Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mengenal Tingjing, Lamaran yang Dilakoni Jess No Limit dan Sisca Kohl

Jess No Limit dan Sisca Kohl secara diam-diam telah mengadakan acara lamaran khas Tionghoa

7 Oktober 2022

Mengenal Tingjing, Lamaran Dilakoni Jess No Limit Sisca Kohl
Instagram.com/jessnolimit

Youtuber Jess No Limit dan Sisca Kohl secara diam-diam telah mengadakan acara lamaran pada 10 Agustus 2022 lalu. Hal ini terlihat dari unggahan foto di Instagram masing-masing.

Sisca tampak menawan mengenakan gaun brokat warna metallic bronze bercorak burung bangau. Sementara laki-laki bernama lengkap Tobias Justin itu mengenakan pakaian khas tang suit dengan warna senada.

Dengan dihadiri keluarga inti, mereka mengadakan acara lamaran sesuai tradisi Tionghoa, yaitu Kalungan atau Tingjing.

"Kalungan / Tingjing (定亲) Mr. & Mrs. No Limit 10 Agustus 2022 😍❤️," tulis Jess No Limit di keterangan foto yang diunggahnya.

Apa sih Tingjing itu? Berikut Popmama.com rangkum fakta lengkap seputar Tingjing yang dilakoni Jess No Limit dan Sisca Kohl.

1. Apa itu Tingjing?

1. Apa itu Tingjing
Instagram.com/jessnolimit

Tingjing merupakan pertunangan tradisional ala Tionghoa, di mana keluarga dari pihak laki-laki memakaikan kalung sebagai bentuk keseriusan keluarga meminang.

Prosesi inilah yang dilakoni Jess No Limit dan Sisca Kohl. Dari foto yang diunggah di Instagramnya, terlihat ibu dari keluarga laki-laki memakaikan kalung di leher Sisca, yang dibantu oleh Justin.

Editors' Picks

2. Prosesi dilakukan di rumah keluarga mempelai perempuan

2. Prosesi dilakukan rumah keluarga mempelai perempuan
Instagram.com/jessnolimit

Prosesi Tingjing umumnya dilakukan di rumah keluarga mempelai perempuan, di mana keluarga mempelai laki-laki akan datang dengan membawa hantaran.

Di masa kini, prosesi ini bisa saja dilakukan di ballroom atau restoran, tapi pihak keluarga perempuan tetap menjadi tuan rumah.

3. Meminang dengan kalung bukan cincin

3. Meminang kalung bukan cincin
Instagram.com/jessnolimit

Dalam tradisi Tioghoa, prosesi lamaran atau pengikatan dilakukan dengan menggunakan kalung, bukan cincin. Karena itu tradisi Tingjing disebut juga dengan Kalungan.

Ibu pihak laki-laki akan mengenakan kalung kepada calon menantunya, sebagai bentuk doa dan restu kepada pihak perempuan. Setelah tradisi ini, keduanya resmi menjadi caon mempelai wanita dan calon mempelai pria.

4. Menentukan tanggal pernikahan

4. Menentukan tanggal pernikahan
Instagram.com/jessnolimit

Pada prosesi Tingjing, acara intinya adalah menentukan tanggal pernikahan. Tanggal pernikahan akan ditentukan sesuai kesepakatan kedua belah pihak, termasuk menyiapkan bazi masing-masing mempelai. Dalam adat Jawa, bazi dikenal dengan istilah weton.

Dalam prosesi ini, biasanya keluarga akan mengundang seorang suhu atau ahli Fengshui, yang akan membantu mengkombinasikan bazi, shio, unsur, dan sebagainya.

5. Isi hantaran atau seserahan Tingjing

5. Isi hantaran atau seserahan Tingjing

Dalam tradisi Tingjing, keluarga mempelai laki-laki juga membawa hantaran atau seserahan untuk diserahkan kepada keluarga mempelai perempuan.

Sesuai adat, biasanya hantaran harus berjumlah genap, umumnya berjumlah 6-12 baki, termasuk juga isi seserahannya. Ini merupakan simbol sepasang.

Baki hantaran Tingjing biasanya berisi buah-buahan, aneka kue kering dan basah, aneka makanan dan minuman kaleng, misoa, permen, anggur atau wine, dan sebagainya.

Itulah fakta seputar Tingjing atau prosesi pertunangan tradisional Tionghoa yang dilakoni Jess No Limit dan Sisca Kohl. Meminangnya pakai kalung ya, Ma, bukan cincin.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk