5 Tips Senangkan Hati Anak Saat di Rumah Saja Selama Ramadan

Si Kecil happy, Mama makin happy!

12 Mei 2020

5 Tips Senangkan Hati Anak Saat Rumah Saja Selama Ramadan
Shutterstock/Sellwell

Kalau biasanya si Kecil bisa melakukan berbagai aktivitas di luar rumah atau Mama bisa mengajaknya jalan-jalan ke mall atau taman untuk menyenangkan hatinya, saat ini aktivitas-aktivitas tersebut nggak bisa dilakukan karena adanya pandemik yang mewajibkan kita tetap berada di rumah aja. Karena hal tersebut, Mama harus memutar otak lebih kreatif lagi nih untuk bisa meningkatkan mood-nya. Apalagi jika ini adalah momen puasa pertama si Kecil, pasti Mama berusaha keras agar kesan Ramadan yang menyenangkan tertanam di matanya.

Kali ini Popmama akan membagikan beberapa tips untuk menyenangkan hati si Kecil selama di rumah aja nih Ma. Simak ya ulasannya!

1. Bikin prakarya yang bisa digunakan sehari-hari oleh si Kecil

1. Bikin prakarya bisa digunakan sehari-hari oleh si Kecil
Shutterstock/DONOT6_STUDIO

Si Kecil mulai cranky karena kelamaan di rumah aja? Wah kalau terus-terusan begini momen Ramadannya bisa rusak nih Ma. Coba deh alihkan konsentrasinya sama kegiatan lain yang bisa dilakukan di rumah, seperti membuat prakarya. Nggak sembarang prakarya, pastikan Mama mengajak si Kecil membuat prakarya yang fungsinya bisa digunakan sehari-hari ya, misalnya seperti menghias boks mainannya. Dengan begini ia akan merasa bangga dengan hasil karyanya, Ma.

Editors' Picks

2. Melibatkannya saat buat makanan favoritnya untuk sahur atau buka puasa

2. Melibatkan saat buat makanan favorit sahur atau buka puasa
Shutterstock/P Stock

Biar mood-nya terjaga, coba deh Ma, ajak si Kecil ikut menyiapkan hidangan berbuka puasa di dapur. Si Kecil pasti akan sangat bersemangat, apalagi jika yang disiapkan adalah makanan favoritnya. Di momen ini Mama juga bisa sekaligus mengajarkan si Kecil tentang proses panjang yang Mama lalui sehingga ia bisa lebih menghargai makanan.

Buat cari inspirasi hidangan buka puasa, Mama bisa langsung cek di aplikasi Lazada. Karena Lazada tengah menggelar  Lazada Shoppertainment livestream LazLive #BerkahAdaDiRumah di mana Mama bisa menemukan berbagai inspirasi berbagai hal dari ide dekorasi hingga outfit of the day termasuk santapan buka puasa. Pas banget nih buat Mama yang lagi mau ngajak si Kecil "bermain" di dapur. Coba yuk, Ma!

3. Ajak si Kecil memilih pakaian lebaran yang ia inginkan di e-commerce kesayangan Mama

3. Ajak si Kecil memilih pakaian lebaran ia inginkan e-commerce kesayangan Mama
Shutterstock/P Stock

Di situasi seperti sekarang ini, pasti sulit buat pergi ke Mall untuk mendapatkan baju lebaran. Kalau sudah seperti ini, e-commerce akhirnya jadi jalan keluar satu-satunya untuk membeli kebutuhan hari raya seperti pakaian lebaran. Aktivitas cari baju belajar bisa sangat menyenangkan lho bagi si Kecil. Coba ajak si Kecil buat ikut mencari baju lebaran yang cocok untuknya. Di sini Mama bisa mengetahui selera si Kecil dan mempercayakan pilihan padanya lho. Wah, pasti seru nih!

Oh iya, buat cari baju lebaran dengan berbagai pilihan langsung aja buka aplikasi Lazada, Ma. Apalagi kali ini Lazada punya gelaran promo dari Lazada di Ramadan Sale Lazada yang berlangsung dari 17 April - 17 Mei 2020. Masih ada waktu nih, yuk buruan cari baju lebaran favorit Mama dan si Kecil!

4. Berikan ia hadiah berupa es krim dengan berbagai rasa kesukaannya

4. Berikan ia hadiah berupa es krim berbagai rasa kesukaannya
Shutterstock/ANURAK PONGPATIMET

Saat mendengar “reward” di bulan Ramadan seringkali kita mengasosiasikannya dengan hadiah yang hanya diberikan saat hari raya. Padahal reward bisa diberikan jauh sebelum hari itu, bahkan bisa berupa hidangan buka puasa yang istimewa. Nah, dengan begini, si Kecil akan merasa senang karena perjuangannya membuahkan hadiah yang manis di penghujung hari.

Bicara soal hidangan buka puasa, Popmama punya rekomendasi hidangan buka puasa yang pasti disukai si Kecil nih, Ma. Es krim! Si Kecil pasti suka banget nih Ma berbuka dengan manisnya es krim dengan berbagai rasa. Kali ini Lazada juga menghadirkan es krim dengan kualitas terbaik saat berbuka puasa tanpa harus keluar rumah nih. Mama bisa dapatkan es krim ini di Lazada, karena Haagen Dasz baru saja melakukan peluncuran official store secara resmi di Lazada

Dalam rangka peluncuran eksklusif Haagen Dazs Official Store ini, Lazada dan Haagen-Dazs punya promo menarik seperti potongan harga hingga 40% untuk berbagai produk Haagen Dazs yang dijual di Haagen Dazs Official Store di platform Lazada. Ada berbagai produk yang bisa Mama pilih seperti Mini Cup, Pint, Stick Bar, Crispy Sandwich atau Hand Pack. Nggak hanya itu, Lazada dan Haagen Dasz juga menyediakan Ramadan Gift Hampers yang terdiri dari dua jenis yaitu large dan medium. Yuk, Ma langsung cek official store Haagen Dasz sekarang, karena lagi ada promo gratis ongkir nih sampai tanggal 31 Mei 2020! Cek informasi selengkapnya di sini.

5. Ajak si kecil bercerita tentang pengalaman puasanya hari itu

5. Ajak si kecil bercerita tentang pengalaman puasa hari itu
Shutterstock/K.Chuansakul

Bagi si Kecil, puasa mungkin baru dipahami sebagai aktivitas menahan haus dan lapar saja. Namun, disinilah pentingnya peran Mama. Mama bisa terus hadir dalam mendampingi si Kecil dalam menjawab setiap pertanyaan kritisnya tentang puasa. Selain itu, Mama juga bisa menanyakan bagaimana pengalaman si Kecil dalam berpuasa, apa yang ia sukai dan apa yang tidak. Sudah pernah melakukan ini dengan si Kecil, Ma?

Kalau begini caranya sih, si kecil nggak akan cranky lagi!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.