pensiun secara teknis, karena Nikaragua mengeluarkan visa ini untuk orang-orang dari segala usia yang bekerja sendiri atau memiliki usaha hotel atau restoran di negara tersebut.

Nah, tadi adalah 10 rekomendasi negara dengan proses imigrasi yang mudah untuk kebutuhan liburan dan pengalaman bekerja mu.

Apakah ada yang tertarik untuk bekerja di salah satu negara diatas? Yuk berikan komentarmu dibawah ini ya

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;