7 Aplikasi Dompet Digital untuk Memudahkan Catatan Keuanganmu

Tidak perlu ribet untuk mencatat lagi pengeluaran dan pemasukan di buku harian, Ma!

24 Maret 2022

7 Aplikasi Dompet Digital Memudahkan Catatan Keuanganmu
Freepik/wirestock

Pada masa panedemi seperti ini, tentunya pengeluaran kita menjadi lebih banyak dari hari-hari biasanya ya, Ma. Mengapa demikian?

Segala aktivitas yang biasa kita lakukan secara seimbang antara di luar dan di dalam rumah, kini menjadi banyak di rumah. Hal-hal tidak terduga pun menjadi meningkat.

Kebutuhan belanja semakin meningkat dan mungkin anak-anak Mama jadi sering belanja secara online ya.

Aplikasi perencanaan keuangan bisa menjadi salah satu yang dapat membatu Mama untuk lebih bisa mengatur keuangan keluarga. 

Berikut ini Popmama.com rekomendasikan lima aplikasi pengatur keuangan yang bisa Mama unggah di handphone Mama. 

1. Andro Money memungkinkan kita menyimpan data di Google Docs

1. Andro Money memungkinkan kita menyimpan data Google Docs
Web.andromoney.com

AndroMoney merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk manfaat pelacakan dan pemasukan setiap bulan dengan cara sederhana dan terperinci.

Pada aplikasi ini, anggaran ditampilkan secara terbuka disertai dengan grafik yang akan memperlihatkan rincian pengeluaran serta sisa kapasitas penyimpanan via Dropbox dan Google Docs. 

Aplikasi pengatur keuangan ini sangat cocok digunakan untuk berbagai macam urusan keuangan seperti anggaran untuk

  • Jalan-jalan,
  • Nonton film,
  • Makan
  • Keperluan kerja,
  • Keperluan rumah tangga, dan
  • Keperluan belanja pakaian.

2. bluBCA, Aplikasi mobile banking dari BCA Digital   

2. bluBCA, Aplikasi mobile banking dari BCA Digital   
blubybcadigital.id

Bagi Mama nasabah BCA, selain BCA digital, salah satu aplikasi mobile banking yang bisa digunakan adalah bluBCA. 

blu merupakan aplikasi mobile banking dari BCA Digital yang didesain dan dikembangkan untuk memberikan kemudahan bagi nasabahnya agar bisa melakukan transaksi finansial dan non finansial melalui handphone.

Aplikasi ini nggak terbatas ruang dan waktu, aplikasi blu bisa diakses 24/7, 365 hari dari genggaman tanganmu! Nabung dan bayar/beli. 

Jika kamu nasabah BCA, kamu bisa memilih opsi "Saya Nasabah BCA" saat melakukan pembukaan rekening blu untuk kemudahan penarikan data pekerjaan dan alamat domisili.
blu memiliki fitur: 

- bluAccount
- bluSaving
- bluGether
- bluDeposit
- Transfer uang
- Tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA
- Beli pulsa & bayar tagihan pascabayar
- Pembayaran internet/TV kabel
- Top up OVO & GoPay
- Pembayaran pakai QRIS
- Cek saldo
- Cek riwayat transaksi
 

Nah, salah satu aplikasi pencatatan keuangan yang ada di blu adalah Monitor, dimana kamu bisa mencatat laporan keuangan, riwayat transaksi, dan tracker. Dilansir dari website resmi blu, seluruh rangkuman portofolio keuangan kamu pada aplikasi blu, berikut E-statement bulanan, sekaligus data pendukung laporan SPT kamu yang bisa di unduh setiap awal bulan.

3. Money Lover, aplikasi keuangan yang mudah digunakan

3. Money Lover, aplikasi keuangan mudah digunakan
Moneylover.me

Mengatur keuangan dengan aplikasi ini sangat mudah dan praktis. Aplikasi ini juga dilengkapi beberapa fitur yang dapat membantu kita mengetahui uang yang masuk dan keluar.

Money Lover  sangat pintar dan mudah digunakan yang memungkinkan kita melacak dan mengelompokkan uang masuk dan keluar, keuangan kita bisa benar-benar terjaga lho Ma.

