Jangan Mudah Berputus Asa, Resapi Surat Az Zumar yang Menenangkan

Ingat, Allah SWT selalu memberikan pertolongan

23 Juni 2021

Jangan Mudah Berputus Asa, Resapi Surat Az Zumar Menenangkan
paxels.com/Ali

Kehilangan motivasi atau penurunan semangat, sering juga disebut putus asa. Hal ini bisa dialami oleh siapa pun.

Saat seseorang merasa putus asa, terkadang tidak disadari secara langsung. Namun perasaan ini memengaruhi perilaku dengan ditandai dengan ditandai dengan kurangnya harapan, optimisme, dan gairah.

Al Quran surat Az Zumar ayat 53 melarang manusia untuk beputus asa. Popmama.com membahasnya hanya untuk kamu!

1. Dilarang berputus asa

1. Dilarang berputus asa
Freepik/8photo

Seseorang yang mengalami kondisi ini seringkali tidak memiliki harapan dalam hidup, atau sudah menyerah dengan keyakinannya untuk berubah menjadi lebih baik atau sukses di masa depan.

Sebagai umat muslim, Allah melarang kita untuk putus asa, seperti yang tertulis pada surat Az Zumar ayat 53;

قُلْ يَٰعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ أَسْرَفُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا۟ مِن رَّحْمَةِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Qul yā 'ibādiyallażīna asrafụ 'alā anfusihim lā taqnaṭụ mir raḥmatillāh, innallāha yagfiruż-żunụba jamī'ā, innahụ huwal-gafụrur-raḥīm

Artinya: Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
 

Editors' Picks

2. Dosa berputus asa

2. Dosa berputus asa
Unsplash/Abdullah Faraz

Ayat tersebut memberitahu bahwa manusia dilarang untuk berputus asa. Allah SWT selalu memberikan pertolongan.

Dalam ayat tersebut juga dijelaskan tentang salah satu sifat Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Pengampun bagi hamba-hambaNya yang berbuat dosa.

Ia memiliki rahmat dan kasih sayang yang sangat luas kepada hambaNya yang beriman dan bertaubat di jalanNYA.

3. Berprasangka baik kepada Allah SWT

3. Berprasangka baik kepada Allah SWT
Pexels/Michael Burrows

Ayar tersebut juga mengajarkan manusia untuk tetap berpositif thinking. Selain itu, juga berprasangka baik kepada Allah SWT.

Maka Allah akan memberikan hal yang baik juga kepada hamba-Nya. Sebesar apapun masalahnya, pasti ada harapan selama berusaha juga berdoa.

4. Cara tidak putus asa terhadap rahmat Allah SWT

4. Cara tidak putus asa terhadap rahmat Allah SWT
Unsplash/Rachid Oucharia

Agar senantiasa mendapat rahmat dari Allah SWT, selalu berdoa dan tak putus asa menjadi pegangan umat muslim. Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan agar selalu mendapatkan kemudahan dari Allah SWT:

  • Tenangkan diri, cobalah untuk pejamkan mata, tarik napas melalui hidung tahan selama tiga detik, lalu buang perlahan melalui mulut. Lakukan berulang kali sampai merasa tenang
  • Lakukan satu kegiatan positif untuk mengalihkan pikiran, misalnya, berkebun, memelihara binatang, menjahit, olah raga atau hal kesukaan anda lainya
  • Wudhu dan segeralah salat dengan khusyuk, ceritakanlah kegundahan hati pada sang pencipta, karena sejatinya hanya Allah yang mampu merubah segalanya.
  • Membaca alquran dan memahami artinya
  • Bersedekahlah kepada orang yang membutuhkan

Al Quran surat Az Zumar ayat 53, saat bersandar kepada-Nya, meyakini, dan sadar bahwa setiap hidupnya ada campur tangan Allah SWT, maka kamu akan menjadi orang yang optimis dan pantang menyerah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.