Mengungkap Fakta Sepeda Brompton yang Sudah Ada Sejak Tahun 70an!

Kerangka unik dan harganya fantastis lho!

5 Juli 2020

Mengungkap Fakta Sepeda Brompton Sudah Ada Sejak Tahun 70an
Brompton.com

Brompton Bicycle adalah sebuah produsen sepeda lipat yang berkantor pusat di Greenford, London.

Produk utama Brompton adalah sepeda lipat dan aksesorisnya. Semua model sepeda lipat yang dibuat Brompton memiliki bingkai sepeda berengsel yang sama dan ukuran ban 16 inci.

Nama sepeda Brompton sudah tidak asing di telinga para pecinta sepeda. Namun, publik di Indonesia secara luas baru mengenal nama sepeda ini ketika Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menyita dua sepeda Brompton sebagai barang selundupan pada awal Desember tahun lalu.

Saat itu, publik menjadi heboh lantaran sepeda bersama motor Harley Davidson menjadi barang impor ilegal yang diselundupkan melalui pesawat baru Garuda Indonesia berjenis Airbus A330-900.

Apalagi itu menyeret Ari Askhara sebagai otak di balik penyelundupan hingga dicopot dari jabatan Dirut Garuda. 

Terlepas dari itu, Brompton termasuk sepeda idaman bagi pecinta olahraga, khususnya bersepeda. Meski begitu, sepeda ini terkenal dengan harganya yang sangat fantastis.

Berdasarkan penelusuran Popmama.com, di salah satu toko online harga sebuah sepeda Brompton seri Custom Army Green mencapai Rp90 juta. 

Kira-kira apa saja sih fakta menarik mengenai sepeda Brompton ini sampai diselundupkan seperti itu?

Popmama.com sudah merangkum fakta unik sepeda Brompton yang bikin ingin beli!

1. Sudah ada sejak 45 tahun yang lalu!

1. Sudah ada sejak 45 tahun lalu
Sepeda.me

Ternyata sepeda Brompton ini bukan produk baru lho, Ma!  Produk ini suda diciptakan sejak 44 tahun lalu.

Tahun depan, Brompton genap berusia 45 tahun sejak pertama kali diciptakan oleh Andrew Ritchie yang mulai beredar sejak tahun 1975.

Brompton telah menjual lebih dari 100 ribu unit sepeda. Pada 2008 lalu, sepeda yang pabriknya berada di Greenford, London, Inggris tersebut, telah mengekspor 25 ribu unit ke pasar Belanda, Amerika, Jerman, Jepang dan Skandinavia.

Ritchie pun menerima penghargaan Prince Philip Designers Prize pada 2009 atas karyanya di bidang sepeda.

2. Harga fantastis bikin mulut menganga!

2. Harga fantastis bikin mulut menganga
Dok/Brompton

Harga sepeda Brompton tentu saja lebih tinggi ketimbang sepeda pada umumnya.

Hal ini dikarenakan harus menghitung beban biaya pengiriman, pajak, dan laba bagi si penjualnya. Sepeda Brompton dibandrol mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta.

Kalau dilihat di situs-situs jual beli, harganya mencapai Rp150 jutaan untuk versi terbaru dan Rp26 jutaan untuk tipe paling murah.

Bahkan ada dengan spesifikasi tertentu bisa mencapai Rp200 jutaan. Wow, harga yang sangat fantastis untuk ukuran sepeda!

Editors' Picks

3. Bentuk unik bikin tertarik

3. Bentuk unik bikin tertarik
Brompton.com

Karena bentuknya yang unik dan bisa dilipat, Brompton snagat digemari walaupun harganya selangit! Brompton memiliki kerangka yang unik.

Tidak seperti sepeda lain pada umumnya, salah satu keunggulan Brompton adalah ukurannya yang kecil dan bisa dilipat. Dalam posisi terlipat, ukurannya hanya setinggi 58,5 cm, panjang 56,5 cm dan selebar 27 cm.

Pada semua model, tabung utama dan batang setang terbuat dari baja. Sementara segitiga belakang dan garpu dapat terbuat dari baja atau titanium, tergantung modelnya.

Jadi, Mama gak perlu repot dan perlu banyak tenaga ya, hanya butuh hitungan detik saja untuk melipatnya.

4. Cocok menjadi pilihan gaya hidup

4. Cocok menjadi pilihan gaya hidup
Brompton.com

Walaupun harganya sangat tinggi, tentunya sebanding dengan kualitasnya dong! Mama bisa menjadika Brompton sebagai pilihan gaya hidup. Mengapa demikian?

Dengan ukurannya yang mungil dan bisa dilipat menjadikan Brompton pilihan gaya hidup karena mudah dibawa ke mana-mana.

Kamu bisa membawa Brompton dalam kereta hingga masuk ke dalam kantor tanpa perlu khawatir akan memakan tempat.

Kamu juga bisa membawanya jalan-jalan menggunakan mobil dan bersepeda di tepi pantai ataupun area pegunungan lebih nyaman dengan sepeda ini.

Beberapa asesoris tersedia seperti tas, pompa, atau lampu yang siap mempercantik sepeda ini.

5. Merupakan produk handmade!

5. Merupakan produk handmade
Brompton.com

Sepeda Brompton menjadi mahal karena proses pembuatannya diklaim handmade.

Aspek buatan tangan tersebut diyakini menghasilkan sepeda yang lebih presisi dan rapi dibandingkan sepeda yang diproduksi massal dengan mesin.

Bagian ini pula yang tentu membuat harga Brompton berbeda dari sepeda sejenis lainnya. Wah tentunya tidak perlu diragukan lagi ya, Ma?

6. Mempunyai berbagai macam seri

6. Mempunyai berbagai macam seri

Brompton termasuk sepeda dengan banyak asesoris pendukung. Misalkan untuk gear-nya. Gear pada Brompton paling banyak hingga saat ini baru sampai 6 gear.

Tiap gear memiliki fungsi yang berbeda. Misalkan 1 speed lebih simple dan ringan untuk bersepeda di medan perkotaan yang datar. 

Brompton juga menyediakan Mud Guard sebagai penahan lumpur pada roda sehingga menambah kenyamanan bersepeda, terutama pada daerah yang basah, dan banyak hujan. Terdapat beberapa jenis untuk Mud Guard ini dalam seri Brompton.

7. Mendapat penghargaan dari Ratu Inggris!

7. Mendapat penghargaan dari Ratu Inggris
Brompton.com

Pada 1995, sepeda Brompton mendapat penghargaan Royal Recognition dari Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II.

Penghargaan inilah yang semakin melambungkan nama sepeda Brompton ke seluruh dunia. Ditambah lagi dengan Brompton World Championship yang diadakan sejak 2008 hingga saat ini membuat nama Brompton berada dideretan sepeda termahal di dunia.

Gimana Ma? Apa Mama semakin tertarik untuk memiliki sepeda Brompton ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.