Aplikasi ini juga dapat diunduh di semua perangkat di ponsel, tablet, PC dan Web. Tersediadi Ios dan Android lho, Ma!

Editors' Picks

4. Money Wiz cocok buat kami yang serba teratur

4. Money Wiz cocok buat kami serba teratur
Maccash.com

Jika Mama sudah terbiasa dengan aplikasi pengatur keuangan, mungkin Mama bisa mencoba aplikasi Money Wiz.

Aplikasi catatan keuangan yang satu ini menawarkan opsi dan fungsi yang lebih banyak dari aplikasi pengatur keuangan lainnya.

Sebagai contoh, aplikasi ini memiliki fitur pembuat laporan keuangan dalam format CSV atau PDF.  

Selain itu, Mama juga akan diberi kemudahan dalam pencatatan transaksi lho, karena aplikasi ini dapat mengelompokkan suatu transaksi ke lebih dari 1 kategori.

Wah, bisa membuat pencatatan keuangan dengan lebih mudah dan teratur ya, Ma!

5. PINA, aplikasi lengkap untuk perencanaan keuangan hingga investasi

5. PINA, aplikasi lengkap perencanaan keuangan hingga investasi
Dok. PINA

Ini dia salah satu aplikasi perencanaan keuangan terbaru yang sangat memudahkan kamu terutama bagi yang baru menginginkan mulai melakukan perencanaan keuangan hingga investasi, PINA namanya. 

PINA menawarkan berbagai fitur yang lengkap tanpa kita harus men-download banyak financial application dalam handphone kita, Ma. Bahkan pada aplikasi ini kita bisa menngatur keuangan secara menyeluruh, mengevalusi cash flow, berinvestasi sesuai dengan financial goals yang ingin dicapai.

Aplikasi yang diusung oleh Trust Sekuritas memberikan solusi lebih efektif, efisien, praktis, dan lebih personal untuk membantu semua orang mencapai tujuan finansialnya.

Hanya dengan satu aplikasi, PINA menawarkan berbagai macam fitur teknologi untuk mempermudah pengelolaan keuangan. Sebagai contoh sistem budgeting yang otomatis akan membantu melihat pertumbuhan “Net Worth” investor beserta pengeluaran, tools untuk membantu berinvestasi dengan autopilot melalui pre-build portofolio yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan tujuan finansial investor, informasi yang terintegrasi dengan berbagai macam aspek keuangan investor (tabungan, deposito, BPJS, kartu kredit, dll) untuk mendapatkan gambaran menyeluruh (360 degree view) tentang keadaan keuangan. Melalui PINA, setiap individu tidak perlu lagi memiliki banyak aplikasi untuk mengatur keuangannya.

Pengguna diharapkan akan merasa seperti memiliki personal assistant/one stop information and investment tools, yang siap memberikan saran atau informasi dan bantuan kapanpun, di manapun, hanya dalam genggaman tangan. Terlepas dari fitur teknologi dan segala kemudahan yang diberikan, dalam penggunaannya, keputusan dan otorisasi akhir masih berada pada investor.

PINA dapat menjadi solusi dalam segala aspek keuangan investor. Tidak perlu khawatir dana ataupun investasi hilang karena dana pengguna berada di Rekening Dana Nasabah (RDN) milik sendiri dan investasi pengguna disimpan di KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) melalui Trust Sekuritas yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sejak 1981.

Trust Sekuritas juga mendapat kepercayaan untuk bekerjasama dengan beberapa perusahaan aset manajemen seperti Sinarmas Asset Management, BNI Asset Management, Sucorinvest Asset Management, serta Bank BNI (PT Bank Negara Indonesia Tbk) di mana Rekening
Dana Nasabah (RDN disimpan).

