TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Vaksin Cacar Monyet Sudah Dipesan, Oktober 2022 akan Tiba di Indonesia

Kemenkes perkirakan 1.000 vaksin cacar monyet akan tiba pada akhir Oktober 2022 mendatang

21 September 2022

Vaksin Cacar Monyet Sudah Dipesan, Oktober 2022 akan Tiba Indonesia
Pexels/Artem Podrez

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI belum lama ini memberikan kabar terbaru mengenai vaksin cacar monyet. Vaksin untuk penyakit tersebut kabarnya akan segera tiba di Indonesia dalam waktu dekat.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, dr. Siti Nadia menjelaskan kalau vaksin cacar monyet (monkeypox) yang sudah dipesan dari Bavarian Nordic, Denmark, akan sampai di Indonesia pada akhir Oktober 2022.

Nantinya, vaksin ini hanya diberikan kepada kelompok yang berisiko. Dengan kata lain, tidak semua masyarakat akan mendapatkan vaksin cacar monyet.

Untuk mengetahui kabar ini lebih jelas, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta mengenai vaksin cacar monyet yang akan tiba di Indonesia secara lebih detail.

1. 1.000 dosis vaksin akan tiba lebih dulu pada akhir Oktober 2022

1. 1.000 dosis vaksin akan tiba lebih dulu akhir Oktober 2022
Pexels/Artem Podrez

Saat ditemui wartawan, Nadia menjelaskan bahwa Indonesia sudah memesan sebanyak 2.000 vaksin cacar monyet. Dari jumlah tersebut, 1.000 dosis vaksin kabarnya akan tiba lebih dulu pada Oktober 2022. Sementara itu, sisanya akan menyusul.

"Vaksin monkeypox (cacar monyet) lagi dipesan, 'kan kita pesan 2.000 tapi kita datangkan 1.000 dulu. Tapi ini masih belum tahu Oktober akhir atau awal, kayaknya akhir," ucap Nadia kepada wartawan di Kompleks DPR-RI, Selasa (20/9/2022).

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sempat menyebutkan bahwa Kemenkes telah memesan vaksin cacar monyet dari Bavarian Nordic, Denmark, dengan jumlah sebanyak 2.000 dosis vaksin.

"Dari segi vaksinasi kita sudah memesan vaksin (cacar monyet) 2.000 dosis dari Bavarian Nordic dibantu dengan KBRI Denmark," ucap Menkes Budi dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi IX DPR RI pada Selasa (30/8/2022).

Editors' Picks

2. Vaksin cacar monyet hanya untuk kelompok rentan berisiko

2. Vaksin cacar monyet ha kelompok rentan berisiko
Pexels/Artem Podrez

Sebagai informasi, tidak semua masyarakat bisa mendapatkan vaksin cacar monyet. Dengan demikian, vaksin ini nantinya diberikan untuk kelompok yang berisiko terlebih dahulu.

Kelompok tersebut mencakup orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien monkeypox atau yang memiliki kontak secara rutin dengan hewan yang dapat terinfeksi.

Nadia menjelaskan, hal tersebut akhirnya diputuskan lantaran produksi dari vaksin cacar monyet yang sangat terbatas.

3. Kemenkes akan fokus tingkatkan vaksinasi smallpox

3. Kemenkes akan fokus tingkatkan vaksinasi smallpox
Pexels/Artem Podrez

Sebagai upaya pencegahan penularan, Kemenkes kabarnya akan memilih fokus untuk meningkatkan vaksinasi smallpox di Indonesia.

Vaksinasi terhadap smallpox disebut akan memberikan perlindungan terhadap cacar monyet hingga 85 persen.

"Rekomendasinya 'kan smallpox bisa juga mengurangi penyebaran monkeypox. Malah mungkin nanti smallpox yang kita kejar," papar Nadia.

4. Hadirnya vaksin cacar monyet diharapkan menjadi alat antisipasi

4. Hadir vaksin cacar monyet diharapkan menjadi alat antisipasi
Pexels/Artem Podrez

Meski kasus cacar monyet di Indonesia saat ini baru terkonfirmasi satu orang, hadirnya vaksin khusus cacar monyet ini diharapkan akan menjadi alat antisipasi untuk mencegah terjadinya perluasan penyebaran penyakit di tengah masyarakat.

"Walaupun kasus baru 1, buat edukasi dan mengantisipasi supaya jangan sampai terjadi perluasan penyebaran penyakit," paparnya.

Jadi, itulah rangkuman informasi mengenai vaksin cacar monyet yang akan tiba di Indonesia. Kabar akan hadirnya vaksin cacar monyet tentu menjadi langkah terdepan untuk mengatasi cacar monyet di Indonesia.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk