5 Tips Cegah Risiko Demam Berdarah dan Tipes pada Anak

Lagi ‘musimnya’ DBD dan tipes nih, Ma

26 Oktober 2020

5 Tips Cegah Risiko Demam Berdarah Tipes Anak
Shutterstock/GOLFX

Memasuki musim penghujan, Mama mulai harus bersiap siaga nih. Siap siaga di sini bukan hanya karena potensi banjir yang mungkin mengancam jika Mama tinggal di kawasan tertentu, tetapi juga siap siaga akan penyakit endemik Indonesia yang salah satunya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Nggak hanya itu, selain DBD, penyakit tipes juga mengintai kesehatan keluarga nih.

Biar kesehatan keluarga tetap terus terjaga, kali ini Popmama mau berbagi beberapa tips yang wajib Mama lakukan nih untuk cegah risiko si Kecil terkena DBD atau tipes. Simak ulasannya yuk, Ma!
 

1. Memastikan makanan dan minuman si Kecil sudah matang sempurna

1. Memastikan makanan minuman si Kecil sudah matang sempurna
Shutterstock/Nattakorn_Maneerat

Hal pertama yang wajib Mama perhatikan adalah asupan si Kecil. Terlebih karena bakteri Salmonella typhi atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tipes menyebar melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Untuk itu, higienitas asupan si Kecil jadi prioritas Mama agar terbebas dari ancaman bakteri yang satu ini.

Untuk mencegahnya, Mama harus mencuci bersih setiap bahan makanan dengan air mengalir, lalu memasaknya hingga matang sempurna dan terakhir membiasakan si Kecil mencuci tangan sebelum makan.
 

Editors' Picks

2. Bersihkan tempat yang bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak

2. Bersihkan tempat bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak
Shutterstock/kazoka

Salah satu penyebab nyamuk lebih banyak berkembang biak di musim hujan karena tempat untuk berkembang biak lebih banyak dibandingkan musim kemarau, di musim ini Mama lebih mudah menemukan genangan-genangan air bukan? Genangan air bersih menjadi tempat yang pas bagi nyamuk Aedes aegypti penyebar virus dengue yang menyebabkan DBD nih Ma.

Yuk, lebih teliti lagi setiap sudut di rumah Mama yang dapat menjadi sarang nyamuk, seperti wadah penyimpanan air, pakaian yang menumpuk bahkan hingga pot bunga. 
 

3. Siapkan asuransi khusus untuk DBD dan tipes sebagai proteksi

3. Siapkan asuransi khusus DBD tipes sebagai proteksi
Shutterstock/Dan76

Kalau ditanya pasti nggak ada orangtua yang mau anaknya terkena penyakit DBD ataupun tipes. Namun, hanya karena Mama nggak menginginkannya, bukan berarti kita jadi nggak mempersiapkan yang terbaik nih buat si Kecil. Persiapan terbaik yang bisa Mama lakukan adalah dengan memberikan proteksi lewat asuransi khusus untuk penyakit DBD dan tipes, Ma.

Untuk itu, Popmama sarankan Mama mulai harus memikirkan produk asuransi yang dapat meng-cover, kesehatan si Kecil dan keluarga seperti yang dilakukan oleh Adira Insurance. Adira Insurance punya produk Asuransi Demam Berdarah dan Asuransi tipes yang pas banget jadi pertimbangan Mama di masa-masa sekarang ini nih. 

Nggak perlu khawatir Ma, Mama bisa melakukan proses pembelian secara online. Hanya dengan membayar premi minimal Rp50.000,- per enam bulan, Mama bisa mendapatkan santunan rawat inap maksimal lima juta rupiah untuk perawatan maksimal 10 hari. Mama tetap mendapatkan santunan ini meskipun telah dijamin oleh asuransi lain. Selain itu, Adira Insurance juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga sudah dipastikan kredibel dan terpercaya. Jadi, yuk lindungi keluarga dengan asuransi Adira Insurance, Ma!

4. Jaga imunitas tubuh si Kecil

4. Jaga imunitas tubuh si Kecil
Shutterstock/Fit Ztudio

Langkah preventif lainnya adalah dengan selalu memperhatikan kondisi imun si Kecil, Ma. Mama bisa bagi tugas dengan si Papa untuk melakukan tugas yang satu ini. Misalnya Mama bertugas mengawasi asupan maupun nutrisi yang dikonsumsi si Kecil, apakah sudah mencakup Vitamin B6, C, D dan E?

Nah sedangkan di sisi lain, Papa bertugas jadi private trainer yang bertanggung jawab mengajak si Kecil berolahraga secara rutin. Nggak hanya punya imun yang terjaga, si Kecil juga jadi lebih kuat nih, Ma!
 

5. Gunakan kelambu di tempat tidur anak

5. Gunakan kelambu tempat tidur anak
Shutterstock/Geniz Angelina

Terakhir, untuk menjaga si Kecil dari gangguan nyamuk, Mama bisa menggunakan kelambu di tempat tidur si Kecil. Nggak hanya menghindari si Kecil dari serbuan nyamuk, hal yang terlihat sederhana ini juga bisa bikin Mama lebih tenang nih saat harus meninggalkan si Kecil dalam kondisi tertidur. Nggak perlu was-was lagi deh, Ma!

Nah, itu tadi beberapa hal wajib yang harus Mama persiapkan saat memasuki musim hujan agar si Kecil dan keluarga bebas dari ancaman DBD atau tipes. Selalu jaga kesehatan ya, Ma! (CSC)
 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.