Nah, selain aman, terdapat beberapa fitur unggulan dari PINA diantaranya :

  • PinaSave: Tools ini bisa dibilang menjadi fitur keunggulan buat kamu yang susah banget mengatur keuangan. Bukan hanya untuk menabung, tools ini juga dapat membantu pengguna dalam mengatur keuangan dengan lebih cerdas sesuai dengan tujuan finansial investor. Sebagai contoh mengatur dana pensiun dan dana pendidikan bahkan perhitungan saat kita ingin membeli sebuah hunian. Hemm...nggak perlu lagi jasa Financial Planner kalau dalam genggaman kita bisa mengatur keuangan dengan mudah. 
  • PinaInvest: Kadang, kita mesti men-download aplikasi lain untuk investasi di luar aplikasi khusus financial planner, namun dengan PINA, kita juga bisa melakukan investasi lho. Fitur ini cocok banget untuk investor pemula yang masih awam atau bingung dengan cara berinvestasi yang tepat. Kita hanya cukup mencantumkan goal yang ingin kita capai, profil resiko kita, serta menjawab beberapa pertanyaan lainnya. PinaInvest akan merekomendasikan portofolio investasi yang sudah disesuaikan dengan keadaan keuangan dan tujuan finansial kita. Investor tidak perlu lagi pusing dengan banyaknya pilihan portofolio dan pergerakan pasar setiap harinya, karena melalui teknologi yang sudah dibangun oleh engineer PINA, fitur ini akan membantu mengatur portofolio investasi pengguna untuk mendapatkan hasil yang terbaik. PinaInvest juga dapat dipergunakan oleh investor berpengalaman, Investor juga tetap bisa menentukan dan memilih portofolionya sendiri.

  • Pina Cash: Nah, fitur ini semacam fitur menabung yang mudah dan lebih untung daripada deposito bank. Uangnya bisa ditarik kapan saja tanpa ada biaya* dengan indikasi tingkat pengembalian 4%++*. (Disclaimer: Penarikan kapan saja tanpa ada biaya.
    (Disclaimer: Indikasi tingkat pengembalian berdasarkan kinerja masa lalu, bukan merupakan
    jaminan atas kinerja masa depan).

  • PinaClassroom: Membayar jasa financial planner lumayan menguras kantong, kan? Saatnya mencoba fitur ini, karena fitur ini memberikan edukasi mengenai finansial secara gratis
    dengan materi yang tidak kalah dengan kelas berbayar namun mudah dibaca dan dimengerti. Di dalam fitur ini kita juga diberi tips & trik dalam mengelola keuangan, pemasukan dan investasi. 

6. Wallet yang bisa hubungkan dengan bank

6. Wallet bisa hubungkan bank
Budgetbuckers.com

Wallet memiliki fitur yang dapat menghubungkan transaksi dan saldo bank yang kita gunakan.

Keunggulan lain yang ditawarkan dalam aplikasi ini adalah mendukung banyak uang dan dapat menyimpan data dalam berbagai jenis file dengan fitur cloud sync .

Selain itu, tersedia fitur berbagi akun yang memperbolehkan Mama berbagi akun dengan pengguna lain. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna IoS juga Android lho, Ma!

7. Jenius memiliki fitur keluar masuk keuangan masuk dalam fitur cash flow

7. Jenius memiliki fitur keluar masuk keuangan masuk dalam fitur cash flow
Jenius.com

Mama pasti tahu Jenius ya! Jenius,merupakan produk finance dari Bank BTPN.

Baru-baru ini Jenius meluncurkan fitur terbaru mereka yang dinamakan Moneytory.

Fitur ini bisa membantu kita mengelola cash flow dengan lebih simpel melalui pencatatan pengeluaran dan pemasukan secara otomatis melalui aplikasi Jenius.

Moneytory mencatat pemasukan dan pengeluaran dari transaksi uang masuk dan uang keluar di Saldo Aktif dan Kartu Debit Utama (m-Card).

Selain itu, pengguna juga bisa mengetahui ringkasan kondisi finansial secara jelas, mulai dari berapa jumlah pemasukan atau pengeluaran, berapa selisih diantara keduanya, dan melihat grafik pengeluaran dengan mudah berdasarkan tanggal dan nominalnya lho Ma!

Aplikasi Jenius juga tersedia untuk pengguna Android dan Ios lho!

Semua aplikasi ini membantu Mama untuk melkaukan pencatatan keungan dengan lebih baik dan terperinci.

Cara menggunakan aplikasi-aplikasi ini juga sangat mudah dan akan menghemat waktu Mama. Yuk, download

Baca juga:

8. Aplikasi Bank Jago yang memudahkan kita memisahkan uang

Selanjutnya, 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk