7 Hal yang Bisa Membantu Mama Bijak dalam Mengatur Keuangan Keluarga

Sudahkah Mama memikirkan pertanyaan-pertanyaan penting terkait keuangan di sini?

2 Agustus 2018

7 Hal Bisa Membantu Mama Bijak dalam Mengatur Keuangan Keluarga
Pixabay/kaboompics

Keberhasilan dalam mengurus rumah tangga memang ditentukan dari tekad dan sikap disiplin Mama dalam memprioritaskan kebutuhan Si Kecil dan Papa tercinta. Namun, hal tersebut tentu saja membutuhkan sokongan keuangan.

Nah, dalam hal ini Mama harus bisa mengatur keuangan keluarga supaya semua kebutuhan yang diperlukan dapat terpenuhi. Untuk membantu Mama lebih bijak dalam mengatur uang, berikut adalah 7 pertanyaan seputar keuangan yang penting direfleksikan dalam perencanaan keuangan keluarga.

1. Alasan utama apa yang menentukan keputusan Mama untuk mengatur uang?

1. Alasan utama apa menentukan keputusan Mama mengatur uang
Pixabay/adinavoicu

Di atas segalanya, Mama haruslah mengarahkan orientasi Mama terhadap prioritas utama yang menjadi alasan kenapa Mama memutuskan untuk mulai mengatur uang dengan bijak. Melalui pertanyaan seputar kepentingan tersebut, Mama dipastikan akan merasa termotivasi untuk benar-benar menjalani proses ke depan.

Layaknya sebuah mobil yang terus melaju dengan tujuan, itulah yang akan Mama lalui ketika Mama mendapatkan jawaban mengenai alasan utama kenapa Mama harus mengatur uang.

2. Berapa pemasukan Mama dan Papa setiap bulan?

2. Berapa pemasukan Mama Papa setiap bulan
collegemagazine.com

Mengikuti ilustrasi terkait mobil seperti yang kami berikan pada poin sebelumnya, kita tentu setuju bahwa mobil yang siap melaju dengan tujuan yang pasti tetap membutuhkan perencanaan terkait takaran bahan bakar yang dibutuhkan.

Begitu juga dengan Mama, dalam proses mengurus keperluan rumah tangga, Mama-pun harus bisa menghitung pemasukan Mama dan Papa setiap bulannya guna memastikan kecukupan jumlah uang dengan keperluan yang harus dipenuhi.

Editors' Picks

3. Berapa jumlah rata-rata uang untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga secara terpisah?

3. Berapa jumlah rata-rata uang memenuhi kebutuhan anggota keluarga secara terpisah
Pixabay/stevepb

Setelah mengetahui jumlah pemasukan Mama dan Papa setiap bulannya, pertanyaan mengenai jumlah rata-rata uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga haruslah dicanangkan sebagai langkah selanjutnya. Secara khusus, kami menyarankan supaya Mama mengkalkulasinya mulai dari perkiraan jumlah rata-rata uang untuk kebutuhan anggota keluarga secara terpisah. Hal ini akan membuat Mama tidak melupakan kebutuhan masing-masing anggota di mana Mama secara otomatis akan terdorong untuk memilah-milah semuanya berdasarkan kepentingan dan kesanggupan keuangan keluarga. Alhasil, Mama akan menemukan jumlah rata-rata untuk kebutuhan keluarga yang cukup sekaligus melingkupi prioritas utama.​

4. Sebutkan keperluaan pembayaran kredit yang Mama tanggung!

4. Sebutkan keperluaan pembayaran kredit Mama tanggung
Pixabay/jeshootscom

Berbicara mengenai kebutuhan di era Millenial sekarang ini, kita tentu mengerti bahwa hal tersebut tidak hanya mengacu pada keperluan rumah tangga terkait makanan dan hal semacam lainnya. Sebaliknya, ada pembayaran kredit dan tunggakan lainnya seperti listrik. Hal ini wajib dimasukkan ke dalam perencanaan keuangan di mana Mama sebaiknya membuat list terkait tanggung jawab Mama terhadap pembayaran kredit. Dari sini, Mama dapat mengetahui kesanggupan keuangan Mama sekaligus menyisihkan jumlah uang tersebut untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu, sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang ditentukan.

5. Apakah Mama pernah menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting sehingga menyesal?

5. Apakah Mama pernah menghamburkan uang hal-hal tidak penting sehingga menyesal
Pixabay/gonghuimin468

Sebagai manusia biasa, kita tentu saja memiliki kelemahan tersendiri terkait penggunaan uang. Tanpa terkecuali Mama.

Pastilah, ada beberapa pengalaman sebelumnya di mana Mama pernah berada di situasi di mana Mama terdorong untuk menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting sehingga menyesal.

Coba, ingat-ingat kembali pengalaman-pengalaman tersebut dan jadikanlah pelajaran untuk Mama tidak melakukan hal yang sama kali ini.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan ala Demi Lovato untuk Anak Remaja Mama

6. Sebutkan 5 cara yang bisa membantu Mama untuk menyimpan uang!

6. Sebutkan 5 cara bisa membantu Mama menyimpan uang
Pixabay/stevepb

Mengatur keuangan untuk memenuhi kebutuh keluarga tidak hanya mengacu pada upaya-upaya umum seperti mengetahui pemasukan bulanan dan perkiraan jumlah uang untuk kebutuhan keluarga. Sebaliknya, Mama juga harus bisa menyimpan uang untuk keperluan darurat.

Nah, untuk membantu Mama melakukannya, Mama sebaiknya melakukan proses refleksi diri dengan menyebutkan 5 cara yang bisa membantu Mama untuk menyimpan uang.

Baca juga: Cara Cermat Mengatur Keuangan Keluarga

7. Berapa banyak dan lama Mama sebaiknya menabung uang?

7. Berapa banyak lama Mama sebaik menabung uang
Pixabay/brett_hondow

Masih berbicara mengenai upaya yang bisa membantu Mama rajin menabung atau menyimpan uang, Mama sebaiknya turut mempertanyakan diri mengenai berapa jumlah yang sebaiknya disimpan dalam jenjang waktu tertentu. Hal ini akan membuat Mama mampu menyeimbangkan dengan keperluan terkait pengeluaran yang tidak bisa dihindari.

Sekarang, Mama sudah mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan melalui 7 pertanyaan di atas. Yuk, tanyakan dan jawablah sendiri-sendiri dengan bantuan Papa tercinta!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.