TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Makanan Indonesia yang Bisa Dimasak dengan Kompor Bertenaga Listrik

Benarkah masakan Indonesia tidak cocok dimasak menggunakan kompor listrik?

28 September 2022

7 Makanan Indonesia Bisa Dimasak Kompor Bertenaga Listrik
Pexels/Katerina Holmes

Wacana konversi kompor LPG menjadi kompor listrik ramai diperbincangkan netizen di jagat maya pasca anggota DPR yang juga penyanyi, Mulan Jameela, mengajukan kritik saat agenda rapat kerja Komisi VII dengan Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin pada Rabu (21/9/2022).

Dalam rapat tersebut, Mulan menilai program konversi kompor listrik itu terlalu terburu-buru. Menurutnya, program tersebut bisa menyelesaikan masalah dengan masalah yang baru.

Sebagai ibu-ibu, Mulan merasa tidak bisa lepas dari kompor LPG meski ia juga memiliki kompor listrik di rumah.

“Kenapa (tak bisa lepas dari kompor gas)? Karena masakan Indonesia ya beda, bukan kaya masakan orang bule yang seukuran segitu. Apalagi kalau hajatan, apa cukup (masak pakai kompor listrik)?” kata Mulan mengkritisi.

Kabar terbaru, wacana konversi itu akhirnya dibatalkan oleh PT PLN (Persero). Langkah ini dilakukan guna menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Namun, benarkah masakan Indonesia tidak cocok dimasak menggunakan kompor listrik?

Dirangkum Popmama.com, berikut 7 jenis masakan Indonesia yang sudah terbukti dapat dimasak menggunakan kompor listrik dengan cepat.

1. Gulai ayam

1. Gulai ayam
Freepik/jcomp

Jauh sebelum wacana konversi kompor listrik ini digaungkan, pemilik channel Youtube Ricky Andrian sudah pernah membuktikan bahwa kompor listrik juga bisa digunakan untuk memasak berbagai makanan Indonesia, salah satunya gulai ayam.

Dalam channel Youtubenya, Ricky menggunakan kompor listrik tipe induksi, yang memanaskan panci dan wajan menggunakan energi elektromagnetik. Kompor ini tidak membuat alat masak dan kompor terasa panas meski saat dinyalakan.

Untuk memasak satu wajan gulai ayam, kompor induksi yang digunakannya membutuhkan daya sebesar 600 hingga 1100 watt, tergantung besaran suhu yang digunakan untuk memasak.

Ia membuktikan, satu wajan gulai ayam bisa matang sempurna sekitar 40 menit dimasak dengan menggunakan kompor induksi.

2. Rendang

2. Rendang
Unsplash/Bawah Reserve

Tak hanya gulai ayam, pemilik channel Youtube lain juga pernah membuktikan dapat memasak rendang menggunakan kompor induksi.

Dilansir dari channel FYZ Garden, awalnya ia memperkirakan rendang yang ia masak akan dapat matang setelah 3 jam. Namun, terlihat setelah 1,5 jam memasak di kompor induksi, daging rendang sudah mulai empuk dan kuah santai sudah menjadi cokelat dan berminyak.

Ia hanya tinggal menunggu agar bumbunya mengering agar rendang bisa lebih awet untuk disimpan.

Editors' Picks

3. Oseng atau tumis sayur

3. Oseng atau tumis sayur
Youtube.com/Ricky Andrian

Untuk masakan sederhana seperti oseng atau tumis sayur, memasak dengan kompor induksi bahkan hanya membutuhkan waktu sekitar 6 menit.

Dengan mengatur mode fry, kompor listriknya butuh daya sekitar 1100 watt saat awal memanaskan kompor. Daya tersebut akan turun bila suhu kompor juga diturunkan.

"Memang bebannya lebih besar, tapi secara energi lebih efisien," kata Ricky Andrian di channel Youtube-nya.

4. Nasi goreng

4. Nasi goreng
Freepik/jcomp

Memasak nasi goreng menggunakan kompor induksi juga dibuktikan Ricky Andrian.

Ia mengecek daya yang dibutuhkan untuk memasak dengan mode fry butuh daya sekitar 930 watt. Ketika suhu kompornya diturunkan, daya pun berkurang hingga 5 watt saja.

"Untuk menghitung berapa watt yang kita bayar untuk masak nasi goreng, maka harus hitung berapa watt dikalikan waktu. Jadi kalau ada yang bilang pakai kompor listrik nanti bayar listriknya mahal, itu tidak benar. Karena yang kita bayar itu KWH-nya, bukan watt-nya. Kalau watt besar tapi menitnya (waktu) kecil, ya KWH tidak besar," katanya.

5. Telur orak-arik

5. Telur orak-arik
Youtube.com/Ricky Andrian

Ricky Andrian juga mencoba memasak makanan sederhana seperti telur orak-arik. Daya 1100 watt terlihat saat kompor diset dengan suhu tinggi dengan mode fry, kemudian akan turun ketika suhu diterus diturunkan ketika wajan sudah terlalu panas.

Untuk memasak telur orak-arik, ia membuktikan hanya butuh waktu sekitar 5 menit hingga masakan matang.

6. Capcay goreng

6. Capcay goreng
Youtube.com/Ricky Andrian

Ia juga mencoba membuktikan masak capcay goreng menggunakan kompor induksi.

Saat kompor baru dinyalakan, daya yang terlihat 640 watt. Ketika suhu dinaikkan bebannya naik menjadi 1000 watt.

Namun, tidak diketahui butuh waktu berapa lama untuk memasak sewajan penuh capcay goreng.

7. Jagung bakar

7. Jagung bakar
Youtube.com/Ricky Andrian

Ricky Andrian juga mencoba membuktikan kompor induksi bisa digunakan untuk memasak jagung bakar, alih-alih menggunakan arang dan dikipas-kipas.

Saat mulai menyalakan kompor, daya yang dibutuhkan sekitar 1200 watt. Namun, ia tidak menyebutkan butuh berapa lama untuk memasak 4 buah jagung bakar menggunakan wajan khusus grill dan kompor listrik.

"Ini hitamnya bukan karena arang ya, tapi bumbu. Jadi tidak berbahaya buat kesehatan," katanya.

Itulah 7 masakan Indonesia yang terbukti bisa dimasak menggunakan kompor listrik tipe induksi. Mama juga bisa mencobanya, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk