Baru Tiba di Indonesia, Ini Cara Kerja Vaksin AstraZaneca

Efektif lawan varian mutasi virus corona B117

10 Maret 2021

Baru Tiba Indonesia, Ini Cara Kerja Vaksin AstraZaneca
Pexels/cottonbro

Indonesia tengah menggalakkan vaksinasi nasional demi menekan angka kasus Covid-19. Dengan banyaknya masyarakat yang divaksin, membat herd immunity bisa lebih mudah tercapai.

Selain vaksin Sinovac, pemerintah juga memesan tambahan vaksin Covid-19 dari perusahaan AstraZaneca. Vaksin tersebut baru tiba di Indonesia, 8 Maret 2021.

Namun masih belum diketahui kapan vaksin ini bisa didistribusikan ke masyarakat. Hebatnya, vaksin ini disebut-sebut bisa melawan Covid-19 jenis baru, B117.

Begini penjelasannya yang dirangkum oleh Popmama.com:

1. Efektif lawan Covid-19 varian baru

1. Efektif lawan Covid-19 varian baru
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Vaksin AstraZaneca efektif melawan Covid-19, termasuk yang jenis baru. dr. Adam Prabata di akun Instagram miliknya, menjelaskan mengenai AstraZaneca.

Bahkan, vaksin ini juga efektif melawan varian baru yang lain, yang berasal dari Brasil atau Afrika Selatan. Meski bermutasi, inti sel Covid-19 masih ada kesamaan.

Vaksin yang ada mungkin tidak dapat mengenali bagian-bagian yang telah bermutasi. Namun tetap akan mengenali bagian lainnya. 

Editors' Picks

2. Proses pembuatan vaksin

2. Proses pembuatan vaksin
Freepik

Vaksin AstraZaneca masuk dalam jenis adenovirus. Proses pembuatannya, mengambil virus yang biasanya mengninfeksi simpanse.

Kemudian dimodifikasi secara genetik untuk menghindari kemungkinan konsekuensi penyakit pada manusia.

Vaksin vektor adenovirus telah dikembangkan sejak lama, khususnya untuk melawan malaria, HIV, dan Ebola. 

3. Cara kerja vaksin AstraZeneca

3. Cara kerja vaksin AstraZeneca
Pexels/Gustavo Fring

AstraZeneca yang yang dimodifikasi ini membawa sebagian dari Covid-19 yang disebut protein spike. Saat vaksin dikirim ke sel manusia, ini memicu respons kekebalan terhadap protein spike.

Kemudian, menghasilkan antibodi dan sel memori. Vaksin ini mampu mengenali virus penyebab Covid-19.

4. Perlu 2 suntikan

4. Perlu 2 suntikan
Pexels/Alena Shekhovtcova

Untuk mendapatkan AstraZeneca, masyarakat harus medapatkan dua suntikan. Biasanya, penerima vaksin akan mendapatkan suntikan di lengan, memasukkan vaksin ke dalam ototo.

Suntikan kedua dilakukan sampai 12 hari setelah suntikan pertama. Jika kamu telah melakukan suntikan kedua, lebih baik tanyakan ke tenaga kesehatan.

5. Saat ini masih menggunakan Sinovac

5. Saat ini masih menggunakan Sinovac
Pexels/Polina Tankilevitch

Sebanyak 1.113.600 dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Masih belum diketahui kapan vaksin ini akan mulai didistribusikan ke masyarakat.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) mengonfirmasi bahwa program vaksinasi nasional masih menggunakan vaksin dari Sinovac.

Setelah mengetahui manfaat vaksin Covid-19, masyarakat diharapkan tak takut atau khawatir lagi. Yuk, vaksin demi kesehatan!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.