Suka Ganggu, Ini Cara Mudah Menghilangkan Rasa Ngantuk

Rasa ngantuk yang tiba-tiba datang kadang suka mengganggu aktivitas

18 Mei 2021

Suka Ganggu, Ini Cara Mudah Menghilangkan Rasa Ngantuk
Freepik/Gpointstudio

Mengantuk tiba-tiba seringkali menjadi permasalahan bagi kebanyakan orang, karena kondisi ini suka datang di waktu yang tidak tepat. Seperti misalnya saat rapat di kantor atau pada sedang berkendara,  hal ini tentunya sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Karena itu, mungkin kamu selalu mencari cara untuk menghilangkan rasa kantuk supaya bisa kembali fokus pada aktivitas atau kegiatan.

Seperti misalnya saat kita di kantor atau berkendara, rasa kantuk itu sudah pasti menjadi satu hal yang sangat mengganggu kegiatan kita. Nah soal caranya, setidaknya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi rasa kantuk.

Berikut Popmama.com telah merangkum berdasarkan informasi dari dr. Irma Lidia yang merupakan tim kesehatan dari Jovee. Namun sebelum mengetahui cara-caranya, cari tahu dulu apa yang menyebabkan mudah ngantuk di bawah ini!

Penyebab Mudah Mengantuk

Ada beberapa penyebab yang mungkin membuat kamu menjadi lebih sering mengantuk dan tidak bersemangat menjalani hari. Apalagi, ketika merasa sudah cukup tidur di malam harinya. Namun, kualitas tidur yang buruk dapat memberi pengaruh dalam hal ini.

Belum lagi gangguan tidur lainnya seperti narkolepsi, sleep apnea, insomnia, dan hipersomnia. Berikut beberapa penyebab mengapa lebih mudah mengantuk walaupun sudah cukup tidur:

1. Kurang olahraga

1. Kurang olahraga
Freepik/wayhomestudio
Dok. Jovee

Salah satu penyebab mudah mengantuk adalah karena kurang bergerak. Kebiasaan ini akan membuat tubuh berada dalam kondisi yang tidak fit. Ketika sering berolahraga, sudah pasti tubuh menjadi lebih segar dan siap melakukan aktivitas sehari-hari.

Berbeda jika tubuh jarang digerakkan, di mana otot akan jadi kaku dan akhirnya akan lebih mudah membuatmu mengantuk setiap harinya, terlebih saat beraktivitas.

2. Stres

2. Stres
Freepik/Fongbeerredhot
Dok. Jovee

Penyebab berikutnya adalah stres atau banyak pikiran. Kondisi mental yang tidak seimbang ini biasanya membuat seseorang lebih cepat merasa kelelahan. Dengan kondisi pikiran yang lelah, tubuh akan lebih terbebani dan mudah membuatmu merasakan kantuk yang begitu berat.

Jika berada dalam kondisi ini, mungkin memerlukan cara yang berbeda untuk menghilangkan rasa kantuk bila dibandingkan dengan penyebab lainnya. Oleh karena itulah kamu harus segera mencari tahu terlebih dulu apa yang menyebabkan lebih mudah mengantuk.

Editors' Picks

3. Anemia

3. Anemia
Freepik/wayhomestudio

Anemia atau kekurangan darah bisa juga menjadi alasan mengapa kamu lebih sering lelah dan mudah mengantuk. Kondisi ini terjadi karena kurangnya zat besi di tubuh yang berkaitan dengan distribusi oksigen di darah ke seluruh tubuh.

Hal inilah yang membuat tubuh menjadi kekurangan energi, sulit fokus, dan mudah mengantuk.  Selain menyantap makanan kaya zat besi, kamu juga bisa mencegah anemia dengan mengonsumsi suplemen yang bermanfaat untuk mengatasi kekurangan darah dan membantu pembentukan hemoglobin sel darah merah.

4. Obat-obatan

4. Obat-obatan
Freepik/Illiabondar

Efek samping berupa mengantuk merupakan hal yang dapat ditimbulkan dari beberapa obat-obatan, seperti obat antidiare dan antihistamin (obat alergi). Jika kamu sedang dalam penggunaan obat tertentu, cari tahu apakah ada kandungannya yang bisa membuat mengantuk.

Setelah itu, perhitungkan lagi waktu dan dosis penggunaan obat agar tidak mengganggumu selama beraktivitas.

Cara-cara Menghilangkan Kantuk

Rasa kantuk suka datang tiba-tiba dan mengganggu aktivitas, namun jangan khawatir dulu. Karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah kantuk yang berlebihan dan mengganggu aktivitas.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan kantuk yang bisa kamu terapkan dengan mudah:

1. Mengonsumsi Kafein

1. Mengonsumsi Kafein
Freepik
Dok. Jovee

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Kopi merupakan salah satu minuman tinggi kafein yang dapat meningkatkan energi tubuh dan gampang didapatkan.

Kafein dalam kopi yang tinggi dapat menghambat zat kimia di otak yang memicu rasa kantuk. Senyawa kafein juga diserap dengan cepat dalam waktu 30-70 menit. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan kopi sebagai cara praktis dalam membasmi rasa kantuk.

Namun, tetap perhatikan dosis minum kopi yang tepat dan jangan terlalu tersing. Sebab, walaupun rasa kantuk hilang, akan muncul masalah kesehatan yang tak diinginkan.

2. Melakukan olahraga ringan

2. Melakukan olahraga ringan
Freepik/Makistock

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa kantuk adalah dengan melakukan olahraga ringan.

Dengan melakukan olahraga ringan seperti peregangan, otot akan menjadi lebih lentur dan tidak kaku. Selain itu, jantung akan terpompa secara alami sehingga membuat rasa kantuk yang menyerang akan menghilang.

3. Mengatur napas

3. Mengatur napas
Freepik/yanalya

Cara menghilangkan kantuk terakhir namun tak kalah penting adalah dengan melatih mengatur napas. Ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk kamu yang terbiasa mudah kantuk. Untuk melakukannya, cobalah ambil napas dari perut dan tahan beberapa detik untuk mengembalikan kesadaran yang hilang akibat mengantuk.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk yang suka menyerang tiba-tiba. Apakah kamu termasuk suka ngantuk tiba-tiba? Jika iya, yuk mulai terapkan tips-tips di atas!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.