7 Gerakan Olahraga yang Dapat Mengencangkan Payudara

Nggak mahal dan anak-anak bisa jadi suporter!

26 Januari 2021

7 Gerakan Olahraga Dapat Mengencangkan Payudara
Unsplash/shotsbywolf

Menikah, hamil, melahirkan, mengurus anak adalah kegiatan yang banyak dilakukan para perempuan. Terkadang ketika sudah masuk fase motherhood, dengan berbagai hal yang sudah dilalui oleh badan kita.

Ingin rasanya punya badan seperti sebelum punya anak. Salah satu aset yang dimiliki oleh perempuan adalah bagian payudara atau bagian dada. Terkadang memiliki bagian dada yang kencang membuat rasa percaya diri semakin meningkat. 

Tapi dengan kegiatan mengurus anak, suami dan rumah banyak yang menjadi penghambat untuk mencapai keinginan itu.

Mama, jangan khawatir kali ini Popmama.com akan memberikan gerakan-gerakan mudah yang dapat mengencangkan bagian payudara serta dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. 

1. Cobra pose

1. Cobra pose
Unsplash/tabithabrooke

Gerakan cobra pose banyak ditemu dalam olahraga yoga ataupun streching di awal sebuah rangkaian olahraga.

Gerakan ini sangat mudah tetapi mempunyai efek yang bisa membuat tubuh kita lebih santai sebelum masuk ke gerakan olahraga lainnya.

Dalam gerakan ini cukup menggunakan sebuat mat ataupun alas yang tersedia di rumah kamu. Lakukan selama 3 set, dengan 10 kali di setiap setnya. 

2. Chest press

2. Chest press
Unsplash/jonathanborba

Chest press menjadi salah satu gerakan andalan dalam mengencangkan payudara. Tidak hanya itu, gerakan ini juga melatih otot-otot yang ada di bagian lengan dan pundak. Gerakan ini juga melatih bagian tangan kita juga.

Chess press sebenarnya dapat mengunakan beban ataupun tidak. Biasanya gerakan ini mengggunakan barbel sebagai beban yang digunakan tetapi jika tidak ada tidak perlu khawatir karena yang kamu butuhkan hanya 2 botol air minum yang di isi air yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti barbel.

Sama seperti gerakan sebelumnya, lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dengan 10 kali per setnya. 

Editors' Picks

3. Pullover

3. Pullover
Unsplash/bklaver

Gerakan pullover juga dapat menggunakan bantuan alat beban seperti barbel, tetapi jika tidak memiliki barbel bisa digantikan dengan 2 botol yang di isi air sebagai beban.

Pullover akan membantu Mama untuk melatih bagian belakang tubuh serta bagian dada serta gerakan ini dapat memperbaiki postur tubuh kita. Cukup lakukan 3 set dengan 10 kali per setnya. 

4. Planking

4. Planking
Pexels/ellyfairytale

Gerakan planking dikenal sebagai salah satu gerakan yang sulit. Bagi orang yang tidak terbiasa, gerakan ini akan menjadi hal yang sangat sulit. Lakukan gerakan planking yang awal, tanpa ada variasi planking lainnya.

Coba lakukan 3 set, dengan waktu 1 setnya 1 menit. Jika sudah terbiasa, Mama dapat menambahkan gerakan variasi planking lainnya. Planking dapat melatih otot-otot yang ada di bagian dada dan kekuatan tangan kita. 

5. Tricep dips

5. Tricep dips
verywellfit.com

Gerakan ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bisa dilakukan ketika Mama menunggu masakan di dapur, atau sebelum tidur.

Untuk melakukan gerakan ini, kamu membutuhkan cukup meja atapun pinggir tempat tidur atau furniture yang kuat menahan beban badan kita.

Gerakan nya cukup dilakukan naik dan turun seperti pada gambar di atas. Olahraga ini tidak hanya melatih bagian tangan, lengan tetapi juga melibatkan bagian dada. Lakukan sebanyak 2 set untuk pemula, setiap set nya 10 kali. Ketika Mama sudah terbiasa, bisa ditambahkan menjadi 3 set.  

Wall push-up

Wall push-up
Pexels/ivansamkov

Sama seperti gerakan tricep dips, wall push-up juga dapat dilakukan dimana saja. Selama ada dinding sebagai tumpuan kita melakukan wall push-up.

Gerakan yang dilakukan juga sangat mudah seperti kita melakukan gerakan push-up bedanya kita melakukan olahraga ini dengan berdiri dan dinding menjadi tumpuan badan kita. Jangan lupa tetap jaga keseimbangan ya Mama!

7. Bent arms chest opened

7. Bent arms chest opened
empoweredzine.com

Gerakan ini juga menjadi gerakan yang banyak dilakukan dalam mengencangkan bagian payudara. Selain itu gerakan bent arms chest opened ini juga melatih bagian paha, pantat serta kekuatan kaki kita.

Untuk pemula sebaiknya tidak dianjurkan untuk memforsir, ketika sudah terbiasa bisa ditingkatkan kesulitannya. Lakukan gerakan ini 2 set dengan 10 kali untuk pemula. 

Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melakukan olahraga. Gerakan-gerakan di atas adalah olahraga yang tidak membutuhkan banyak peralatan serta dapat di lakukan di rumah. Kita bisa ajak anak-anak sebagai supporter kita Mama. Semangat awet muda yuk! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.