Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Resmi, Rizky Billar Jadi Tersangka Kasus KDRT terhadap Lesti Kejora

Terancam 5 tahun penjara, keputusan Rizky Billar segera ditahan atau tidak akan ditetapkan malam ini

12 Oktober 2022

Resmi, Rizky Billar Jadi Tersangka Kasus KDRT terhadap Lesti Kejora
Instagram.com/rizkybillar

Usai mangkir pada pekan lalu, Rizky Billar akhirnya mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan untuk menjalani pemeriksaan dengan penyidik pada Rabu (12/10/2022). Kedatangan Billar ke polisi diketahui lebih cepat sehari dari jadwal yang sudah ditetapkan.

Dalam pemeriksaan hari ini, penyidik Polres Metro Jakarta Selatan sudah menyiapkan 38 pertanyaan yang ditanyakan kepada Billar. Proses pemeriksaannya pun berlangsung lama.

Setelah dilakukan pemeriksaan, polisi akhirnya resmi menetapkan Billar sebagai tersangka atas kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Tak hanya informasi tersebut saja yang diumumkan, polisi juga turut memberikan sejumlah fakta baru lainnya.

Untuk mengetahui kabar ini lebih jelas, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta terkait Rizky Billar yang resmi ditetapkan sebagai tersangka secara lebih detail.

Yuk, disimak!

1. Status Rizky Billar dinaikkan menjadi tersangka

1. Status Rizky Billar dinaikkan menjadi tersangka
Instagram.com/Rizkybillar

Di depan awak media yang hadir di Polres Metro Jakarta Selatan, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menyampaikan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan kepada Rizky Billar.

Dari pemeriksaan tersebut, Zulpan menerangkan bahwa status Billar sudah dinaikkan dari semula saksi, kini telah menjadi tersangka.

"Maka malam ini bisa saya sampaikan hasil pemeriksaan yang dilakukan penyidik Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan telah menaikkan status saudara Muhammad Rizky dari saksi menjadi tersangka," ujar Zulpan, Rabu (12/10/2022) malam.

2. Rizky Billar terancam pidana 5 tahun penjara

2. Rizky Billar terancam pidana 5 tahun penjara
Instagram.com/rizkybillar

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Zulpan menjelaskan bahwa Billar kini disangkakan Pasal 44 ayat 1 Undang-Undang (UU) No. 23 Tahun 2004 tentang penghapusan KDRT. Ancaman hukuman yang menanti tak main-main, yakni 5 tahun penjara.

"Sesuai dengan ketentuan dalam peraturan perbuatan pidana dalam KDRT diatur dalam Undang-Undang (UU) No. 23 Tahun 2004, di mana yang bersangkutan (Rizky Billar) disangkakan terhadap Pasal 44 ayat 1, itu kekerasan fisik terhadap korban, yang didukung oleh alat bukti yang lain pendukung termasuk (hasil) visum. Maka dari itu, ancaman pidananya adalah 5 tahun penjara," tutur Zulpan.

3. Rizky Billar sudah mengetahui statusnya menjadi tersangka, pemeriksaan dilanjutkan malam ini

3. Rizky Billar sudah mengetahui status menjadi tersangka, pemeriksaan dilanjutkan malam ini
Instagram.com/rizkybillar

Setelah memberikan informasi tersebut kepada wartawan, Zulpan menjelaskan, pemeriksaan terhadap Billar rencananya akan dilanjutkan malam ini setelah polisi menetapkannya sebagai tersangka.

"Malam hari ini juga akan dilakukan pemeriksaan terhadap saudara Muhammad Rizky sebagai tersangka," kata Zulpan.

Dalam kesempatan tersebut, Zulpan juga menjelaskan bahwa polisi sudah memberi tahu kepada Billar tentang penetapan statusnya yang dinaikkan dari saksi menjadi tersangka.

"Kita sudah menyampaikan kepada yang bersangkutan (Rizky Billar) bahwa statusnya dinaikkan sebagai tersangka, yang bersangkutan sudah mengetahuinya," ujar Zulpan.

Ketika ditanya soal penahanan, Zulpan menerangkan, penahanan Billar sebagai tersangka akan diputuskan oleh polisi malam ini, Rabu (12/10/2022), setelah pemeriksaan yang dilakukan oleh polisi kepada Billar selesai.

Jadi, itulah rangkuman beberapa fakta mengenai Rizky Billar yang sudah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus KDRT. Adanya informasi ini tentu membuat publik ikut terkejut.

Semoga saja, masalah ini cepat menemukan jalan keluar yang terbaik ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk