5 Cara Mudah Cegah Diabetes untuk Kaum Millennial

Diabetes bisa menyerang siapa pun, jadi jangan abaikan kesehatanmu

12 Juli 2020

5 Cara Mudah Cegah Diabetes Kaum Millennial
Freepik/pressfoto

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi di masyarakat.

Tak hanya karena faktor keturunan, diabetes juga bisa disebabkan dari gaya hidup yang buruk, seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat.

Salah satu cara untuk mencegah diabetes adalah banyak bergerak.

Hindari terlalu lama diam menonton televisi, gawai, ataupun bermain komputer yang menyebabkan berat badan berlebih dan juga meningkatkan risiko terkena diabetes.

Diabetes bisa menyerang siapa saja, tak hanya orangtua tapi juga bisa menyerang kaum milenial.

Sebaiknya luangkan sedikit waktu untuk bergerak atau berolahraga. Hal ini dikarenakan jika Mama sering menggunakan otot untuk bergerak dapat meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap insulin dan glukosa. 

“Diabetes tidak hanya menyerang orangtua, tapi juga bisa menyerang siapa saja. Diabetes dapat terjadi pada siapa saja karena pengaruh dari gaya hidup yang tidak sehat. Dapat kita lihat generasi muda saat ini yang lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji, hal ini menyebabkan risiko terkena diabetes semakin besar,” ungkap dr. Rudy Kurniawan, Sp. PD, dokter yang juga founder Sobat Diabet dalam acara Beat Diabetes Online Festival 2020 Tropicana Slim yang bertajuk Tips Cegah Diabetes Untuk Milenial pada Jumat 10Juli2020.

Belum lagi beragamnya minuman dan makanan manis yang tren membuat kamu jadi lebih sering mengonsumsinya.

Lantas bagaimana cara lain mencegah diabetes yang mudah dan tepat bisa dilakukan? Berikut Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Konsumsi sayur dan buah

1. Konsumsi sayur buah
newkidscenter.com

Cara pertama ubah pola makan Mama dan keluarga dengan mengonsumsi makanan berbagai macam sayur dan buah-buahan.

Cara ini bisa menjadi cara mencegah diabetes. Adapun berbagai makanan yang harus dihindari tentunya yang mengandung lemak trans, lemak jenuh, dan gula yang banyak.

“Seringkali diabetes dikaitkan dengan penambahan gula yang berlebihan pada minuman atau makanan. Padahal banyak juga gula yang terkandung dalam minuman kemasan. Kondisi lemak yang berlebihan juga dapat berpengaruh pada penyakit diabetes. Orang yang obesitas berisiko terkena diabetes lebih besar,” ungkap Rudy.

Editors' Picks

2. Kualitas tidur yang baik

2. Kualitas tidur baik
Pexels/Andrea Piacquadio

Tahukah Mama, memiliki kualitas tidur yang buruk bisa meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.

Oleh karena itu, kurangi begadang malam dan pastikan kebutuhan istirahat atau tidur Mama dan keluarga dapat tercukupi dengan baik. Hal ini juga sangat penting sebagai cara mencegah diabetes yang bisa Mama lakukan. 

3. Hindari stres

3. Hindari stres
Freepik/drobotdean

Menghindari stres dengan menciptakan pikiran yang positif bisa menjadi cara mencegah diabetes selanjutnya.

Stres ternyata bisa memicu pelepasan beberapa hormon yang meningkatkan gula darah.

Oleh karena itu, perbanyakan aktivitas fisik dan dapatkan berbagai macam dukungan sosial dari teman, sahabat, keluarga, dan sebagainya, karena hal tersebut juga bisa membantu menghilangkan stres. 

4. Kurangi merokok dan alkohol

4. Kurangi merokok alkohol
autoslash.com

Cara mencegah diabetes berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi rokok dan minum minuman beralkohol.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan nikotin dari rokok yang mampu merusak sel pankreas yang memproduksi insulin dan meningkatkan risiko diabetes. 

5. Mengecek kadar gula darah secara periodik

5. Mengecek kadar gula darah secara periodik
Pixabay/HansMartinPaul

Mengecek kadar gula darah dalam tubuh secara periodik sangat penting. Hal ini dikarenakan gejala penyakit diabetes yang sulit terdeteksi.

Dengan melakukan pengecekan secara rutin, membuat kita dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Saling mengingatkan dalam lingkungan keluarga seperti mengingatkan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat juga sangat penting agar tetap saling terjaga kesehatan tubuh Mama dan keluarga dari penyakit diabetes ini.

Nah, itu dia beberapa cara mudah agar terhindar dari penyakit diabetes. Tetap jaga kesehatan Mama dan keluarga, ya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.